Kenaikan Tarif AS Tak Pengaruhi Investasi Indonesia

Oleh : Wiyanto | Selasa, 27 Maret 2018 - 11:20 WIB

 PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)
PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Adanya rencana proteksi perdagangan di Amerika Serikat, diperkirakan tidak akan mempengaruhi investasi di dindonesia. Perdagangan Amerika dengan Indonesia relatif kecil.

Katarina Setiawan, Chief Economist & Investment Strategist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia mengatakan, sejauh ini perdagangan Indonesia dengan negeri Paman Sam hanya 1,1 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

"Ekpor ke AS 1,1 persen dari PDB, sangat kecil dibanding negara tetangga, jadi enggak usah kawatir berlebihan sikapi goncangan eksternal yang mana AS memberikan proteksi perdagangan," kata dia di Jakarta, Selasa (27/3/2018).

Menurut dia, Indonesia sudah cukup dewasa dalam menghadapi gejolak eksternal. Hal ini berkat pengalaman Indonesia mengahadapi gejolak eksternal waktu 2013 saat The Fed melakukan tapering off.

"Kondisi Indonesia jauh lebih siap, karena inflasi terjaga, devisa membaik," katanya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Business Indonesia Roundtable Meeting

Minggu, 23 September 2018 - 10:11 WIB

Indonesia-Spanyol Tingkatkan Kerjasama Teknologi Keselamatan Jalan dan Jembatan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berada di Madrid, Spanyol dalam rangka Business Indonesia Roundtable Meeting yang berlangsung Jumat, 21 September 2018.

Managing Director President Office Sinar Mas Land Dhony Rahajoe saat menerima piagam penghargaan PropertyGuru Indonesia Property Aawrds

Minggu, 23 September 2018 - 10:04 WIB

Sinar Mas Land Raih Tiga Penghargaan di Ajang PropertyGuru Indonesia Property Awards

Pengembang kenamaan tanah air, Sinar Mas Land meraih penghargaan di ajang PropertyGuru Indonesia Property Awards 2018 yang diselengarakan oleh PropertyGuru bekerjasama dengan KOHLER.

(Foto: Tripjalanjalan)

Minggu, 23 September 2018 - 10:00 WIB

Ini Dia 4 Tempat Wisata di Madiun untuk Liburan Menyenangkan bersama Keluarga

Selain terkenal dengan sejumlah wisata alamnya, salah satu kota dan kabupaten di Jawa Timur ini ternyata juga memiliki daftar objek wisata yang cocok dikunjungi bersama keluarga.

Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto (Foto Dok KPU)

Minggu, 23 September 2018 - 09:00 WIB

Raih Tiga Smartphone dan Hadiah Menarik dengan Nyanyikan "Jokowi Lagi"

Sederet keberhasilan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) kini bisa dinikmati dalam lagu bergenre rock and roll "Jokowi Lagi".

Mendagri Tjahjo Kumolo (Dok Industry.co.id)

Minggu, 23 September 2018 - 08:40 WIB

Perhatikan, ASN Jangan Ikut Kelapa Daerah Dukung Mendukung Capres

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo kembali mengingatkan seluruh aparatur sipil negara untuk bersikap netral dan tidak ikut-ikutan dengan kepala daerah dalam dukung-mendukung calon presiden pada…