Ini Program Air Bersih yang Digagas Lembaga Zakat DDII

Oleh : Wiyanto | Jumat, 23 Maret 2018 - 08:13 WIB

LAZNAS Dewan Dakwah diskusi air bersih
LAZNAS Dewan Dakwah diskusi air bersih

INDUSTRY co.idJakata-Lembaga Zakat Dewan Dakwah Indonesia menyalurkan dana untuk membangun sanitasi air bersih guna kepentigan masyarakat.   Dalam kurun 2010-2018, melalui Program Sumur buat Sedulur Dewan Dakwah telah membangun puluhan sumur, pipanisasi air bersih, puluhan fasilitas MCK, dan pendistribusian belasan juta liter air bersih di musim kering maupun banjir.

Lokasinya tersebar sejak di Kepulauan Maluku hingga Aceh, juga Jalur Gaza dan kamp pengungsi Rohingya di Bangladesh. 
&lsquo ’Tidak jarang dalam mulai mengajak masyarakat untuk bergotong royong membuat sumur, kami menemui kendala skeptisme warga setempat. Tapi alhamdulillah akhirnya happy ending,’’ kata Ade di Jakarta, Kamis (22/3/2018).

&lsquo ’Ise kin si ngatakenca banci penangkih lau e (Omong kosong, mau menaikkan air dari sungai itu?!)’’ 
Demikian sinisme sejumlah tokoh warga, saat Laznas (Lembaga Amil Zakat Nasional) Dewan Dakwah menawarkan gotong royong menaikkan air dari Sungai Lae Renun ke Desa Rambah Serit, Kec Tigalingga, Kab Dairi, Sumatera Utara, tahun 2016. 
 

Warga sudah pernah coba ‘’menarik’’ air dari sungai itu yang berjarak hampir satu kilometer dengan kemiringan lokasi 40 derajat. Gagal. Pun dengan janji-janji partai dan politisi, akhirnya tinggal angin surga. Masyarakat trauma. 
Maka awalnya mereka diam saja menyaksikan Tim Program Sumur buat Sedulur mulai bekerja sendiri. 
Warga baru mulai tergerak membantu demi melihat keikhlasan dan kerepotan Tim bekerja dengan biaya lembaga. Hingga akhirnya, pipanisasi air sepanjang 700 meter dari Lae Renun ke Masjid Al Mukarramah Desa Rambah Serit, sukses. 
 

Masyarakat meresmikan fasilitas MCK (mandi, cuci, kakus) dan pangkalan air di Masjid Al Mukarramah bersama Laznas Dewan Dakwah pada 3 Februari 2017. 
Cerita tersebut salah satu kisah dalam Program Sumur buat Sedulur yang dikemukakan Ketua Laznas Dewan Dakwah, Ade Salamun, dalam peringatan Hari Air Dunia di Aula Masjid Kramat Raya 45 Jakarta Pusat. 

Hadir juga dalam acara yang diikuti ratusan peserta tersebut, Sekretaris Umum Dewan Dakwah Avid Solihin, Sekretaris Majlis Fatwa Syamsul Bahri, dan Ketua Majlis Reboan Dewan Dakwah Zulfi Syukur. 
Selain pemaparan program, peringatan juga meluncurkan Buku Berdakwah dengan Air. Buku ini menghimpun laporan kemanusiaan implementasi Program Sumur buat Sedulur. 
Ade mengungkapkan, 

 
Contoh lainnya pembuatan sumur di Masjid Arrahman di Jalan Raya Sidikalang km 7.5 Desa Sungai Raya, Kec Siempat Nempu Hulu, Kab Dairi, Sumatera Utara. 
 
&lsquo ’Mimpi! Nggak bakal keluar airnya!’’ Demikian cibiran masyarakat setempat ketika pengeboran sumur dimulai medio 2017. Namun kucuran air tanah sedalam 140 meter jelang Idul Adha tahun yang sama, membungkam skeptisme warga. Kini mereka bahagia memiliki sumber air yang dekat dan mencukupi. 
Yang paling dramatis adalah pengeboran sumur di Desa Bumiharjo, Kec Kemalang, Kab Klaten, Jateng, di lereng timur Gunung Merapi dalam radius sekitar 10 km dari puncak gunung. 
 
Setiap musim kemarau, penduduk Bumiharjo kesulitan air bersih. Sedang di musim penghujan, mereka mengonsumsi air dari langit. Untuk keperluan sehari-hari anggota rumah tangga dan ternak sapi mereka, warga harus membeli air bersih dari tangki air sebesar Rp 80 ribu sampai Rp 150 ribu per tangki (5000 liter). Jumlah ini cukup untuk hidup hemat air selama 2 pekan. 
 
Pada 2009, Laznas Dewan Dakwah memulai usaha mencari air di sana. Ade mengungkapkan, ikhtiar pengeboran dan pembangunan instalasi air ini menggandeng Pusat Pengembangan Geologi Nuklir Batan. 
 
&lsquo ’Sempat tiga kali gagal menembus kedalaman bumi, akhirnya pada tahun 2010 air dapat ditemukan dan diangkat pada pengeboran keempat di kedalaman 210 meter. Debitnya mencapai 5,5, liter/detik,’’ paparnya. 
Ade melanjutkan, sumur air Dewan Da’wah ini merupakan sumur air swasta pertama dan tertinggi posisinya di Kemalang. 

&lsquo ’Kami sudah mengoperasikan sumur air sejak 2010, dan menjadi posko pengungsi serta pemasok air bersih bagi warga di 4 desa yang menjadi korban letusan Gunung Merapi pada Oktober-November 2010,’’ imbuh Ade. 
Di akhir acara, banyak peserta yang memberikan infak untuk mendukung Program Sumur buat Sedulur. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan