Mandiri Sekuritas Optimis IPO 2017 Lebih Semarak

Oleh : Herry Barus | Rabu, 18 Januari 2017 - 03:41 WIB

Bursa Efek Indonesia
Bursa Efek Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Mandiri Sekuritas optimistis penggalangan dana melalui penawaran umum perdana saham (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 2017 akan lebih semarak dibandingkan tahun sebelumnya.

"Tahun ini kami optimistis, mudah-mudahan untuk IPO akan lebih bagus, baik dari sisi BUMN maupun swasta. Tahun lalu jumlah IPO di bawah ekspektasi, namun pasar obligasi sangat mendukung, tahun ini diharapkan seimbang," ujar Direktur Utama Mandiri Sekuritas, Silvano Rumantir di Jakarta, Selasa (17/1/2017).

Ia menambahkan bahwa pihaknya telah mendapat mandat untuk menjadi penjamin emisi pelaksanaan IPO sebanyak lima hingga enam perusahaan swasta senilai total Rp7 triliun.

"Sektor perusahaannya bervariasi, rencana IPO pada semester I dan semester II. Kami sedang membantu mereka mempersiapkan finansial produk, audit, maupun waktunya," katanya.

Slvano Rumantir juga mengatakan bahwa pihaknya juga telah melakukan pembicaraan serius dengan beberapa anak usaha BUMN yang merencanakan untuk melakukan IPO.

"Kami dalam posisi menunggu dari anak usaha BUMN," ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Nurhaida mengatakan bahwa pihaknya akan memberi kemudahan bagi perusahaan di daerah untuk melakukan penawaran umum perdana saham (IPO) sehingga diharapkan jumlah emiten pasar modal Indonesia lebih semarak.

"Pernyataan pendaftaran bisa disampaikan ke kantor perwakilan OJK yang berada di daerah, itu salah satu bentuk kebijakan untk mempercepat proses dan memberikan kemudahan calon perusahaan tercatat atau emiten di daerah melakukan IPO," katanya.

Kendati demikian, lanjut dia, surat pernyataan pendaftaran IPO tetap ditujukan kepada OJK Pusat dalam hal ini Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, bukan ditujukan kepada Kepala OJK daerah.

"Ini salah satu terobosan kita dan mudah-mudahan bisa membuat calon emiten di daerah merasa lebih mudah dan tertarik mendaftrakan sebagai emiten BEI. Nantinya, juga tidak akan ada lagi isu mengenai pernyataan pendaftaran tidak bisa disampaikan di daerah," katanya.(*/Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…

Kerjasama di Hanover Messe

Jumat, 26 April 2024 - 10:14 WIB

Indonesia Jalin 13 Perjanjian Kerja Sama Industri Senilai Lebih dari Rp5 Triliun di Hannover Messe 2024

Keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2024 bertujuan untuk mewujudkan kerja sama industri dan penanaman modal asing. Pada penyelenggaraan ajang pameran industri terkemuka dan berpengaruh…

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

Jumat, 26 April 2024 - 09:59 WIB

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global kembali menghadirkan J&T Connect Run setelah menuai kesuksesan di tahun pertamanya pada 2023 lalu. Masih mengusung tema "Run Together, Share…

[Kiri ke kanan] Royke Tobing - Direktur Cyber Intelligence PT Spentera, Haliwela - Direktur R & D PT Spentera, Marie Muhammad - Direktur Operasional Eksternal PT Spentera, Thomas Gregory - Direktur Operasi Internal PT Spentera

Jumat, 26 April 2024 - 09:50 WIB

Spentera Bantu Penguatan Keamanan Siber Pada Infrastruktur Informasi Vital Indonesia dalam Menghadapi Ancaman Siber

Kejahatan siber merupakan masalah serius yang dapat menyerang baik individu maupun institusi. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menyebutkan bahwa terjadi peningkatan…

ASABRI mengikuti edukasi keterbukaan informasi publik

Jumat, 26 April 2024 - 09:45 WIB

ASABRI Komitmen Dukung Keterbukaan Informasi Publik

ASABRI bersama 5 BUMN Lainnya yaitu Indonesia Re, Indonesia Financial Group (IFG), Perum Bulog, Danareksa, dan MIND.ID, hadir dalam penyelenggaraan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik…