Luhut: Persiapan Penyelenggaraan IMF-WP Bali 2018 On Track

Oleh : Herry Barus | Selasa, 13 Maret 2018 - 22:59 WIB

 Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Kormen Barus/Industry/co.id)
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Kormen Barus/Industry/co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ketua Panitia Nasional Pertemuan Tahunan IMF-WB 2018 Luhut Binsar Panjaitan memastikan kesiapan Bali sebagai tuan rumah Pertemuan Tahunan IMF-WB di Nusa Dua pada 8-14 Oktober 2018.

"Persiapan sudah 'on track' dan tidak ada lagi isu yang menjadi hambatan," kata Luhut seusai memimpin rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan Pertemuan Tahunan IMF-WB di Jakarta, Selasa (13/5/2018)

Luhut mengatakan tidak ada hal yang menganggu penyelenggaraan IMF-WB karena segala hal telah disiapkan dengan serius, mulai dari infrastruktur, akomodasi hingga transportasi bagi para peserta.

Selain itu, daerah tujuan pariwisata maupun daerah penyangga yang disiapkan untuk kebutuhan darurat juga telah disiapkan agar para tamu merasa nyaman mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Pertemuan Tahunan.

Ia memastikan sebanyak 12.000 personel TNI/Polri juga disiagakan untuk menjaga keamanan serta diperbantukan untuk penanganan bencana apabila diperlukan.

Terkait efektivitas pemanfaatan dana untuk persiapan acara ini, Luhut mengatakan sebesar Rp800 miliar tersebut akan memberikan dampak positif kepada masyarakat.

Salah satunya karena peralatan elektronik, seperti komputer untuk acara ini nantinya akan dihibahkan kepada sekolah-sekolah maupun pemerintah daerah di Banyuwangi, Bali maupun Lombok.

"Secara overall kita akan berhemat dan menggunakan anggaran seefisien mungkin tanpa mengorbankan kenyamanan peserta," kata Luhut yang juga menjabat sebagai Menko Kemaritiman ini kepada awak media.

Ikut hadir dalam rapat koordinasi itu Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo selaku Wakil Ketua Panitia Nasional serta para pejabat terkait.

Menurut rencana, topik pembahasan dalam rapat koordinasi ini terkait akomodasi, transportasi, keamanan lokasi, kemudahan layanan visa dan strategi komunikasi akan dilaporkan Panitia Nasional dalam Pertemuan Musim Semi IMF-WB di Washington DC, AS pada 20-22 April 2018.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Pelabuhan (Ist)

Selasa, 19 Juni 2018 - 20:15 WIB

PORT Bidik Rights Issue Senilai Rp1,1 Triliun

INDUSTRY.co.id - PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk (PORT) siap melakukan rights issue 1,5 miliar lembar saham.

Ilustrasi Ekspor (ist)

Selasa, 19 Juni 2018 - 20:00 WIB

Komoditi Indonesia Tertekan Perang Dagang AS-China

INDUSTRY.co.id - Perang dagang AS dan China diperkirakan akan berdampak ke ekonomi Indonesia. AS menerapkan tarif hingga 25 persen dari barang impor China, tak mau kalah China akan membalas…

Pariwisata Kalimantan (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 19 Juni 2018 - 19:00 WIB

Pariwisata Kalteng Miliki Potensi Luar Biasa Tapi Kurang Promosi

Ketua Komisi C DPRD Kalimantan Tengah, Syamsul Hadi, menilai objek wisata di provinsi ini memiliki potensi yang luar biasa, namun promosinya sangat minim sehingga kurang optimal dalam menarik…

OPEC (Foto Ist)

Selasa, 19 Juni 2018 - 18:54 WIB

AS-China Turunkan Harga Minyak, OPEC Akan Tentukan Produksi Minyak

INDUSTRY.co.id - Saudi Arabia Pemimpin Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) dan Rusia mengusulkan pengurangan produksi namun ditentang sebagian anggota OPEC lainnya. Hal…

Megawati Sukarno Putri. (Foto: IST)

Selasa, 19 Juni 2018 - 18:00 WIB

Ketum PDI-P Dijadwalkan Hadiri Haul Bung Karno di Blitar

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri dijadwalkan menghadiri acara haul ayahnya, Soekarno (Bung Karno), yang masih dalam satu rangkaian peringatan bulan Bung Karno di kawasan makam, Kelurahan…