Luhut: Persiapan Penyelenggaraan IMF-WP Bali 2018 On Track

Oleh : Herry Barus | Selasa, 13 Maret 2018 - 22:59 WIB

 Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Kormen Barus/Industry/co.id)
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Kormen Barus/Industry/co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ketua Panitia Nasional Pertemuan Tahunan IMF-WB 2018 Luhut Binsar Panjaitan memastikan kesiapan Bali sebagai tuan rumah Pertemuan Tahunan IMF-WB di Nusa Dua pada 8-14 Oktober 2018.

"Persiapan sudah 'on track' dan tidak ada lagi isu yang menjadi hambatan," kata Luhut seusai memimpin rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan Pertemuan Tahunan IMF-WB di Jakarta, Selasa (13/5/2018)

Luhut mengatakan tidak ada hal yang menganggu penyelenggaraan IMF-WB karena segala hal telah disiapkan dengan serius, mulai dari infrastruktur, akomodasi hingga transportasi bagi para peserta.

Selain itu, daerah tujuan pariwisata maupun daerah penyangga yang disiapkan untuk kebutuhan darurat juga telah disiapkan agar para tamu merasa nyaman mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Pertemuan Tahunan.

Ia memastikan sebanyak 12.000 personel TNI/Polri juga disiagakan untuk menjaga keamanan serta diperbantukan untuk penanganan bencana apabila diperlukan.

Terkait efektivitas pemanfaatan dana untuk persiapan acara ini, Luhut mengatakan sebesar Rp800 miliar tersebut akan memberikan dampak positif kepada masyarakat.

Salah satunya karena peralatan elektronik, seperti komputer untuk acara ini nantinya akan dihibahkan kepada sekolah-sekolah maupun pemerintah daerah di Banyuwangi, Bali maupun Lombok.

"Secara overall kita akan berhemat dan menggunakan anggaran seefisien mungkin tanpa mengorbankan kenyamanan peserta," kata Luhut yang juga menjabat sebagai Menko Kemaritiman ini kepada awak media.

Ikut hadir dalam rapat koordinasi itu Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo selaku Wakil Ketua Panitia Nasional serta para pejabat terkait.

Menurut rencana, topik pembahasan dalam rapat koordinasi ini terkait akomodasi, transportasi, keamanan lokasi, kemudahan layanan visa dan strategi komunikasi akan dilaporkan Panitia Nasional dalam Pertemuan Musim Semi IMF-WB di Washington DC, AS pada 20-22 April 2018.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Maskapai Garuda Indonesia

Selasa, 25 September 2018 - 12:00 WIB

Garuda Indonesia Siapkan 10 Penerbangan Tambahan Selama Pertemuan IMF-WB

Maskapai Garuda Indonesia menyiapkan 10 penerbangan tambahan selama penyelenggaraan Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia (IMF-WB) di Bali pada 12-14 Oktober 2018.

Smartphone Realme

Selasa, 25 September 2018 - 11:53 WIB

Catat Tanggalnya, Smartphone Dengan Layar Notch Pertama Realme 2 Akan Segera Diluncurkan

Setelah secara resmi mengumumkan kehadirannya di pasar Indonesia, Realme akan segera menggelar konferensi pers di Indonesia dan Asia Tenggara untuk pertama kalinya pada tanggal 9 Oktober…

Dirjen IKTA Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono bersama Direktur Pelumas PT Shell Indonesia Dian Andyasuri saat mengunjungi Pabrik Pabrik Pelumas Shell Indonesia di Marunda, Bekasi (Foto: Dok. Industry.co.id)

Selasa, 25 September 2018 - 11:49 WIB

Importir Keberatan Aturan Wajib SNI Pelumas

Baru-baru ini Kementerian merilis aturan standar nasional Indonesia (SNI) wajib untuk pelumas, melalui peraturan Menteri Perindustrian Nomor 25 tentang pemberlakuan SNI Pelumas secara wajib.…

Pertambangan di Indonesia

Selasa, 25 September 2018 - 11:36 WIB

Dua Perusahaan Ini Bergabung Jadi Penambang Emas Terbesar Dunia

Barrick Gold, salah satu perusahaan penambangan emas terbesar di dunia, membeli perusahaan saingannya Randgold. Penggabungan dua penambang emas ini menciptakan penguasa baru di industri emas…

Lion Air (Foto Ist)

Selasa, 25 September 2018 - 11:30 WIB

Tingkatkan Sektor Logistik, Lion Bidik Terbang ke Myanmar

Lion Air Group membidik Myanmar untuk pengembangan rute internasional di kawasana Asia Tenggara.