Rapminas HIPMI Akan Perjuangkan Terbitnya RUU Kewirausahaan

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 04 Maret 2018 - 09:35 WIB

Sebanyak 4.000 anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) akan menghadiri Rapimnas HIPMI yang akan digelar 6-9 Maret 2018 di Novotel Hotel Tangerang, Banten.
Sebanyak 4.000 anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) akan menghadiri Rapimnas HIPMI yang akan digelar 6-9 Maret 2018 di Novotel Hotel Tangerang, Banten.

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Bahlil Lahadalia menegaskan, issue RUU kewirasahausaan akan menjadi salah satu fokus utama yang akan dijadikan pembahasan dalam Sidang Dewan Pleno (SDP) dan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) BPP HIPMI.

Rencananya, agenda tersebut diselenggarakan tanggal 6-9 Maret 2018 di Tanggerang, Banten yang dihadiri 3.500-4.000 peserta.Diharapkan Presiden Joko Widodo dan sejumlah Menteri Kabinet Kerja juga juga hadir dalam forum .

Bahlil melihat RUU Kewirausahawan merupakan jawaban terhadap upaya percepatan pertumbuhan dunia usaha . Bukan hanya itu, keberadaan regulasi ini akan menjadi ruang bagi dunia usaha muda untuk berakslerasi dan berdialektika dengan dinamika  perkembangan ekonomi. Bahlil mencontohkan kebijakan yang diterapkan pemerintah Malaysia yang menyatakan afirmatif keberpihakan kepada Bumiputra.

“Di sini , HIPMI tidak membedakan dia darimana dan agamanya apa. Kalau ada warga keturunan atau asli sama saja. Namun ada sejarah, Indonesia ada pribumi dan non pribumi. Afirmasi ini perlu untuk keseimbangan untuk keseimbangan untuk percepatan dan keberasamaan. Dunia ekonomi sekarang tidak membedakan perbedaan si A dan si B. Tapi bangsa ini ada karena ada yang diperjuangkan,” ujar Bahlil kepada wartawan di Jakarta, Jumat (2/3/2018).

Namun, Bahlil mengatakan keberpihakan pemerintah tersebut dapat dimanifestasikan dalam kebijakan ekonomi seperti besarnya porsi kredit perbankan ke sektor dunia usaha. Menurut Bahlil , penyaluran kredit untuk sektor UMKM masih timpang yakni 20%, sementara 80% justru terdistribusi ke sektor menengah besar dan korporasi.

“Rasanya tidak adil ketika bangsa ini mengalami krisis tahun 1998 lalu. inflasi hingga 88 persen.cadangan devisa kita tinggal US$ 17 miliar, pelaku UMKM lah menjadi pahlawan karena mampu memberi kontribusi lapangan kerja hingga 1 juta. Sementara dari jumlah unit usaha 99,3 persen adalalah UMKM,”terangnya.

Bahkan hingga saat ini sekitar 60% dari total Gross Domestic Bruto merupakan kontribusi UMKM. Sayangnya, kebijakan perbankan tidak memperoleh ruang yang proporsional kepada sektor UMKM. Karenanya adanya RUU Kewirausahawan tersebut nantinya mampu mendorong penyaluran kredit minimal sebesar 30 % kucuran kredit perbankan dapat terdistribusikan ke sektor UMKM.

Menyikapi perkembangan ekonomi digital dan revolusi Industri ke 4, Bahlil juga berpendapat terdapat suatu problem bahwa ada suatu percepatan dunia bisnis online belum mendapat perhatian yang memadai dari perbankan. Penyaluran kriteria kredit lebih berpatokan kepada status aset.

”Misalnya harus memiliki neraca tiga tahun, rekening koran enam bulan.Sementara aset besarnya 120 persen.Padahal dunia start-up modalnya cuma otak.Karena itu kehadiran RUU Kewirausahawan ini , kita harapkan dapat mengakomodir .Kita tidak bisa hindari percepatan industri digital,” kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…