Tren Kunjungan Wisatawan ke Sumatera Selatan Meningkat

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 23 Februari 2018 - 16:00 WIB

Kuil Seriwijaya Palembang, di Pulau Kemaro, Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Kuil Seriwijaya Palembang, di Pulau Kemaro, Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Sumsel - Pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Sumatera Selatan menyatakan tren kunjungan wisatawan asing ke provinsi setempat mengalami peningkatan meskipun belum sesuai dengan target yang diharapkan.

"Wisatawan asing yang berkunjung ke provinsi ini dalam dua tahun terakhir mencapai 40 ribu orang, melalui promosi memanfaatkan momentum Kota Palembang menjadi tuan rumah Asian Games Agustus 2018 bersama DKI Jakarta diharapkan, jumlah wisatawan berkunjung ke daerah ini bisa lebih banyak lagi," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan, Herlan Aspiudin di Palembang, Kamis.

Menurut dia, untuk meningkatkan jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke provinsi ini, pihaknya terus berupaya membantu pemerintah daerah mempromosikan beragam objek dan daya tarik wisata di Palembang dan 16 kabupaten dan kota lainnya.

Selain menggalakkan kegiatan promosi di negara yang paling banyak penduduknya berkunjung ke provinsi ini seperti Malaysia, Singapura, dan Tiongkok, pihaknya berupaya melakukan promosi ke puluhan negara yang akan menjadi peserta Asian Games, katanya.

Dia menjelaskan, untuk melakukan kegiatan promosi itu, pihaknya berupaya memanfaatkan jaringan atau mitra kerja seperti biro perjalanan wisata, pengusaha hotel dan restoran yang ada di negara-negara kawasan Asia.

Objek wisata di Palembang dan beberapa daerah Sumsel lainnya memiliki nilai jual yang tinggi dan tidak kalah menarik dari negara lain, namun karena kurang dikenal masyarakat internasional belum banyak yang datang ke daerah ini.

Peningkatan jumlah wisatawan ke daerah ini sangat diharapkan, karena dapat meningkatkan tingkat hunian kamar dan kunjungan ke restoran milik anggota PHRI.

Dalam kondisi jumlah kunjungan wisatawan asing atau mancanegara sekarang ini, tingkat hunian hotel dan kunjungan restoran sudah cukup baik yakni di atas 60 persen.

Melalui berbagai upaya yang dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan asing tersebut, diharapkan ke depan prospek bisnis jasa perhotelan dan restoran di daerah ini bisa lebih baik lagi, ujar Herlan. (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…