Petama Kali, Indonesia Tampil di Festival Budaya Temewah di Saudi Arabia

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 17 Februari 2018 - 10:16 WIB

Festival Janadriyah
Festival Janadriyah

INDUSTRY.co.id - Riyadh - Untuk pertama kalinya Indonesia tampil dalam festival budaya termewah dan bergengsi di Saudi Arabia, Festival Janadriyah (mahrajan al-Janadriyah).

Tampilnya Indonesia dalam festival ini karena perintah langsung dari Khadimul Haramain Raja Salman kepada Kementerian Luar Negeri Saudi Arabia, untuk melibatkan Indonesia di perhelatan budaya yg diadakan pada setiap tahunnya. Pada tahun ini memasuki hitungan ke 32.

Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel  mengatakan keikutsertaan Indonesia di festival ini menunjukkan semakin hangat dan dekatnya hubungan bilateral SAUNESIA (Saudi-Indonesia) dan bukti nyata Saudi begitu memperhatikan Indonesia untuk aktif dalam festival tersebut setelah menunggu 32 tahun.

"Perhelatan Ini adalah bukti nyata dari jargon al-hiwar baynal hadlarat wa as-tsaqafat (dialog nyata antar peradaban dan kebudayaan, dan bukan pembenturan antar budaya dan peradaban," tegas Dubes yang juga Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini.

Dubes juga memastikan bahwa KBRI akan all out tampil di festival tersebut dengan memamerkan multikultural yang dimiliki oleh Indonesia disamping sudah barang tentu menyajikan kuliner khas Indonesia untuk para pengunjung yang setiap hari bisa mencapai 20 ribu orang.   

Festival yang bertemakan untuk memperkuat rasa keagamaan, nasionalisme dan persatuan ini diadakan selama 2 – 3 minggu dan menyedot pengunjung sebanyak 4 – 5 juta orang baik lokal maupun internasional. 

Secara umum, Festival Janadriyah menampilkan “wajah utuh" dari Kerajaan Arab Saudi mulai dari suku, provinsi sampai kementerian / instansi pemerintah. Beragam kegiatan dilakukan di dalam Festival ini antara lain olah raga (termasuk balapan Onta dan Burung Elang), tarian, kuliner, sejarah (manuskrip tua dan foto antik), kesenian (termasuk opera dan syair Arab) dan suvenir tradisional khas Arab Saudi.

​Selain itu, negara-negara yang tergabung pada organisasi Dewan Kerja Sama Teluk, Gulf Cooperation Council(GCC) juga berpartisipasi disamping perusahaan-perusahaan lokal dan multinasional yang memiliki afiliasi di Arab Saudi seperti Aramco, Jarir, Boeing dan Siemens.

Meskipun, Festival Janadriyah bertemakan sejarah dan budaya, namun transaksi ekonomi dan perdagangan yang dihasilkan selama waktu Festival bernilai lebih dari milyaran dollar AS. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…