Cegah Potensi Kerugian Akibat Bencana Gempa Bumi dengan Asuransi Gempa Bumi

Oleh : Dina Astria | Kamis, 01 Februari 2018 - 09:53 WIB

Peluncuran Sompo Insurance (dok INDUSTRY. Co. Id)
Peluncuran Sompo Insurance (dok INDUSTRY. Co. Id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Serangkaian fenomena alam yang terjadi di berbagai belahan dunia seperti letusan gunung berapi dan gempa bumi mengawali tahun 2018. Indonesia menjadi salah satu negara yang terekspose oleh beberapa peristiwa gempa bumi di awal tahun ini.

Tercatat dalam kurun waktu satu minggu terakhir, telah terjadi empat kali aktivitas gempa berkekuatan besar hingga menimbulkan kepanikan yang luar biasa dari masyarakat di wilayah Jakarta, Banten dan Aceh.

Menyadari letak geografis Indonesia yang rawan terhadap eksposure gempa bumi serta dampak kerugian materil maupun moril yang mutlak akan dihadapi pasca gempa, perlindungan Asuransi Gempa Bumi dinilai sangat penting untuk dimiliki oleh masyarakat di Indonesia.

Berdasarkan data klaim PT Sompo Insurance Indonesia, sepanjang tahun 2017 sebanyak 4.1%  dari jumlah kasus klaim properti  yang diajukan oleh pemegang polis disebabkan oleh peristiwa bencana alam mulai dari gempa bumi, erupsi vulkanik sebanyak 1.1% hingga badai dan banjir sebanyak 3% .

Himbauan atas pentingnya perlindungan asuransi bencana alam, khususnya gempa bumi disampaikan   oleh Erixon Hutapea selaku Direktur Teknik PT Sompo Insurance Indonesia.

 “Mengingat Indonesia berada di “ring of fire” yang sangat rawan terhadap risiko gempa bumi, ditambah lagi risiko banjir yang semakin tinggi, dan akhir-akhir ini mulai sering terjadi siklon, kebutuhan asuransi bencana alam bagi masyarakat Indonesia urgensinya sangatlah tinggi” ujar Erixon.

PT Sompo Insurance Indonesia adalah salah satu perusahaan asuransi yang konsisten menjamin perlindungan terhadap risiko gempa bumi selama lebih dari 40 Tahun. Kehadiran produk Asuransi Gempa Bumi yang dimiliki PT Sompo Insurance Indonesia membantu meminimalisir kerugian potensial dan segala konsekuensi yang mungkin terjadi saat gempa bumi melanda.

Tidak hanya gempa bumi, asuransi ini juga menjamin risiko kerugian yang mungkin terjadi akibat Tsunami, dan Letusan Gunung berapi atas harta benda dan atau kepentingan yang berada dalam tanggung jawab individu yang dijamin dalam polis Asuransi Gempa Bumi. Sejumlah objek yang dapat diasuransikan meliputi bangunan, mesin, barang dagangan, perlengkapan kantor, hingga perabot, perlengkapan dan peralatan lainnya.

Dalam kaitannya dengan bencana yang bersifat nasional, khususnya gempa bumi, jenis perlindungan asuransi yang ditawarkan terbagi menjadi dua bagian yaitu perlindungan asuransi untuk rumah tinggal dan perlindungan asuransi untuk sektor usaha. Dengan demikian benefit yang tercantum dalam masing-masing jenis perlindungan Asuransi Gempa Bumi dari Sompo Insurance Indonesia, baik untuk rumah tinggal maupun sektor usaha akan lebih fokus dan komprehensif.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Managing Director President Office Sinar Mas Land Dhony Rahajoe saat menerima piagam penghargaan PropertyGuru Indonesia Property Aawrds

Minggu, 23 September 2018 - 10:04 WIB

Sinar Mas Land Raih Tiga Penghargaan di Ajang PropertyGuru Indonesia Property Awards

Pengembang kenamaan tanah air, Sinar Mas Land meraih penghargaan di ajang PropertyGuru Indonesia Property Awards 2018 yang diselengarakan oleh PropertyGuru bekerjasama dengan KOHLER.

(Foto: Tripjalanjalan)

Minggu, 23 September 2018 - 10:00 WIB

Ini Dia 4 Tempat Wisata di Madiun untuk Liburan Menyenangkan bersama Keluarga

Selain terkenal dengan sejumlah wisata alamnya, salah satu kota dan kabupaten di Jawa Timur ini ternyata juga memiliki daftar objek wisata yang cocok dikunjungi bersama keluarga.

Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto (Foto Dok KPU)

Minggu, 23 September 2018 - 09:00 WIB

Raih Tiga Smartphone dan Hadiah Menarik dengan Nyanyikan "Jokowi Lagi"

Sederet keberhasilan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) kini bisa dinikmati dalam lagu bergenre rock and roll "Jokowi Lagi".

Mendagri Tjahjo Kumolo (Dok Industry.co.id)

Minggu, 23 September 2018 - 08:40 WIB

Perhatikan, ASN Jangan Ikut Kelapa Daerah Dukung Mendukung Capres

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo kembali mengingatkan seluruh aparatur sipil negara untuk bersikap netral dan tidak ikut-ikutan dengan kepala daerah dalam dukung-mendukung calon presiden pada…

Prof Dr KH Din Syamsuddin MA (Foto Ist)

Minggu, 23 September 2018 - 08:20 WIB

Din Syamsudin akan Mundur Sebagai Utusan Khusus Presiden

Presiden Joko Widodo mengatakan akan menerima kedatangan mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin terkait pengunduran dirinya sebagai utusan khusus presiden untuk dialog dan kerja sama…