Cegah Potensi Kerugian Akibat Bencana Gempa Bumi dengan Asuransi Gempa Bumi

Oleh : Dina Astria | Kamis, 01 Februari 2018 - 09:53 WIB

Peluncuran Sompo Insurance (dok INDUSTRY. Co. Id)
Peluncuran Sompo Insurance (dok INDUSTRY. Co. Id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Serangkaian fenomena alam yang terjadi di berbagai belahan dunia seperti letusan gunung berapi dan gempa bumi mengawali tahun 2018. Indonesia menjadi salah satu negara yang terekspose oleh beberapa peristiwa gempa bumi di awal tahun ini.

Tercatat dalam kurun waktu satu minggu terakhir, telah terjadi empat kali aktivitas gempa berkekuatan besar hingga menimbulkan kepanikan yang luar biasa dari masyarakat di wilayah Jakarta, Banten dan Aceh.

Menyadari letak geografis Indonesia yang rawan terhadap eksposure gempa bumi serta dampak kerugian materil maupun moril yang mutlak akan dihadapi pasca gempa, perlindungan Asuransi Gempa Bumi dinilai sangat penting untuk dimiliki oleh masyarakat di Indonesia.

Berdasarkan data klaim PT Sompo Insurance Indonesia, sepanjang tahun 2017 sebanyak 4.1%  dari jumlah kasus klaim properti  yang diajukan oleh pemegang polis disebabkan oleh peristiwa bencana alam mulai dari gempa bumi, erupsi vulkanik sebanyak 1.1% hingga badai dan banjir sebanyak 3% .

Himbauan atas pentingnya perlindungan asuransi bencana alam, khususnya gempa bumi disampaikan   oleh Erixon Hutapea selaku Direktur Teknik PT Sompo Insurance Indonesia.

 “Mengingat Indonesia berada di “ring of fire” yang sangat rawan terhadap risiko gempa bumi, ditambah lagi risiko banjir yang semakin tinggi, dan akhir-akhir ini mulai sering terjadi siklon, kebutuhan asuransi bencana alam bagi masyarakat Indonesia urgensinya sangatlah tinggi” ujar Erixon.

PT Sompo Insurance Indonesia adalah salah satu perusahaan asuransi yang konsisten menjamin perlindungan terhadap risiko gempa bumi selama lebih dari 40 Tahun. Kehadiran produk Asuransi Gempa Bumi yang dimiliki PT Sompo Insurance Indonesia membantu meminimalisir kerugian potensial dan segala konsekuensi yang mungkin terjadi saat gempa bumi melanda.

Tidak hanya gempa bumi, asuransi ini juga menjamin risiko kerugian yang mungkin terjadi akibat Tsunami, dan Letusan Gunung berapi atas harta benda dan atau kepentingan yang berada dalam tanggung jawab individu yang dijamin dalam polis Asuransi Gempa Bumi. Sejumlah objek yang dapat diasuransikan meliputi bangunan, mesin, barang dagangan, perlengkapan kantor, hingga perabot, perlengkapan dan peralatan lainnya.

Dalam kaitannya dengan bencana yang bersifat nasional, khususnya gempa bumi, jenis perlindungan asuransi yang ditawarkan terbagi menjadi dua bagian yaitu perlindungan asuransi untuk rumah tinggal dan perlindungan asuransi untuk sektor usaha. Dengan demikian benefit yang tercantum dalam masing-masing jenis perlindungan Asuransi Gempa Bumi dari Sompo Insurance Indonesia, baik untuk rumah tinggal maupun sektor usaha akan lebih fokus dan komprehensif.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT PP

Jumat, 20 Juli 2018 - 21:04 WIB

Dewan Komisaris PTPP Kunjungi Proyek Runway 3 Bandara dan Urbantown

Jakarta PT PP Tbk tengah mengerjakan proyek pembangunan Runway 3 Section 2 Bandara Soekarno Hatta. Melihat kebutuhan Runway Eksisting yang ada saat ini sudah melebihi kapasitas, maka diperlukan…

China dan Amerika

Jumat, 20 Juli 2018 - 20:04 WIB

Perang Dagang, RI berpotensi jadi Repacking produk China

Dirjen Perundingan Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Iman Pambagyo mengungkapkan beberapa hal yang harus diwaspadai dari perang dagang AS-China. Salah satunya adalah…

Pameran "Karya Kreatif Indonesia-Pameran Kerajinan UMKM Binaan Bank Indonesia

Jumat, 20 Juli 2018 - 19:52 WIB

BI Terapkan Tiga Hal Ini Pasarkan UMKM Go Internasional

Bank Indonesia (BI) menyatakan, pameran "Karya Kreatif Indonesia-Pameran Kerajinan UMKM Binaan Bank Indonesia tidak saja untuk mengangkat karya kreatif dan UMKM binaan BI kepada masyarakat luas,…

Menteri Pertanian Amran Sulaiman panen jagung (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 20 Juli 2018 - 17:50 WIB

Pemerintah Harus Dorong Intensifikasi Jagung Nasional

Pemerintah harus dapat mendorong beragam upaya intensifikasi dalam rangka meningkatkan produktivitas komoditas jagung nasional sehingga ke depannya Indonesia juga bisa benar-benar berswasembada…

Telur ayam (Foto Dok Industry.c.id)

Jumat, 20 Juli 2018 - 17:45 WIB

Pemerintah Perlu Dalami Permasalahan Pasokan Telur Ayam

Pemerintah perlu benar-benar mendalami berbagai hal yang terkait dengan permasalahan berkurangnya pasokan telur ayam ke berbagai daerah yang juga mengakibatkan melonjaknya harga komoditas tersebut.