Semen Tonasa Menargetkan Memproduksi Tujuh Juta Ton

Oleh : Herry Barus | Minggu, 28 Januari 2018 - 18:51 WIB

Ilustrasi Pabrik Semen.
Ilustrasi Pabrik Semen.

INDUSTRY.co.id - Makassar- Perseroan Terbatas Semen Tonasa pada tahun 2018 menargetkan produksi tujuh juta ton semen untuk memenuhi kebutuhan pasar khususnya di Kawasan Timur Indonesia.

"Untuk tahun ini, kita targetkan jumlah produksi mencapai tujuh juta ton. Memang kita lihat saat ini bisnis semen telah mengalami turbulensi," kata Direktur Utama PT Semen Tonasa, Subhan AK di Makassar,  kemarin.

Ia menjelaskan, kondisi industri semen nasional pada tahun 2017 yakni tingginya biaya produksi yang justru tidak berbanding dengan jumlah permintaan dari pasar memang patut menjadi perhatian dari PT Semen Tonasa terhadap jumlah produksinya tahun ini.

Menurut dia, jika melihat kenyataan bahwa kapasistas nasional itu sebanyak 107 juta ton.Namun kebutuhan pasar tidak begitu besar sehingga terjadi over suplai yang hingga mencapai sekitar 40 juta ton.

Kondisi itu, menurut dia, merupakan berdampak dari terjadinya kompetisi yag begitu ketat di pasar industri semen. Bahkan produsen semen juga tidak ada pilihan untuk menurunkan harga jual dipasaran.

"Kita lihat di 2017 itu, penurunan harga cukup lumayan. Sementara disisi yang lain seperti segi properti juga masih lemah," jelasnya.

Pihaknya juga berharap kondisi yang terjadi di 2017 bisa berubah lebih baik sehingga Semen Tonasa bisa memproduksi semen dengan jumlah yang lebih besar kedepan.

Apalagi dengan adanya program pemerintah terkait pembangunaninfrastruktur yang lebih merata termasuk di Kawasan Timur Indonesia.

"Kondisi ini juga dikarenakan situasi penyaluran semen yang lebih banyak terserap di Jawa dan Sumatera yang tengah membangun infrastruktur seperti jalan tol," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita serta Chief Executive Mitsubishi Motors Osamu Masuko saat pelepasan ekspor perdana Mitsubishi Xpander (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Rabu, 25 April 2018 - 11:18 WIB

Disaksikan Presiden Jokowi, Mitsubishi Lakukan Eskpor Perdana Xpander

Mitsubishi Motor hari ini, Rabu (25/4/2018) dengan bangga mengumumkan peluncuran ekspor atas model small MPV populernya Xpander, dari perakitan Mitsubishi Motors di Bekasi, Indonesia.

Sultra Tenun Carnaval 2018 Meriahkan Even Halo Sultra, di Kendari, Sulwesi Tenggara (Foto: Dok. Kementerian Pariwisata)

Rabu, 25 April 2018 - 11:15 WIB

Digelar, Halo Sultra 2018 Meriahkan Alun-Alun Kendari, Sulawesi Tenggara

Sebagai salah satu cara untuk mengenalkan kain Indonesia, Sulwesi Tenggara menggelar Halo Sultra 2018 di Kawasan Tugu Religi Alun-akun Kendari. Halo Sultra 2018 yang tahun ini dilaksanakan pada…

PT Waskita Karya Tbk (WSKT) (Foto Ist)

Rabu, 25 April 2018 - 11:06 WIB

Mengawali Tahun 2018, Laba Bersih Waskita Karya Tumbuh Hampir Empat Kali Lipat

Tahun 2018 diawali secara positif, dengan laba bersih meningkat hampir empat kali lipat dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 25 April 2018 - 10:57 WIB

Mensesneg: Belum Ada TPA Dirut Perum Bulog

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengungkapkan hingga saat ini belum ada rapat Tim Penilai Akhir (TPA) untuk Direktur Utama Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog).

ITB Gandeng Swasta Bangun Science and Techno Park

Rabu, 25 April 2018 - 10:50 WIB

Menuju Entrepreneurial University, ITB Gandeng Swasta Bangun Science and Techno Park

Upaya Institut Teknologi Bandung menjadi pusat pengembangan kewirausahaan semakin nyata melalui peletakan batu pertama pembangunan gedung Science and Techno Park Astra Sinar Mas yang dilakukan…