Dewan Dakwah Salurkan Bantuan Musim Dingin untuk Pengungsi Suriah di Lebanon

Oleh : Wiyanto | Rabu, 17 Januari 2018 - 10:41 WIB

Laznas Dewan Dakwah Salurkan Bantuan Pengungsi Suriah di Lebanon.
Laznas Dewan Dakwah Salurkan Bantuan Pengungsi Suriah di Lebanon.

INDUSTRY.co.id - Lebanon-Tim Kemanusiaan LAZNAS Dewan Dakwah memberikan bantuan kemanusiaan para pengungsi Suriah di Kahraman Maras, Lebanon. Di Kahraman Maras ada sekitar 100 ribu pengungsi Suriah dari total hampir 4 juta pengungsi Suriah di sepanjang perbatasan Suriah-Turki.

‘’Alhamdulillah, bantuan yang Kami distribusikan pada tahap awal ini sebesar 26.000 USD dengan penerima manfaat sekitar 2000 keluarga pengungsi,’’ ungkap Ade Salamun, Koordinator Tim Kemanusiaan LAZNAS Dewan Dakwah di Lebanon, Rabu (16/1/2018).

Menurut dia, para pengungsi Suriah di Lebanon dan Turki, rata-rata tidak bisa mendapat pekerjaan dengan gaji memadai untuk hidup sehari-hari. Mereka mencari nafkah sebagai kuli angkut di pasar, buruh di kebun, tenaga pembersih di restoran, atau jadi pedagang kaki lima. 

Begitupun, pengungsi di Kahraman Maras kondisinya mendingan. Mereka dapat menyewa flat atau rumah sangat sederhana dengan kayu bakar sebagai bahan bakar untuk penghangat ruangan. Kadang satu ruangan kecil diisi sembilan orang. Satu flat kecil bisa diisi tiga atau empat keluarga.

Ny Ummu, sebut saja begitu, lebih banyak membisu. Sikapnya sedingin salju yang mengepung flat yang didiaminya sekeluarga. Pun ketiga anak Ummu, seperti kehilangan keceriaan kanak-kanak, maklum akan sikap pengungsi asal Suriah di Kamp Kahraman Maras, Turki, itu. Bagaimana tidak. Ummu telah kehilangan banyak. Ayahnya, ibunya, suaminya.... tewas tatkala bom menghantam rumah mereka di Suriah. Ny Ummu sendiri harus menyandang cacat akibat tersambar serpihan bom. Kini, di ruang sempit flat di pengungsian, ia harus menjadi single parent bagi ketiga anaknya yang tersisa.

Anak-anak mereka difasilitasi oleh Hayrat Yardim yang mendirikan madrasah-madrasah tahfidz bagi anak anak TK hingga remaja. Selain di wilayah Turki, Hayrat juga membantu sekitar 10 ribu anak untuk terus belajar di madrasah yang didirikan di wilayah Suriah perbatasan.

Di Kahraman Maras, kunjungan Tim Kemanusiaan LAZNAS Dewan Dakwah pada medio Desember 2017 diterima oleh Wakil Walikota Maras, Mr Ramazan. Ia didampingi Mr Adnan sebagai Ketua Asosiasi NGO di Maras, dan Ustadz Feridun sebagai Ketua Hayrat Yardim untuk urusan Suriah. Mereka menyampaikan terima kasih atas dukungan masyarakat Indonesia kepada para pengungsi. 

Menurut pemandu Tim Kemanusiaan LAZNAS Dewan Dakwah dari Ghirass Foundation (NGO lokal di Lebanon), ada kurang lebih 350.000 jiwa pengungsi Suriah di Lembah Bekaa. Jumlah ini merupakan sebagian dari total sekitar 3,5 juta pengungsi Suriah di Lebanon.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan