Sri Sultan Mengharapkan Tidak Ada Konflik AP-Penolak Bandara

Oleh : Herry Barus | Kamis, 11 Januari 2018 - 08:51 WIB

 Sri Sultan HB X Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (Foto Ist)
Sri Sultan HB X Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Gunung Kidul- Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan HB X mengharapkan tidak ada konflik antara PT Angkasa Pura I dan masyarakat penolak proyek New Yogyakarta International Airport di Kabupaten Kulon Progo.

"Sekarang sudah kembali ke Angkasa Pura, saya hanya memfasilitasi untuk pembabasan lahan dan sebagainya. Ya dilakukan pendekatan saja," kata Sultan di Gunung Kidul, Rabu (10/1/2017

Ia mengatakan wilayah tersebut akan bermanfaat jika dibeli Angkasa Pura. "Kalau dia tetap bertahan pembangunan tetap berjalan apa tidak bising kalau pesawat, apa tidak polusi nanti kalau tidak tahan nanti mau menjual kepada siapa," katanya.

Sultan menceritakan dari pengalaman pembangunan fly over Jombor, Sleman, waktu itu sebagian warga pemilik lahan di bawah jembatan dari barat ke arah Sleman, dari utara Sleman kearah timur tidak mau menjual tanahnya, dengan harga yang ditawarkan yakni Rp4,5 juta permeter. Mereka meminta untuk Rp10 juta permeter.

"Akhirnya April-Mei ada sebagian mereka meminta anggaran yang kami tawarkan, tetapi kan tidak ada anggaran. Mereka tidak tahan karena polusi," katanya.

Ia mengaku khawatir jika bertahan maka tidak akan laku dijual. Sehingga akan merugikan dirisendiri. "Demikian juga saya khawatoir mereka yang bertahan itu jadi zero dia mau jual kepada siapa, orang tidak ada yang mau beli. dan satu-satunya kepada angkasa pura, toh harganya bagus," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BAZNAS (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 Januari 2018 - 20:32 WIB

Baznas Kirim Klinik Keliling untuk Pengungsi Myanmar

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) akan mengirim klinik keliling untuk pengungsi etnis Rohingya di Bangladesh sebagai bagian dari upaya lanjutan membantu meringankan beban korban yang terusir…

Pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 Januari 2018 - 20:27 WIB

Jelang Sumut 1, PAN Sumut Matangkan Pemenangan Edy-Ijeck

Partai Amanat Nasional mematangkan persiapan untuk memenangkan pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur di Sumatera Utara.

Pabrik Semen Baturaja (Bm)

Jumat, 19 Januari 2018 - 20:21 WIB

Perluas Pasar, Semen Baturaja Bangun Proyek Cement Mill d Jambi

Perseoran Terbatas Semen Baturaja berencana berinvestasi dengan membangun proyek "cement mill" dan "packing plant" di Kota Jambi, Provinsi Jambi, sebagai upaya memperluas sebaran pasar semen…

Bursa Efek Indonesia (Foto Rizki Meirino)

Jumat, 19 Januari 2018 - 20:16 WIB

Fundamental Ekonomi Nasional Kuat, Kinerja IHSG Tahun Politik Positif

Bursa Efek Indonesia optimistis kinerja indeks harga saham gabungan pada 2018 yang merupakan tahun politik akan tetap membukukan hasil positif.

Dirjen Industri Agro, Kementerian Perindustrian, Panggah Susanto

Jumat, 19 Januari 2018 - 18:45 WIB

Kemenperin Targetkan Industri Pengolahan Ikan Tumbuh 10 Persen pada 2018

Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Panggah Susanto mengatakan, potensi perikanan di Indonesia masih berpotensi untuk ditingkatkan.