Inilah Sosok Aaron Man Caketum Hipmi 2017-2020

Oleh : Ridwan | Jumat, 06 Januari 2017 - 13:20 WIB

Aaron Man Calon Ketua Umum Hipmi 2017-2020 (liputan6)
Aaron Man Calon Ketua Umum Hipmi 2017-2020 (liputan6)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dalam waktu dekat ini akan mengganti ketua umum nya. Ada beberapa nama calon yang telah masuk nominasi sebagai calon ketua umum masa bakti 2017-2020.

Salah satu calon ketua umum Aaron Annar baru-baru ini meluncurkan sebuah e-book yang berjudul "Suatu perjalanan,rekam jejak Aaron Sampetoding".

Pria kelahiran Jakarta, 18 Februari 1982, ini  merupakan pengusaha generasi keempat di keluarganya. Jacob Sampetoding, Kakek buyutnya merupakan pemilik PT Perto, perusahaan tambang nikel yang sekarang menjadi PT Aneka Tambang (ANTAM) Tbk.

Kakeknya, Siner Reysen Sampetoding adalah salah satu pengusaha konsesi hutan pertama di Indonesia. Sedangkan ayahnya, Annar Salahuddin Sampetoding merupakan komisaris Sulwood Group dan Siner Group, yang bergerak di bidang izin usaha pemanfaatan hasil hutan, properti dan perdagangan umum.

Kiprah Aaron di organisasi Hipmi tidak serta merta langsung menjadi ketua, namun mulai dari bawah. Diakuinya, apa yang dia cari di Hipmi adalah networking.

Menurut Aaron, sebagai pengusaha intelegensia itu faktor penting, tapi itu bukan yang utama. Modal utama seorang pengusaha adalah jaringan. Kebanyakan rezeki pengusaha itu dari teman-teman. Dari silaturahmi. Untuk yang satu ini Aaron mengaku belajar dari ayahnya.

Aaron mengatakan, pertama kali terbesit keinginannya untuk maju menjadi Ketum Hipmi Jaya adalah pada saat ada program di Hipmi Jakpus. Saat itu jajaran pengurus Hipmi Jakpus diundang Deputi Finance Minister Malaysia.

Disitulah Aaron mendapatkan sebuah presentasi bagaimana Malaysia begitu mendukung pengusaha mudanya. Organisasi Pengusaha Muda di Malaysia difasilitasi. Mulai dari modal hingga dibuatkan MAGIC – Malaysian Global Innovation and Creativity Centre.

Padahal organisasi pengusaha muda di Malaysia masih belum sebesar Indonesia. Sedangkan Hipmi lebih eshtablished dan mengakar hingga ke tingkat kota dan kabupaten dengan Badan Pengurus Cabang.

Dari situ, lahirlah keinginan Aaron membuat Hipmi lebih bisa maksimal bahkan menyaingi Malaysia. Menjadi katalis pertumbuhan pengusaha baru. Seperti kita ketahui, pengusaha Indonesia jumlahnya hanya 1,65 % dari total populasi. Bandingkan dengan Tiongkok yang sampai di angka 14%. Tak heran jika mereka mempunyai ketahanan ekonomi yang kuat.

Padahal, pengusaha adalah problem solver masalah ekonomi – memberi lapangan kerja dan nilai tambah. Hipmi bisa menjadi wadah sekaligus katalisator. Bahkan, menjadi sarana pendidikan untuk menumbuhkan pengusaha muda Indonesia yang lebih berdaya. Dan, Aaron sudah memiliki blueprint rencana besar bagaimana Hipmi bisa menjadi ekosistem yang ideal bagi calon pengusaha.

Secara menyeluruh dan sustain. Semua harus kondusif, mulai dari segi pendanaan, pendidikan, budaya, regulasi dan lainnya. Bagaimana budaya dari orang tua mendorong anak-anaknya menjadi pengusaha, bukan PNS. Menanamkan mindset bahwa menjadi pengusaha itu berarti bisa membuka lapangan kerja dan menjadi aset berharga bagi kemajuan bangsa.

Itu semua bisa diwujudkan dengan memulainya dari Hipmi. Aaron melihat posisi strategis Hipmi yang bisa mendorong ini. Mulai dari tingkat daerah hingga pusat, banyak sekali anggota yang berharap dari organisasi ini. Atas dasar itulah Aaron memiliki keinginan untuk maju.

Bagi Aaron, Hipmi adalah sekolah kepemimpinan terbaik. Hipmi bisa menjadi miniatur ekosistem wirausaha terbaik untuk pengusaha. Bukan hanya tempat berkumpul, namun harus produktif. Hal tersebut sudah Aaron buktikan selama kepemimpinannya di Hipmi BPC Jakpus.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

[Kiri ke kanan] Royke Tobing - Direktur Cyber Intelligence PT Spentera, Haliwela - Direktur R & D PT Spentera, Marie Muhammad - Direktur Operasional Eksternal PT Spentera, Thomas Gregory - Direktur Operasi Internal PT Spentera

Jumat, 26 April 2024 - 09:50 WIB

Spentera Bantu Penguatan Keamanan Siber Pada Infrastruktur Informasi Vital Indonesia dalam Menghadapi Ancaman Siber

Kejahatan siber merupakan masalah serius yang dapat menyerang baik individu maupun institusi. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menyebutkan bahwa terjadi peningkatan…

ASABRI mengikuti edukasi keterbukaan informasi publik

Jumat, 26 April 2024 - 09:45 WIB

ASABRI Komitmen Dukung Keterbukaan Informasi Publik

ASABRI bersama 5 BUMN Lainnya yaitu Indonesia Re, Indonesia Financial Group (IFG), Perum Bulog, Danareksa, dan MIND.ID, hadir dalam penyelenggaraan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik…

Bekali Diri di Prodi Digital Entrepreneur Cyber University Sekarang!

Jumat, 26 April 2024 - 09:41 WIB

Ingin Sukses Jadi Digitalpreneur, Bekali Diri di Prodi Digital Entrepreneur Cyber University Sekarang!

Cyber University atau Universitas Siber Indonesia dikenal sebagai kampus fintech pertama di Indonesia dengan fokus pada UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dan memiliki kurikulum CLP (Company…

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Jumat, 26 April 2024 - 06:47 WIB

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Grup RS Siloam, National University of Singapore (NUS) Yong Loo Lin School of Medicine, dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN) menjalin kerjasama strategis untuk memajukan penelitian…

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Jumat, 26 April 2024 - 06:39 WIB

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri agenda halalbihalal Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) di Jakarta, Kamis (25/4). Hadir mendampingi Menteri…