Desember 2016 Penjualan Semen Indonesia Capai 29 Juta Ton

Oleh : Herry Barus | Jumat, 06 Januari 2017 - 04:23 WIB

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)
PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)

INDUSTRY.co.id - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menargetkan pertumbuhan penjualan sekitar 4-5 persen pada 2017 dibandingkan tahun sebelumnya seiring beroperasinya pabrik baru.

"Hingga November 2016, penjualan semen perusahaan mencapai sekitar 28-29 juta ton. Pencapaian Desember diperkirakan tidak jauh berbeda dengan realisasi bulan sebelumnya," ujar Sekretaris Perusahaan Semen Indonesia, Agung Wiharto, di Jakarta, Kamis (5/1).

Ia menambahkan pertumbuhan penjualan itu selain didukung dari pabrik-pabrik yang sudah ada, diharapkan juga didukung oleh beroperasinya dua pabrik baru milik perseroan di Rembang, Jawa Tengah dan Indarung VI, di Padang.

"Jika berjalan lancar, kami berharap pabrik baru Semen Indonesia di Rembang dan Indarung sudah berkontribusi," katanya.

Ia mengemukakan bahwa total kapasitas Semen Indonesia sebesar 29 juta ton per tahun. Diharapkan, pada tahun ini tidak ada penurunan harga semen. Saat ini harga semen milik perseroan dipasarkan di kisaran Rp800-Rp820 ribu per ton.

"Jika terjadi penurunan harga, diharapkan karena adanya persaingan bisnis," katanya.

Terkait masalah yang terjadi pada pabrik semen milik perseroan di Rembang, Jawa Tengah, kepada Antara Agung Wiharto mengatakan pihaknya berencana untuk membeli bahan baku semen dari hasil tambang rakyat jika izin lingkungan penambangan tidak diperoleh perseroan.

Sementara itu, Kuasa Hukum Semen Indonesia M Mahendra Datta mengharapkan bahwa penolakan pabrik Semen Indonesia di Rembang tidak mengarah ke aspek sosial karena akan memicu konflik.

"Cara penggugat sekarang mengarah ke luar hukum bisnis. Saat ini sudah mempengaruhi masyarakat, mahasiswa, petani dan tokoh agama. Ini sudah mengarah ke kerawanan sosial padahal ini masalah industri. Semen Indonesia tidak ingin terlibat di luar bisnis," ujarnya.(Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Timnas Prancis berhasil menjuarai Piala Dunia usai menumbangkan Kroasia 4-2 dalam laga final Piala Dunia 2018. (FOTO: @FIFAWorldCup /Twitter)

Senin, 16 Juli 2018 - 01:31 WIB

Prancis Juara Piala Dunia 2018 di Rusia

Prancis keluar sebagai juara Piala Dunia 2018 di Rusia. Les Blues menekuk Kroasia 4-2 pada laga final yang digelar di Stadion Luzhniki, Minggu (15/7).

Suasana Nobar Final Piala Dunia di Kementerian PUPR (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Minggu, 15 Juli 2018 - 22:26 WIB

Nobar Final Piala Dunia, Menteri Basuki Jagokan Tim Kroasia

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar acara nonton bareng atau Nonton Bareng Final Piala bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beserta seluruh jajaran keluarga besar…

Piaggio Indonesia Kembali Hadirkan Pameran Mall to Mall

Minggu, 15 Juli 2018 - 21:52 WIB

Piaggio Indonesia Kembali Hadirkan Pameran Mall to Mall

Sebagai kelanjutan dari Strategi Roadmap Premiumisasi, PT Piaggio Indonesia kembali menghadirkan pameran Mall to Mall di Main Atrium Pondok Indah Mall 2, dari tanggal 9 Juli hingga 15 Juli 2018.…

PLTS Ilustrasi (ist)

Minggu, 15 Juli 2018 - 20:02 WIB

Tingkatkan Pemanfaatan PLTS, Kementerian ESDM Siapkan Regulasi PLTS Atap

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus mendorong peningkatkan pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Ilustrasi Migas (ist)

Minggu, 15 Juli 2018 - 19:30 WIB

Kementerian ESDM: Komitmen Pasti Investasi Migas Senilai US$1 Miliar Lebih Besar Dari Tahun Sebelumnya

Sebanyak 25 kontrak migas gross split yang ada, menghasilkan total komitmen pasti investasi sekitar US$1 miliar atau Rp 14 triliun.