Desember 2016 Penjualan Semen Indonesia Capai 29 Juta Ton

Oleh : Herry Barus | Jumat, 06 Januari 2017 - 04:23 WIB

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)
PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)

INDUSTRY.co.id - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menargetkan pertumbuhan penjualan sekitar 4-5 persen pada 2017 dibandingkan tahun sebelumnya seiring beroperasinya pabrik baru.

"Hingga November 2016, penjualan semen perusahaan mencapai sekitar 28-29 juta ton. Pencapaian Desember diperkirakan tidak jauh berbeda dengan realisasi bulan sebelumnya," ujar Sekretaris Perusahaan Semen Indonesia, Agung Wiharto, di Jakarta, Kamis (5/1).

Ia menambahkan pertumbuhan penjualan itu selain didukung dari pabrik-pabrik yang sudah ada, diharapkan juga didukung oleh beroperasinya dua pabrik baru milik perseroan di Rembang, Jawa Tengah dan Indarung VI, di Padang.

"Jika berjalan lancar, kami berharap pabrik baru Semen Indonesia di Rembang dan Indarung sudah berkontribusi," katanya.

Ia mengemukakan bahwa total kapasitas Semen Indonesia sebesar 29 juta ton per tahun. Diharapkan, pada tahun ini tidak ada penurunan harga semen. Saat ini harga semen milik perseroan dipasarkan di kisaran Rp800-Rp820 ribu per ton.

"Jika terjadi penurunan harga, diharapkan karena adanya persaingan bisnis," katanya.

Terkait masalah yang terjadi pada pabrik semen milik perseroan di Rembang, Jawa Tengah, kepada Antara Agung Wiharto mengatakan pihaknya berencana untuk membeli bahan baku semen dari hasil tambang rakyat jika izin lingkungan penambangan tidak diperoleh perseroan.

Sementara itu, Kuasa Hukum Semen Indonesia M Mahendra Datta mengharapkan bahwa penolakan pabrik Semen Indonesia di Rembang tidak mengarah ke aspek sosial karena akan memicu konflik.

"Cara penggugat sekarang mengarah ke luar hukum bisnis. Saat ini sudah mempengaruhi masyarakat, mahasiswa, petani dan tokoh agama. Ini sudah mengarah ke kerawanan sosial padahal ini masalah industri. Semen Indonesia tidak ingin terlibat di luar bisnis," ujarnya.(Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Foto B1.com)

Kamis, 19 April 2018 - 23:00 WIB

DPR: Makin Banyak Elite Politik Bersilaturahmi Makin Baik

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengatakan semakin banyak elite politik melakukan silaturrahmi satu sama lain akan semakin baik bagi rakyat.

Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja ke PNG dipimpin oleh Edi Prabowo Ketua Komisi IV DPR RI didampingi Staf Ahli Mentan Bidang Lingkungan dan lainnya

Kamis, 19 April 2018 - 22:28 WIB

DPR RI Menawarkan Pelatihan Pemuda Tani ke PNG

Port Moresby, PNG-Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja ke PNG dipimpin oleh Edi Prabowo Ketua Komisi IV DPR RI didampingi Staf Ahli Mentan Bidang Lingkungan, Mukti Sardjono serta Staf…

Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga (kiri) menyerahkan Bingkisan kepada perwakilan warga RW 09 Gunung Sahari dalam kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Masjid Jami Al Amir, Kemayoran, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Kamis, 19 April 2018 - 22:13 WIB

Kegiatan CSR Telkom Dinilai Efektif dan Berdampak Positif

Jakarta-Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) dinilai efektif dan berdampak positif bagi masyarakat Indonesia.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan

Kamis, 19 April 2018 - 22:07 WIB

Terkait Tumpahan Minyak di Balikpapan, Kementerian ESDM Tunggu Hasil Investigasi Final

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menunggu hasil investigasi final dari pihak Kepolisian bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) atas insiden tumpahan minyak…

Wiranto bertemu SBY (foto Kompas.com)

Kamis, 19 April 2018 - 22:00 WIB

Wiranto Akui Pertemuan dengan SBY Bicarakan Keamanan Nasional

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta, Rabu (18/4/2019), membahas mengenai…