Desember 2016 Penjualan Semen Indonesia Capai 29 Juta Ton

Oleh : Herry Barus | Jumat, 06 Januari 2017 - 04:23 WIB

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)
PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)

INDUSTRY.co.id - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menargetkan pertumbuhan penjualan sekitar 4-5 persen pada 2017 dibandingkan tahun sebelumnya seiring beroperasinya pabrik baru.

"Hingga November 2016, penjualan semen perusahaan mencapai sekitar 28-29 juta ton. Pencapaian Desember diperkirakan tidak jauh berbeda dengan realisasi bulan sebelumnya," ujar Sekretaris Perusahaan Semen Indonesia, Agung Wiharto, di Jakarta, Kamis (5/1).

Ia menambahkan pertumbuhan penjualan itu selain didukung dari pabrik-pabrik yang sudah ada, diharapkan juga didukung oleh beroperasinya dua pabrik baru milik perseroan di Rembang, Jawa Tengah dan Indarung VI, di Padang.

"Jika berjalan lancar, kami berharap pabrik baru Semen Indonesia di Rembang dan Indarung sudah berkontribusi," katanya.

Ia mengemukakan bahwa total kapasitas Semen Indonesia sebesar 29 juta ton per tahun. Diharapkan, pada tahun ini tidak ada penurunan harga semen. Saat ini harga semen milik perseroan dipasarkan di kisaran Rp800-Rp820 ribu per ton.

"Jika terjadi penurunan harga, diharapkan karena adanya persaingan bisnis," katanya.

Terkait masalah yang terjadi pada pabrik semen milik perseroan di Rembang, Jawa Tengah, kepada Antara Agung Wiharto mengatakan pihaknya berencana untuk membeli bahan baku semen dari hasil tambang rakyat jika izin lingkungan penambangan tidak diperoleh perseroan.

Sementara itu, Kuasa Hukum Semen Indonesia M Mahendra Datta mengharapkan bahwa penolakan pabrik Semen Indonesia di Rembang tidak mengarah ke aspek sosial karena akan memicu konflik.

"Cara penggugat sekarang mengarah ke luar hukum bisnis. Saat ini sudah mempengaruhi masyarakat, mahasiswa, petani dan tokoh agama. Ini sudah mengarah ke kerawanan sosial padahal ini masalah industri. Semen Indonesia tidak ingin terlibat di luar bisnis," ujarnya.(Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BP Batam Internasional Culture Carnival 2017 (Foto:sindobatam.com)

Senin, 18 Desember 2017 - 10:15 WIB

BP Batam Internasional Culture Carnival 2017 Harapkan Jadi Pintu Gerbang Wisman ke Batam

Festival budaya berskala internasional, BP Batam Internasional Culture Carnival 2017 yang diselenggarakan di Jalan Imam Bonjol, Nagoya, Kepulauan Riau, Batam pada Sabtu (16/12/2017). Penyelenggaraan…

PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB), William Surnata, Budikwanto Kuesar dan Edi Permadi (Foto Abe)

Senin, 18 Desember 2017 - 10:10 WIB

J Resources Targetkan Tambang Emas Pani dan Doup Berproduksi pada 2019

PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB) menargetkan tambang emas Pani dan Doup dapat beroperasi pada 2019. Karena itu, perusahaan pertambangan emas tersebut saat ini mulai mengembangkan kedua…

Ilustrasi Hunian Terintegrasi dengan moda transportasi publik seperti Transit Oriented Development (TOD)

Senin, 18 Desember 2017 - 10:06 WIB

REI: TOD Merupakan Jawaban Kebutuhan Hunian Untuk Kaum Milenial

Hunian vertikal berkonsep Transit Oriented Development (TOD) beberapa waktu belakangan sedang menjadi tren tersendiri di kalangan pengembang baik swasta maupun pemerintah.

Bank Indonesia

Senin, 18 Desember 2017 - 10:00 WIB

Kepastian Kemanan Diperlukan Investor Dalam Menjalankan Usaha

Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Solo menyatakan investor butuh kepastian keamanan dalam menjalankan usaha mereka

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 18 Desember 2017 - 09:49 WIB

Hari ini, IHSG Bakal Lanjutkan Kenaikan untuk Tembus ke 6.125

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada perdagangan hari ini diperkirakan bakal terus melanjutkan kenaikan serta berupaya untuk menembus level 6.125 setelah pada akhir…