Premi Asuransi Umum Naik 8,7 Persen

Oleh : Herry Barus | Rabu, 23 November 2016 - 09:02 WIB

Asuransi Ilustrasi
Asuransi Ilustrasi

INDUSTRY.co.id - Jakarta,  Industri asuransi umum di Indonesia meraup pendapatan premi Rp46,1 triliun atau tumbuh secara tahunan 8,7 persen di triwulan III 2016, didorong kontribusi pertumbuhan terbesar dari premi usaha pesawat terbang, satelit dan energi darat.

Menurut pejabat Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), Dadang Sukresna di Jakarta, Selasa, dari semua lini usaha yang membeli premi asuransi umum, hanya ada tiga yang mencatatkan perlambatan pembelian premi yakni kendaraan bermotor, pengangkutan laut, dan kecelakaan.

Ketua Bidang Statistik Riset, Analisa, TI, dan Aktuaria AAUI tersebut menerangkan untuk premi kendaraan bermotor turun 5,4 persen menjadi Rp11,6 triliun, pengangkutan laut menurun 4,9 persen menjadi Rp2,2 triliun, dan kecelakaan 27 persen menjadi Rp901 miliar.

Tajamnya penurunan premi dari lini usaha kecelakaan diperkirakan karena nasabah produk asuransi kecelakaan telah bergeser mengikuti produk dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

"Perusahaan telah mendaftarkan pegawainya ke BPJS Ketenagakerjaan. (Lini Usaha) kecelakaan turun 27 persen," ujar dia.

Industri asuransi umum juga mendapat keleluasaan mengingat penagihan klaim yang menurun di paruh ketiga ini. Pembayaran klaim turun 7,6 persen dibading triwulan III 2015 atau sebesar Rp20,3 triliun.

Penurunan klaim paling besar terjadi pada lini usaha satelit yang turun 100 persen atau tidak ada pengajuan klaim hingga triwulan III. Kemudian klaim dari lini usaha pesawat udara yang turun 71 persen menjadi Rp323 miliar, rangka kapal sebesar 30,1 persen menjadi Rp714 miliar dan pengangkutan laut sebesar 32,2 persen menjadi Rp808 miliar.

Dengan kinerja tersebut, rasio klaim asuransi umum turun menjadi 44 persen dibanding periode sama tahun lalu yang sebesar 51,7 persen. (Ant/hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Jaringan 5G

Senin, 21 Januari 2019 - 20:50 WIB

China Unicom dan ZTE Selesaikan Panggilan Telepon 5G Pertama di Dunia dengan Smartphone Prototipe 5G ZTE

ZTE Corporation, penyedia solusi telekomunikasi, perusahaan, dan teknologi terkemuka untuk internet seluler, mengumumkan bahwa China Unicom cabang Guangdong dan ZTE telah melakukan panggilan…

ACE Hardware

Senin, 21 Januari 2019 - 20:25 WIB

Tawarkan Solusi Kebutuhan Produk Harian, ACE Hadirkan Program Your Everyday Solutions

Terus manjakan konsumen dengan berbagai pilihan produk inovatif dan berkualitas, ACE tawarkan promo menarik untuk berbagai produk yang memudahkan kegiatan keseharian melalui program Your Everyday…

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat AMMdes di GIIAS 2018 (Foto: Dok. Liputan6)

Senin, 21 Januari 2019 - 20:10 WIB

Menperin Pastikan Produksi Massal AMMDes Akan Dimulai pada 2019

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto terus memacu peningkatan produktivitas dan daya saing alat mekanis multiguna pedesaan (AMMDes) agar mampu kompetitif di pasar domestik hingga ekspor.…

Kemenperin serahkan AMMDes Pengolahan Air Jernih ke Sulteng (Foto: Kemenperin)

Senin, 21 Januari 2019 - 19:45 WIB

Kemenperin Salurkan Lima Unit AMMDes Pengolah Air Jernih ke Sulteng

Kementerian Perindustrian akan menyalurkan lima unit alat mekanis multiguna pedesaan (AMMDes) yang berfungsi sebagai pengolah air jernih untuk tiga wilayah yang terkena dampak gempa di Provinsi…

Ilustrasi buku bacaan

Senin, 21 Januari 2019 - 18:08 WIB

Dua Belas Penulis Indonesia Hadir di London Fair 2019

Jakarta - British Council dan Komite Nasional menyeleksi penulis yang akan ditampilkan di London Book Fair 2019 dalam sejumlah acara yang bertujuan memperkenalkan kekayaan literasi Indonesia.