Munas- Konbes NU di NTB akan Diikuti 1.500Peserta

Oleh : Herry Barus | Selasa, 21 November 2017 - 09:52 WIB

- Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj (Foto Ist)
- Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Presiden Joko Widodo dijadwalkan membuka Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (NU) pada tanggal 23 November 2017 di Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Munas Alim Ulama dan Konbes NU akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo di Islamic Center Kota Mataram," kata Ketua Panitia Robikin Emhas di Kantor PBNU, Jakarta, Senin (20/11/2017)

Sedangkan Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan menutup forum permusyawatan setingkat di bawah muktamar itu pada 25 November 2017.

Munas dan Konbes NU yang akan diikuti sekitar 1.500 orang itu bakal digelar di lima pondok pesantren, yakni yakni Pondok Pesantren Darul Falah, Pondok Pesantren Darul Hikmah, dan Pondok Pesantren Nurul Islam di Mataram, serta Pondok Pesantren Darul Qur'an dan Pondok Pesantren Al Halimy di Lombok Barat.

Munas Alim Ulama akan membahas berbagai persoalan, di antaranya frekuensi publik, investasi dana haji, status dan hak anak hasil di luar nikah, fikih disabilitas, ujaran kebencian, serta konsep distribusi lahan atau aset.

Selain itu, akan dibahas pula dari segi hukum agama sejumlah rancangan undang-undang yang saat ini sedang dibahas DPR, antara lain RUU Anti Terorisme, RUU Lembaga Pendidikan Keagamaan dan Pesantren, dan RUU KUHP.

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj mengatakan hasil Munas Alim Ulama tersebut akan disampaikan ke masyarakat dan pemerintah untuk ditindaklanjuti.

Menurut Said Aqil, tidak sedikit hasil pembahasan dari forum muktamar dan munas NU yang menjadi acuan pemerintah dan masyarakat dalam menyikapi suatu persoalan.

"Sebut saja keputusan NU yang membolehkan keluarga berencana, bunga bank, serta penerimaan Pancasila sebagai ideologi bangsa," kata Said Aqil.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…