Tol Jakarta-Surabaya Diperkirakan Sudah Beroperasi Dimusim Lebaran 2018

Oleh : Hariyanto | Senin, 20 November 2017 - 13:27 WIB

Ilustrasi Jalan Tol (ist)
Ilustrasi Jalan Tol (ist)

INDUSTRY co.id -Lebak - Kabar gembira bagi pemudik dari Jakarta menuju Surabaya di musim lebaran tahun 2018 mendatang. Pasalnya, jalan tol Jakarta-Surabaya sudah bisa dilintasi.

"Kami mengapresiasi kerja keras Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dapat merealisasikan jalan tol Jakarta-Surabaya," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meresmikan perumahaan Citra Maja Raya di Kabupaten Lebak, Banten, Sabtu (18/11/2017).

 Selama ini, Menteri Basuki kerja keras untuk membangun infrastruktur. Sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin fokus memoles infrastruktur supaya perekonomian daerah bisa melesat dan memudahkan akses rakyat, khususnya saat mudik Lebaran.

Tol Jakarta-Surabaya diperkirakan sudah bisa dioperasikan pada Lebaran 2018. Selanjutnya, pemerintah akan membangun tol Surabaya-Banyuwangi pada 2019. "Kami yakin jalan tol Jakarta-Surabaya dapat memobilisasi pertumbuhan ekonomi masyarakat cukup besar," kata Budi.

Budi mengungkapkan, keberhasilan kerja Menteri PUPR yang layak diapresiasi adalah beroperasinya jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu atau Becakayu. Padahal, proyek ini mangkarak hingga belasan tahun.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pemerintah pusat, Pemprov Banten dan Pemkab Lebak sepakat untuk membangun kota terpadu. Di mana, Maja menjadi salah satu kota baru yang dikembangkan bersama 10 kota lain di Indonesia.

Kota ini, kata Basuki, bisa menjadi kota yang mandiri ke depan dan diperkirakan akan menampung 1,2 juta jiwa warga Jakarta ke Citra Maja Raya.

Untuk mengembangkan kota terpadu ini, juga akan dilakukan pengembangan termasuk stasiun Maja dan akan ada pembangunan tol Serpong-Balaraja yang akan dikembangkan oleh pihak swasta sebagai penunjang kota terpadu. (tar)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

GIIAS Medan 2018 (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 18 Oktober 2018 - 20:45 WIB

Rangkaian GIIAS Roadshow 2018 Ditutup Pesta Harga Akhir Tahun di GIIAS Medan Auto Show

Menghitung mundur kurang dari dua minggu menuju penyelenggaraan rangkaian pameran mobil GAIKINDO Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2018 yang akan kembali dilangsungkan di Medan. Kembali…

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong

Kamis, 18 Oktober 2018 - 20:00 WIB

Industri Pariwisata Menunggu Kehadiran Investor Arab Saudi

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong menyatakan pemerintah Indonesia akan menawarkan peluang investasi sektor pariwisata dan gaya hidup (lifestyle) dalam konferensi…

Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih berfoto bersama dengan para peserta pameranpada peringatan Hari Kopi Internasional di Makassar (Foto: Kemenperin)

Kamis, 18 Oktober 2018 - 19:22 WIB

Pacu Pertumbuhan IKM Pengolahan Kopi, Inilah Langkah Strategis Kemenperin

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong pertumbuhan industri pengolahan kopi di dalam negeri termasuk skala industri kecil dan menengah (IKM).

Dean Novel

Kamis, 18 Oktober 2018 - 19:02 WIB

Kisah Petani Jagung Berdasi (2): Memilih NTB Ketimbang Jawa

Dean betah berladang di NTB karena menurutnya petani di Lombok masih haus dengan inovasi. Masih mendengar jika diberi penyuluhan, masih penasaran dengan ilmu-ilmu baru dalam pertanian.

Mario Nicolas, VP Product and Business OY! Indonesia.(FotoDok Industry.co.id)

Kamis, 18 Oktober 2018 - 19:00 WIB

Melalui Aplikasi OY!, Kirim Uang Bisa Dilakukan dengan Mudah

OY! hadir sebagai sebuah wadah yang mempermudah kehidupan serta komunikasi sehari- hari masyarakat Indonesia. Melalui fitur Transfer Antar bank Tanpa Ongkos langsung dari dalam chat room OY!,…