Berkunjung ke Lumajang, Jangan Lupa Menikmati Susu Murni Kambing Senduro

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 14 November 2017 - 12:15 WIB

Susu Murni Kambing Senduro Lumajang (Foto Dije)
Susu Murni Kambing Senduro Lumajang (Foto Dije)

INDUSTRY.co.id - Lumajang- Susu merupakan salah satu minuman yang dapat menyehatkan tubuh. Tak banyak orang-orang yang tidak menyukai susu. Dan, susu juga mempunyai olahan seperti varian keju, yogurt, dan minuman susu dengan beraneka rasa yang enak sekali dikonsumsi.

Nah! salah satunya yakni ada sebuah peternakan di daerah Lumajang yang membudidayakan kaming etawa ras Senduro ini berasal Desa Senduro Kabupaten, Lumajang di dekat gunung Semeru ini mempunyai peternakan tersendiri.

 

Kali ini, Inudstry.co.id pada Sabtu (11/11/2017) berkesemapatan mengunjungi Goatzilla Farm & Cafe yang merupakan peternakan kambing Senduro yang berfokus pada produksi susu kambing.

Terletak di Jalan Raya B29 No.45 (timur balai desa) Kandangtepus Senduro Lumajang Jawa Timur. Kambing senduro sendiri adalah kambing cross breeding antara kambing Jamnapari (etawa) dari India dengan kambing Jawarandu dari Jawa Timur.

Kambing ini memiliki ciri-ciri umum yakni warnanya dominan putih, jarang bertandung, dahi cembung atau mancung serta postur tubuh yang besar, tinggi dan panjang.

Untuk berat badan, Kambing Senduro jantan dapat mencapai berat 1,4 kuintal. Sedangkan, untuk yang betita dapat menghasilkan satu hingga 1,5 liter susu tiap harinya.

Syaiful Siam selaku pemilik dari Goatzilla Farm and Cafe mengatakan, "Kandang harus bersih saat diperah dan setelah diperah. Tidak boleh ada kotoran dan bulu yang masuk melalui puting karena bisa membahayakan kambing betina dan kualitas susu. Nama penyakit Mastitis akibat masuknya kotoran ke puting. Susu mengeras, dan betina akan meninggal," katanya.

Goatzilla Farm and Cafe ini juga menyediakan berbagai olahan dari susu yakni dari minuman susu aneka rasa, minuman yogurt, ragam keju seperti chevre cheese, chevre black pepper cheese, hingga yogurt cheese.

Harganya mulai dari Rp 10 ribu untuk olahan susu kambing aneka rasa dan yogourt ukuran 250ml. Sedangkan untuk susu bubuk seharga Rp 35 ribu untuk ukuran 250gram.

Sedangkan, untuk olahan keju yoghurt cheese dan chevre cheese original yang dibuat dari susu kambing segar ukurannya 200gram hanya dijual seharga Rp60 ribu.

Lalu, chevre black papper cheese yang unik ini ada rasa black papper di kejunya dan ini merupakan salah satu keju favorit bagi wisatawan asal Eropa, seharga Rp 65 ribu. Nah, bagi Anda yang menyukai keju mozarella, di sini juga dijual tetapi dari olahan susu sapi, hanya Rp 35 ribu saja kok dan ukurannya 250gram.

Goatzilla Farm and Cafe juga menyediakan berbagai olahan produk kecantikan seperti, masker kefir yang merupakan krim susu yang berkhasiat untuk membunuh bakteri jahat di wajah. Lalu ada sabun susu yang dibuat dari susu kambing yang creamy yang berfungsi untuk menjadi pembersih dan moisturizer alami.

Peternakan sekaligus kafe ini juga mempersilahkan para pengunjung untuk mencicipi olahan susu tersebut secara langsung, dan bisa menikmatinya dengan duduk di saung-saung sembari menikmati olahan susunya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…