Tiga Tahun Kabinet Kerja, Menperin Sebut Industri Nasional TOP

Oleh : Ridwan | Senin, 23 Oktober 2017 - 18:45 WIB

Presiden Jokowi didampingi Menperin Airlangga Hartarto di Cikarang (28/7/2017) (Foto Ist)
Presiden Jokowi didampingi Menperin Airlangga Hartarto di Cikarang (28/7/2017) (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pencapaian sektor industri di Indonesia menunjukkan sejumlah capaian yang baik. Hal ini menunjukkan kinerja Kementerian Perindustrian dalam kurun waktu tiga tahun terakhir menunjukkan nilai yang positif.

Kementerian Perindustrian akan terus berupaya mendukung pemerataan ekonomi dengan sejumlah kebijakan dan implementasi.

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan, arah kebijakan pembangunan industri nasional itu berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2015-2019.

Selain itu, kebijakan pembangunan industrisesuai dengan tiga butir yang terkait peran sektor industri dari sembilan Nawacita yang diteyaokan oleh Jokowi-JK.

Pertama, mewujudkan kemandirian ekononi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik. Kedua, meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional sehingga bangsa Indonesia bisa maju dan bangkit bersama bangsa-bangsa Asia lainnya.

Sedangkan, Ketiga adalah membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

"Dalam upaya mendorong penyebaran industri yang merata sekaligus mewujudkan Indonesia sentris, Kemenperin telah memfasilitasi penbangunan kawasan industri khususnya di luar pulau Jawa," ujar Airlangga Hartarto saat pemaparan capaian kinerja tiga tahun Kemenperin di Kantor Kemenperin, Jakarta, Senin (23/10/2017).

Pada tahun 2015 hingga 2017, telah dibangun tiga kawasan industri baru di Pulau Jawa dan tujuh kawasan industri baru di luar Pulau Jawa dengan menyeral tenaga kerja sebanyak 38.432 orang.

"Potensi kawasan industri masih cukup besar, sehingga pada dua tahun mendatang diprediksi pertumbuhan kawasan industri baru terus meningkat dengan dibangun delapan kawasan industri baru di luar Pulau Jawa dengan potensi penyerapan tenaga kerja sebanyak 296,3 ribu orang," terang Airlangga.

Sementara itu, dalam program prioritas untuk menumbuhkan populasi industri, upaya Kemenperin telah menunjukkan hasil yang cukup memuaskan.

Selama periode 2015-2017, jumlah unit usaha industri menengah dan sedang mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu mencapai 4.433 unit usaha samoai triwulan II tahun 2017.

Sementara itu, jumlah tenaga kerja yang terserap oleh industri pada periode tahun 2015-2017 ikut meningkat dari 15,39 juta orang pada tahun 2014 menjadi 16,57 juta oranh sampai triwulan II tahun 2017.

Ditergetkan sampai akhir 2019 akan mencapai 17,1 juta orang tenaga kerja yang akan terserap oleh industri nasional

Sejalan dengan peningkatan jumlah unit usaha dan penyeraoan tenaga kerja, nilai investasi sektor industri juga meningkat menjadi Rp706,9 triliun pada periode tahun 2015-2017.

"Nilai investasi ini diprediksi akan terus meningkat hingga mencapai Rp1.759 triliun pada periode dua tahun kedepan," tutup Airlangga.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB), William Surnata, Budikwanto Kuesar dan Edi Permadi (Foto Abe)

Senin, 18 Desember 2017 - 10:10 WIB

J Resources Targetkan Tambang Emas Pani dan Doup Berproduksi pada 2019

PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB) menargetkan tambang emas Pani dan Doup dapat beroperasi pada 2019. Karena itu, perusahaan pertambangan emas tersebut saat ini mulai mengembangkan kedua…

Ilustrasi Hunian Terintegrasi dengan moda transportasi publik seperti Transit Oriented Development (TOD)

Senin, 18 Desember 2017 - 10:06 WIB

REI: TOD Merupakan Jawaban Kebutuhan Hunian Untuk Kaum Milenial

Hunian vertikal berkonsep Transit Oriented Development (TOD) beberapa waktu belakangan sedang menjadi tren tersendiri di kalangan pengembang baik swasta maupun pemerintah.

Bank Indonesia

Senin, 18 Desember 2017 - 10:00 WIB

Kepastian Kemanan Diperlukan Investor Dalam Menjalankan Usaha

Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Solo menyatakan investor butuh kepastian keamanan dalam menjalankan usaha mereka

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 18 Desember 2017 - 09:49 WIB

Hari ini, IHSG Bakal Lanjutkan Kenaikan untuk Tembus ke 6.125

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada perdagangan hari ini diperkirakan bakal terus melanjutkan kenaikan serta berupaya untuk menembus level 6.125 setelah pada akhir…

Migas Ilustrasi

Senin, 18 Desember 2017 - 09:33 WIB

Kontrak Selesai, Pengelola Blok Tuban Tunggu Rancangan Undang-undang Migas

Berakhirnya masa kontrak operator Blok Tuban pada Februari 2018 mendatang diharapkan sudah menggunakan undang-undang baru sebagai operator pengganti. Saat ini Komisi VII DPR RI sedang melakukan…