Wujudkan Komitmen Sebagai Solusi Dalam Pembangunan, Holcim Latih Pasukan Kuning Pemprov DKI Jakarta

Oleh : Ridwan | Kamis, 28 September 2017 - 08:46 WIB

Ilustrasi Pasukan Orangen Pemrpov DKI Jakarta
Ilustrasi Pasukan Orangen Pemrpov DKI Jakarta

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Meski belum setenar pasukan ‘warna’warni’ lainnya yang dimiliki oleh Pemprov DKI Jakarta, keberadaan Pasukan Kuning di bawah naungan Dinas Bina Marga berperan besar dalam percepatan pekerjaan-pekerjaan perbaikan infrastruktur di Ibukota seperti jalan dan trotoar yang berlubang yang menimbulkan ketidak nyamanan pengguna
jalan.

Untuk meningkatkan keahlian tim Pasukan Kuning dalam pekerjaannya, Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan Holcim Indonesia dalam lokakarya di Jakarta, 26 - 27 September 2017 bagi kurang lebih 40 orang yang tergabung dalam Pasukan Kuning.

Pasukan Kuning dibentuk pada tahun 2014 sebagai kelompok yang terdiri atas petugas harian lepasan untuk merapikan atau memperbaiki jalan dan trotoar di jalan-jalan protokol maupun jalan perkampungan. Lokakarya yang diadakan selama dua hari ini, bertujuan untuk memberikan pelatihan mengenai aplikasi dasar bahan bangunan yang baik dan benar untuk mengoptimalkan pekerjaan dan sumber daya yang digunakan.

“Pasukan Kuning dibentuk agar pekerjaan perbaikan dapat diselesaikan lebih cepat dan tidak merugikan masyarakat
yang menggunakan jalan, baik itu pengendara kendaraan maupun pejalan kaki. Membekali mereka dengan pelatihan ini, akan membantu pekerjaan mereka lebih efektif dan efisien dari sisi waktu, material, dan biaya”, ujar Kepala Dinas Bina Marga Pemprov DKI Jakarta. Yusmada Faizal di Jakarta (27/9/2017).

Pelatihan yang diberikan Holcim mencakup peningkatan pengetahuan dan kompetensi Pasukan Kuning mengenai bahan bangunan khususnya aplikasi semen dan beton di tingkat dasar dan lanjutan. Selesai mengikuti pelatihan ini, Holcim juga memberikan sertifikasi kepada peserta sebagai bukti bahwa mereka adalah tenaga terlatih.

“Kami sangat memahami kendala-kendala yang terjadi di lapangan dan bagaimana cara penanggulangannya. Pelatihan ini merupakan bentuk kepedulian Holcim agar mereka dapat menjalankan tugas dengan optimal dalam membantu Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta untuk melayani masyarakat”, kata Aggregates, Infrastructure and Construction Material Director Holcim Indonesia. Marcelo Castro.

Sejak tahun 2014 silam, Holcim telah menjalin kerja sama dengan Dinas Bina Marga dalam berbagai pembenahan sarana infrastruktur yang ada di Jakarta seperti jalur Bus Transjakarta, jalur protokol, jalur pedestrian dan lain-lain. Kepercayaan ini diraih Holcim dari inovasi produk unggulannya seperti beton ultra cepat, SpeedCrete, dan beton berpori, ThruCrete.

“Inovasi-inovasi seperti ini sangat membantu kami dalam proses pembangunan dan revitalisasi infrastruktur di Jakarta. Sangat cepat sehingga sehingga tidak mengganggu aktivitas warga, serta ramah lingkungan”, tutup Yusmada.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Airlangga resmikan Real CoId-Pressed Facility PT Sewu Segar Primatama (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 14:17 WIB

Didukung Sumber Daya Alam dan Permintaan Domestik, Sektor Mamin Miliki Potensi Pertumbuhan Besar

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, Sektor makanan dan minuman Indonesia memiliki potensi pertumbuhan yang besar karena didukung oleh sumber daya alam yang berlimpah dan permintaan…

BRIsyariah berpartisipasi di ISEF

Rabu, 12 Desember 2018 - 14:16 WIB

BRI Syariah Dorong Perekonomian Melalui Indonesia Sharia Economic Festival 2018

Surabaya - PT Bank BRIsyariah Tbk atau BRIsyariah sebagai bank syariah ritel modern kembali hadir dan berpartisipasi di acara Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) untuk yang kelima kalinya.…

Direktur Utama BAV Muhamad Siddik Heruwibowo (Foto Dok Bahana)

Rabu, 12 Desember 2018 - 14:13 WIB

Bahana Targetkan Penyaluran Dana Program Kemitraan Rp 100 Miliar

Demi meningkatkan akses pelaku usaha menengah kecil dan mikro kepada pembiayaan, PT Bahana Artha Ventura (BAV) terus berupa memperluas jaringan kepada sejumlah badan usaha milik negara (BUMN)…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat menyampaikan sambutan dalam acara penghargaan Industri Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 13:40 WIB

Penerapan Industri Hijau Mampu Hemat Energi Sebesar Rp1,8 Triliun dan Air Mencapai Rp 27 Miliar

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, hasil assessement penghargaan industri hijau tahun 2018, diperoleh penghematan energi sesebesar Rp 1,8 miliar dan air sebesar Rp 27 miliar.

Mayjen Hafil digadang-gadang jadi pimpinan PB POBSI

Rabu, 12 Desember 2018 - 13:36 WIB

‎19 Pengprov POBSI Alihkan Dukungan ke Mayjen Hafil

Jakarta - Sebanyak 19 Pengurus Provinsi Persatuan Olah Raga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) mengalihkan dukungannya ke Mayjen TNI A Hafil sebagai Ketua Umum PB POBSI. Sebelumnya dukungan ini…