Pacu Pertumbuhan Industri, Pemerintah Permudah Impor Bahan Baku dan Barang Modal

Oleh : Ridwan | Rabu, 20 September 2017 - 06:00 WIB

Ilustrasi Impor
Ilustrasi Impor

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Direktur Jenderal Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri (KPAI) Kementerian Perindustrian, Harjanto mengatakan, pemerintah terus komitmen mempermudah impor bahan baku dan barang modal guna mendukung pertumbuhan industri nasional.

"Pemerintah mempertimbangkan permudahan barang-barang yang masuk untuk menunjang industri. Seperti diketahui, saat ini hampir 90 persen struktur impor Indonesia berupa bahan baku dan barang modal," ujar Harjanto di Jakarta (19/9/2017).

Selain itu, menurut Harjanto, industrialisasi bakal dilakukan di luar Pulau Jawa. "Tujuannya adalah mendorong tidak hanya di Jawa dan bergeser ke wilayah lain. Kawasan industri akan dibangun jadi kota baru," terangnya.

Sementara Kepala Badan Pengembangan dan Pengkajian Peradagangan Kementerian Perdagangan, Kasan Muhri menyatakan, saat ini jajarannya tengah membuat studi untuk menyederhanakan tata niaga impor. "Mengurangi jumlah lartas (pelarangan dan pembatasan) di border dengan melakukan pergeseran pengawasan ke post-border," ujar Kasan.

Menurutnya, Kemudahan itu bakal memperlancar impor bahan baku. Namun, pengawasan di daerah bakal diperketat agar tidak terjadi kecurangan. Rencananya, pemerintah bakal menggunakan sistem elektronik untuk mengecek standar dan kebenaran dokumen.

Kebijakan ini bakal dilakukan karena masih ada 49 persen komoditas dalam 10 ribu kategori harmonized system (HS) yang dikenai bea. Padahal, mengacu pada negara-negara di Asia Tenggara, hanya 17 persen komoditas yang masih dikenai bea.

Disisi lain, Ahli Ekonomi dari Universitas Indonesia Faisal Basri. Dia menyatakan industrialisasi tidak haya memperkuat struktur ekonomi tapi juga struktur demokrasi.

Faisal menyarankan pemerintah agar memperhatikan industri yang sudah ada sebelum memunculkan industri yang baru. "Berikan proses transisi supaya bisa jalan dengan transparan, dunia usaha pada dasarnya ingin jalan yang lurus," tuturnya.

Lebih lanjut, Faisal menegaskan, kebijakan pemerintah yang salah bisa membuat industri yang sudah ada tidak bergairah dan memungkinkan pemindahan pabrik produksi. "Konsekuensinya, nilai tambah yang didapatkan negara dari industri besar bisa hilang," tutup Faisal.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…