Industri Mebel dan Kerajinan Miliki Nilai Strategis Dalam Perekonomian Indonesia

Oleh : Ridwan | Rabu, 06 September 2017 - 17:41 WIB

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih dan Ketua Yayasan Perempuan Untuk Negeri, Yantie Isfandiary Airlangga saat membuka acara Pameran Produk Unggulan Indonesia (Ridwan/ INDUSTRY.co.id)
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih dan Ketua Yayasan Perempuan Untuk Negeri, Yantie Isfandiary Airlangga saat membuka acara Pameran Produk Unggulan Indonesia (Ridwan/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Solo-Kementerian Perindustrian Republik Indonesia menyatakan industri sektor mebel dalam negeri berkontribusi cukup signifikan terhadap perekonomian nasional.

"Industri mebel dan kerajinan selain memiliki nilai strategis secara ekonomis juga politis berkontribusi pada ekonomi Indonesia. Ekspor furniture pada tahun 2016 sebesar 1,04 milliar dolar AS," ungkap Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih melalui keterangan tertulisnya pada acara Workshop e-smart IKM PBKF Direktorat IKM Pangan, Barang dari Kayu dan Furnitur Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian di Hotel Sahid Solo (7/9/2017).

Berdasarkan data yang ada di Kementerian Perindustrian, pada tahun 2015 terdapat 21.643 unit usaha industri kecil dan menengah dengan jumlah tenaga kerja mencapai 436.764 orang dan nilai investasi diperkirakan mencapai Rp5,8 triliun.

Sedangkan berdasarkan data dari Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (Himki), jumlah IKM di solo raya mencapai 119 IKM dan menyerap tenaga kerja sebanyak 2.000 orang dengan nilai ekspor pada triwulan pertama tahun 2017 yaitu periode Januari-Maret diperkirakan mencapai 7,32 juta dolar AS.

"Dengan kondisi ini dapat disimpulkan industri furnitur di Solo merupakan industri padat karya yang memberikan lapangan pekerjaan dan devisa yang signifikan bagi Republik Indonesia," katanya.

Oleh karena itu, dalam rangka penguatan sektor industri tersebut, Kementerian Perindustrian memiliki enam kebijakan prioritas industri nasional yaitu penguatan SDM melalui penguatan vokasi industri, pendalaman struktur industri melalui penguatan rantai nilai industri, industri padat karya dan orientasi ekspor, pengembangan IKM dengan platform digital melalui e-smart IKM, pengembangan industri berbasis SDA serta pengembangan perwilayahan industri.

"Program-program tersebut dilakukan dalam rangka peningkatan daya saing dan peningkatan produktivitas, penumbuhan populasi industri serta pengembangan perwilayahan industri di luar pulau Jawa," ucap Gati.

Untuk sektor industri furnitur nasional, lanjut Gati, Kementerian Perindustrian melalui Ditjen IKM berupaya meningkatkan kualitas produk dan SDM dari IKM mebel yang terus dilakukan secara berkesinambungan.

"Dalam lima tahun terakhir pengembangan wirausaha baru industri kecil dilakukan di 15 lokasi dan 19 lokasi sentra. Sebanyak 17 IKM furnitur juga sudah mendapatkan bantuan restrukturisasi berupa potongan harga serta pengoptimalan UPT terus dilakukan sebagai upaya memperkuat integrasi dalam industri mebel," terangnya.

Menurut Gati, teknologi dan inovasi juga diperlukan untuk menambah kreasi dan variasi pada produksi mebel agar dapat meningkatkan daya saing ekspor Indonesia. "Dalam hal ini, Ditjen IKM juga mendukung promosi dan pemasaran produk IKM furniture," imbuhnya.

Dalam lima tahun terakhir, Kemenperin telah memfasilitasi sejumlah 32 IKM untuk mengikuti pameran luar negeri dan 39 IKM untuk mengikuti pameran dalam negeri. "Tujuannya untuk mendongkrak nilai ekspor dan mempertinggi peluang 'buyer' dan konsumen melakukan temu bisnis secara langsung," sebut Gati.

Sebelumnya, Pemerintah bertekad memacu pengembangan industri mebel dan kerajinan nasional melalui penguatan koordinasi di lintas kementerian dan lembaga. Langkah sinergis yang dilakukan, antara lain untuk menjamin ketersediaan bahan baku, memberikan insentif untuk meningkatkan ekspor dan mendorong investasi di sektor yang berbasis hasil hutan tersebut.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…

Kerjasama di Hanover Messe

Jumat, 26 April 2024 - 10:14 WIB

Indonesia Jalin 13 Perjanjian Kerja Sama Industri Senilai Lebih dari Rp5 Triliun di Hannover Messe 2024

Keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2024 bertujuan untuk mewujudkan kerja sama industri dan penanaman modal asing. Pada penyelenggaraan ajang pameran industri terkemuka dan berpengaruh…

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

Jumat, 26 April 2024 - 09:59 WIB

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global kembali menghadirkan J&T Connect Run setelah menuai kesuksesan di tahun pertamanya pada 2023 lalu. Masih mengusung tema "Run Together, Share…

[Kiri ke kanan] Royke Tobing - Direktur Cyber Intelligence PT Spentera, Haliwela - Direktur R & D PT Spentera, Marie Muhammad - Direktur Operasional Eksternal PT Spentera, Thomas Gregory - Direktur Operasi Internal PT Spentera

Jumat, 26 April 2024 - 09:50 WIB

Spentera Bantu Penguatan Keamanan Siber Pada Infrastruktur Informasi Vital Indonesia dalam Menghadapi Ancaman Siber

Kejahatan siber merupakan masalah serius yang dapat menyerang baik individu maupun institusi. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menyebutkan bahwa terjadi peningkatan…

ASABRI mengikuti edukasi keterbukaan informasi publik

Jumat, 26 April 2024 - 09:45 WIB

ASABRI Komitmen Dukung Keterbukaan Informasi Publik

ASABRI bersama 5 BUMN Lainnya yaitu Indonesia Re, Indonesia Financial Group (IFG), Perum Bulog, Danareksa, dan MIND.ID, hadir dalam penyelenggaraan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik…