Nurhaida : Memburu Target 180 Emiten Hingga 2020

Oleh : Dhiyan W Wibowo | Minggu, 30 Juli 2017 - 17:47 WIB

Nurhaida Wakil Ketua OJK (Foto Ist)
Nurhaida Wakil Ketua OJK (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Nurhaida merupakan satu-satnnya wanita sekaligus incumbent yang berhasil kembali memperpanjang jabatannya sebagai anggota komisioner OJK.

Wanita kelahiran Padang Panjang Sumatera Barat, 27 Juni 1959 tersebut berhasil menekuk mantan koleganya saat di Bapepam-LK, Arif Baharudin di putaran final pemilihan komisioner OJK dalam voting yang digelar Komisi XI DPR-RI pada tanggal 8 Juni 2017 lalu.

Kemenangan Nurhaida dilatari keberhasilannya meningkatkan kepercayaan masyarakat berinvestasi di Pasar Modal Indonesia.

Dibawah kendalinya sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK, dalam lima tahun terakhir OJK memang cukup gencar melakukan pendalam pasar (market deepening).

Bukan hanya menambah investor baru tetapi juga meningkatkan jumlah emiten dan produk yang diperdagangkan di pasar modal.

Ketika kembali menjabat Nurhaida berkomitmen untuk melanjutkan program tadi. Ini yang membuat para anggota Komisi XI terpukau dan memilihnya kembali dengan perolehan suara yang meyakinkan.

Saat fit and propert testdi hadapan anggota Komisi XI DPR-RI, wanita yang selama kariernya malang melintang sebagai birokrat di Bapepam-LK ini menyodorkan presentasi berjudul Arah pengembangan pasar modal Indonesia.

Dalam paparan yang berlangsung pada saat seleksi, Nurhaida menyampaikan sejumlah target capaian pengembangan pasar modal dalam 5 tahun ke depan.

Target tersebut terdiri dari penambahan minimal 180 emiten baru, serta penambahan 12 efek beragun aset (EBA) dan Dana Investasi Real Estat (DIRE) baru.

"Saya optimistis ini akan tercapai. Sampai dengan Mei 2017, sudah ada 13 emiten baru. Ke depan proses IPO akan dipercepat," paparnya.

Selain itu, Nurhaida menargetkan terjadi penambahan 20.000 Wakil Perantara Pedagang Efek dan Wakil Agen Penjual Efek Reksa Dana, 1.000 Agen Perantara Pedagang Efek, 200 Agen Penjualan Efek Reksa Dana dan Gerai Reksa Dana, serta 50 izin pendirian Lembaga Pendidikan Khusus di bidang pasar modal.

"Diharapkan pada 2022 jumlah investor pasar modal meningkat menjadi 5 juta investor dengan wilayah penyebaran yang lebih merata," ujar alumnus jurusan Teknik Kimia Tekstil pada Institut Teknologi Tekstil Bandung tahun 1985, serta pemegang gelar MBA dari Indiana University, Bloomington, Indiana, Amerika Serikat pada tahun 1995.

Sebagai catatan, Nurhaida mulai menapaki karier di Bapepam-LK sebagai staf hingga berhasil mencapai posisi tertinggi di instansi tersebut sebagai Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) sejak Februari 2011.

Sebelumnya Dia menjabat sebagai Kepala Biro PKP Sektor Riil-Bapepam pada 12 Mei 2006 sampai dengan September 2008. Ia kemudian digeser menjadi kepala Biro Transaksi dan Lembaga Efek pada September 2008-21 Januari 2011.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…