Wika-Kajima Jepang Sepakat Tingatkan Sektor Infrastruktur

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 24 Juli 2017 - 09:29 WIB

Ilustrasi Kereta Cepat (Ist)
Ilustrasi Kereta Cepat (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (Wika) menjalin kerja sama dengan perusahaan konstruksi asal Jepang Kajima Corporation (Kajima) mengembangkan Wika Engineering and Research Institute (WERI)  sebagai upaya meningkatkan kualitas pekerjaan.

Direktur Utama Wika, Bintang Perbowo di Jakarta belum lama ini mengatakan, kerjasama yang sedang dijajaki merupakan bagian dari upaya Wika meningkatkan pengetahuan dan kualitas pengerjaan proyek.

"Kajima selama dikenal di Jepang sebagai perusahaan konstruksi handal. Sebagian besar nuclear power plant, high rise building, bendungan hydropower dan infrastruktur kereta cepat Shinkansen di Jepang dikerjakan oleh Kajima. Karya-karya riset Kajima berperan signifikan dalam proyek-proyek tersebut. Kerjasama ini penting agar Wika juga dapat memperoleh manfaat dari alih teknologi dari Kajima," urai Bintang.

Aspek yang menjadi fokus dalam kerjasama kedua perusahaan adalah teknologi pengukuran tanah, teknologi beton, lingkungan dan energi, jelas Bintang.

Bintang juga mengungkapkan,  dari sisi energi, Wika dan Kajima akan mengembangkan teknologi methane fermentation untuk menghasilkan sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan.

Sedangkan, Executive Vice President Kajima Corporation Masayasu Kayano menyambut baik kerja sama ini, serta menilai kedua perusahaan memiliki semangat yang sama untuk berkembang.

"Wika dan Kajima memiliki DNA yang sama yang menjadi kebanggaan karyawan-karyawannya yaitu selalu berusaha untuk berkembang di berbagai aspek khususnya penelitian dan pengembangan dan juga dalam aspek teknologi," jelas Kayano.

Sesuai dengan nota kesepahaman tersebut, Wika dan Kajima akan membentuk gugus tugas bersama untuk mengkaji dan menyusun rencana-rencana kerjasama kedua perusahaan.

Rencana tersebut meliputi penentuan ruang lingkup potensial untuk bekerjasama, mengidentifikasi teknologi spesifik yang akan diadopsi, dan merumuskan strategi dan skema pemasaran untuk berbagi keuntungan yang diperoleh dari teknologi yang diadopsi.

Bintang berharap kerjasama yang dijajaki dapat membuahkan hasil dan mampu menyatukan kedua perusahaan yang memiiki pengalaman panjang di bidang infrastruktur.

"Kerjasama dengan Kajima akan menjadi akselerasi tumbuhnya WERI sebagai pusat riset dan inovasi teknologi sebagai think tank dalam pengembangan bisnis jangka panjang Wika.

WERI ke depan diharapkan menjadi badan yang terus tumbuh dan aktif memberikan terobosan baru dalam teknologi yang menjadi dasar dalam pemetaan dan pengambilan keputusan WIKA dengan visinya untuk menjadi perusahaan terkemuka di bidang EPC dan investasi di Asia Tenggara. 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…