Ekosistem Fesyen Ramah Lingkungan Hadir di The Green Kosambi Bandung

Oleh : Amazon Dalimunthe | Jumat, 21 Juli 2017 - 09:07 WIB

Salah satu mesin Laser untuk membuat desain Jeans yang ada di Green Kosambi Bandung (istimewa)
Salah satu mesin Laser untuk membuat desain Jeans yang ada di Green Kosambi Bandung (istimewa)

INDUSTRY.co.id - Dinamika perkembangan dunia fesyen begitu cepat berubah dengan tren-tren terbaru yang tentu menuntut masyarakat untuk bijak mengikutinya. Berangkat dari fenomena ini. The Green Kosambi (Greko) Bandung membuka ekosistem dunia fesyen ramah lingkungan yang terintegrasi di dalam satu areal.

“Dalam hitungan bulan, selalu muncul mode fesyen baru. Ini tak lepas dari produktivitas para desainer fesyen lokal yang inovatif merancang baju-baju model baru dan munculnya generasi muda kreatif yang antusias dengan industri fesyen,” kata CEO Greko Francis Dina Kartantya dalam acara ‘Fashion Techology Revolution – New Generation Green Art’ di Bandung.

Lebih lanjut, Francis menerangkan, terkait dengan itu, iia menilai masyarakat sebagai pasar pun semakin cerdas dan berselera tinggi dalam memilih produk fesyen. Namun, di sisi lain, subsektor ini masih mengalami banyak tantangan. “Fesyen lokal masih menjadi anak tiri. Pasar memprioritaskan ruangnya untuk produk-produk impor, sehingga produk fesyen lokal kurang mendapat tempat,” terang Francis .

Menurut Francis, tantangan lain yang tak kalah penting yakni sinergi industri hulu ke hilir mulai dari pabrik tekstil/garmen, perancang busana, hingga ke urusan pasar. “Oleh karena itu, Greko menciptakan ekosistem fesyen dimana produsen mesin, bahan kimia, pabrik tekstil/ garmen, perancang busana, sampai ke market place dan lembaga pendidikan, fotograf, periklanan, hukum, HKI, dan lembaga pembiayaan/perbankan dapat berinteraksi dan bersinergi, “ ungkapnya.

Tujuannya yaitu agar pengembangan pasar produk fesyeb lokal khususnya modest wear dan drnim dapat dibuka lebih luas. Selain itu, agar pengembangan teknologi produksi lokal bisa bersaing di pasar dalam negeri dan global. “Dengan kami menyediakan mesin-mesin baru seperti Jeanologia Laser, Optimum Digital Ultra Wide direct to fabric printing, CAD/CAM pola, mesin-mesin jahit, obras, dan mesin garmen lainnya yang harganya cukup signifikan, kami harapkan dapat membantu para pelaku UKM dan startup yang ingin mendapatkan akses atau belajar terhadap mesin-mesin tersebut tanpa harus mengeluarkan modal untuk membelinya,” paparnya.

Francis menyatakan pihaknya juga akan membimbing para UKM dan startup dari segi teknologi produksi spurcing bahan, branding, promoai, pemasarab dan hukun. “Agar mereka bisa semakin tumbuh dan berkembang usahanya, sehingga mereka kelak bisa menjadi pilar-pilar yang kuat untuk mendukung perekonomian daerah dan nasional, “ harapnya.

Greko tepat hadir di pusat Kota Bandung yang mengusung konsep Lingkungan “Green Living Concept” dengan taman yang begitu nyaman. Gunung Papandayan menjadi salah satu view terindah dari Mall dan Apartement Greko ini. Dekat dengan prapatan lima Bandung, titik pusat kota alun-alun Bandung dan Jln Asia Afrika Bandung, Greko merupakan salah satu investasi properti yang memang menarik.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Fasilitas panel surya di area atap gedung utama kantor PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Pabrik Tuban, sebagai implementasi penggunaan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) untuk mencapai target dekarbonisasi.

Rabu, 01 Mei 2024 - 22:33 WIB

Melalui Operational Excellence, SIG Catatkan Laba Sebesar Rp472 Miliar pada Kuartal I Tahun 2024 di Tengah Kontraksi Permintaan Semen Domestik

Jakarta– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melaporkan kinerja keuangan konsolidasian pada kuartal I tahun 2024 dengan ringkasan sebagai berikut:

Titi Kamal hadir di pameran wisata Arab Saudi yang digelar di Mall Kota Kasablanka Jakarta tanggal 1-5 Mei 2024.

Rabu, 01 Mei 2024 - 21:48 WIB

Arab Saudi Gelar Pameran Wisata, Titi Kamal Beberkan Keseruannya

Sepanjang pameran 'Visit Saudi, Beyond Umrah', penawaran eksklusif dan terbatas diberikan kepada masyarakat Indonesia berupa penerbitan visa ke Arab Saudi dalam waktu 24 jam.

Braveheart Center, Brawijaya Hospital Saharjo.

Rabu, 01 Mei 2024 - 21:10 WIB

Brawijaya Hospital Saharjo Hadirkan BraveHeart Center, Pusat Layanan Jantung, Pembuluh Darah dan Otak

Didukung oleh Tim medis yang berpengalaman serta fasilitas diagnostic yang lengkap, BraveHeart Center, Brawijaya Hospital Saharjo mampu menangani kasus–kasus kompleks pada jantung, pembuluh…

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Nia Niscaya

Rabu, 01 Mei 2024 - 18:50 WIB

Kembali Digelar, Komodo Travel Mart Bakal Dongkrak Sektor Parekraf di Labuan Bajo

Komodo Travel Mart sebuah forum yang mempertemukan buyer dan seller di bidang pariwisata untuk destinasi pariwisata super prioritas Labuan Bajo akan digelar pada 6 hingga 9 Juni 2024 di Labuan…

Pekerja di pabrik keramik (Ist)

Rabu, 01 Mei 2024 - 17:45 WIB

Ini Kelakuan PGN yang Bikin 'Sekakmat' Industri Keramik Nasional

PT Perusahaan Gas Negara atau PGN kembali mengeluarkan surat edaran kepada pelaku industri pengguna gas bumi. Adapun, surat edaran tersebut berkaitan dengan pembatasan pemakaian gas dengan sistem…