Fintech Akseleran Tawarkan Pendanaan Bagi UKM

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 20 Juli 2017 - 13:20 WIB

Ilustrasi fintech. (E+/Emir Memedovski)
Ilustrasi fintech. (E+/Emir Memedovski)

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Perusahaan layanan keuangan berbasis teknologi informasi (financial technogy/fintech) Akseleran menawarkan pendanaan alternatif bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM).

CEO Akseleran Ivan Tambunan mengatakan sektor UKM merupakan tulang punggung bagi perekonomian Indonesia tetapi sayangnya masih terjadi ketimpangan dalam mendapatkan akses ke modal usaha.

"Menyadari hal itu kami ingin menyediakan opsi bagi UKM untuk mendapatkan modal dengan penyertaan saham (equity crowdfunding), melalui platform online ini," ujar Ivan dalam pernyataan resmi yang diterima, Kamis (20/7).

Berdasarkan data di 2013 dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, di Indonesia terdapat lebih dari 57 juta UMKM yang menyerap sekitar enam juta tenaga kerja, dan berkontribusi pada GDP sebesar 58 persen. Tetapi kurang dari delapan juta UMKM tersebut yang memiliki akses pendanaan atau modal.

Sejak resmi beroperasi dari akhir bulan Maret tahun ini, Akseleran telah meluncurkan beberapa kampanye menggalang pendanaan bagi beberapa UKM di Indonesia. Perusahaan layanan keuangan berbasis informasi teknologi (fintech) ini juga telah resmi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sejak peluncurannya, Akseleran telah membantu menggalang dana bagi beberapa UKM antara lain Elleanor Batik yang memproduksi batik nasional, Shop and Drive sebuah UKM yang mendirikan bengkel kendaraan dengan sistem waralaba, serta Hope and Hops yang menawarkan konsep pick and pay.

Ivan menuturkan dalam membangun usaha terkadang memang terhambat dengan tidak adanya modal. Melalui platform Akseleran, pihaknya berharap tidak hanya sekadar memberikan pendanaan, namun juga dapat menyalurkan passion, pengalaman serta konsep unik untuk membangun bisnis.

Di sisi lain dengan maraknya platform yang menawarkan investasi, ia menilai juga sangat penting bagi para pemodal untuk merasa aman dalam berinvestasi.

"Salah satu hal yang kami prioritaskan di Akseleran adalah keamanan berinvestasi bagi para pemodal. Karena itu kami bangga karena telah menjadi salah satu perusahaan berbasis fintech yang resmi terdaftar di OJK, sehingga konsumen dapat selalu terlindungi," ujar Ivan.

Melalui portal daring (online), Akseleran menawarkan keuangan inklusif dengan mengembangkan model bisnis berbasis penyertaan saham. Ini akan memudahkan para pelaku UKM dan memulai untuk menggalang dana tanpa perlu memikirkan beban utang, agunan, atau bunga bank. Untuk bergabung, perusahaan perlu memiliki rencana bisnis yang jelas serta kelayakan secara finansial.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…