Gandeng Standard Chartered, Lotte Mart dan Lotte Shopping Indonesia Perkuat Rantai Pasok

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 20 Juli 2017 - 12:24 WIB

PT Lotte Mart Indonesia dan PT Lotte Shopping Indonesia menggandeng Standard Chartered dalam Early Payment Program
PT Lotte Mart Indonesia dan PT Lotte Shopping Indonesia menggandeng Standard Chartered dalam Early Payment Program

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Guna memberikan kemudahan bagi suppliernya, PT Lotte Mart Indonesia dan PT Lotte Shopping Indonesia menggandeng Standard Chartered dalam ‘Early Payment Program’ sebagai layanan pembayaran lebih awal yang ditawarkan oleh bank kepada seluruh pemasok Lotte untuk menerima dana lebih cepat dibandingkan waktu jatuh tempo invoice.

"Ini bisa meningkatkan fleksibilitas pemasok dalam mengelola arus kas dan modal kerja, sekaligus meningkatkan visibilitas kegiatan perdagangan mereka," Chief Executive Officer Standard Chartered Bank Indonesia, Rino Donosepoetro, dikantornya, Rabu (19/7/2017)

Pemasok Lotte hanya perlu mengisi formulir di Standard Chartered Bank untuk mengikuti program tersebut. Bank akan melakukan verifikasi data dan memberikan persetujuan setelah tujuh hari kerja.

Pemasok yang sudah disetujui mengikuti program ini bisa memilih sendiri waktu pembayaran. Rino mengatakan, pembayaran bisa diambil minimal enam hari setelah tagihan masuk ke sistem bank. "Karena butuh waktu rekonsiliasi untuk menyetujui invoice yang disampaikan," kata dia.

Rino menambahkan  skema Early Payment Program sama seperti program pemberian pinjaman bank kepada pemasok. Untuk itu, pemasok yang ingin mendapatkan pembayaran lebih awal dikenakan bunga 8,18 persen.

Rino optimistis banyak pemasok yang tertarik dengan layanan tersebut. Pasalnya, bunga yang ditawarkan cukup menarik dibandingkan bank lain. Selain itu, Standard Chartered Bank menawarkan kecepatan dan kemudahan proses pengajuan pinjaman ketimbang harus mengurus di bank lain. "Pemasok tidak perlu bikin rekening, jaminan, dan laporan keuangan."

Dia berharap skema tersebut bisa diikuti banyak pemasok usaha kecil dan menengah (UKM). "Pemasok bisa terbantu arus kas dan modalnya sehingga bisa berproduksi lebih banyak," kata Rino.

Presiden Direktur PT Lotte Mart Indonesia dan PT Lotte Shopping Indonesia, Joseph V. Buntaran, mengatakan kerja sama tersebut akan membuat pemasok Lotte merasa aman. "Ada jaminan barangnya pasti dibayar," kata dia.

Pemasok yang sudah percaya pasti akan mengirimkan semua barang yang dibutuhkan Lotte. Tak hanya mengingatkan kredilibitas di mata pemasok, konsumen pun percaya berbelanja di Lotte karena kebutuhan masyarakat selalu tersedia.

Joseph mengatakan peningkatan kredilibitas merupakan salah satu faktor perusahaan ritel berjalan dengan baik. Dia berharap langkah tersebut bisa menguatkan perusahaan di tengah kondisi bisnis yang berat saat ini.

Menurut Joseph, saat ini terdapat sekitar 3.000 pemasok Lotte. Standard Chartered Bank menargetkan setidaknya 100 pemasok Lotte bisa mengikuti layanan Early Payment Program akhir tahun ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Jumat, 26 April 2024 - 06:47 WIB

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Grup RS Siloam, National University of Singapore (NUS) Yong Loo Lin School of Medicine, dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN) menjalin kerjasama strategis untuk memajukan penelitian…

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Jumat, 26 April 2024 - 06:39 WIB

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri agenda halalbihalal Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) di Jakarta, Kamis (25/4). Hadir mendampingi Menteri…

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.