BEI Akui Terjadinya Gangguan Teknis Sistem JATS

Oleh : Abraham Sihombing | Kamis, 20 Juli 2017 - 12:27 WIB

Bursa Efek Indonesia (Foto Rizki Meirino)
Bursa Efek Indonesia (Foto Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Pihak Bursa Efek Indonesia (BEI) mengakui adanya gangguan teknis pada sistem JATS ketika perdagangan saham berlangsung pada Kamis (20/07/2017) pada pukul 10:59 waktu JATS (Jakarta Automated Trading System).

Dalam pernyataan tertulis, Kamis (20/07/17), Hani Ahadiyani, P.H. Kepala Divisi Komunikasi Perusahaan BEI, mengemukakan, sebagai upaya untuk memulihkan layanan kepada Anggota Bursa dan Partisipan, BEI telah mengupayakan perbaikan.

“Pada pukul 11:04 waktu JATS, perdagaakan ngan telah berjalan normal seperti biasa tanpa ada perubahan jadwal perdagangan,” tulis Hani.

Hani menambahkan, jika diperlukan, pemberitahuan selanjutnya akan disampaikan oleh pihak BEI melalui situs BEI, http://www.idx.co.id/

Sepanjang Juli 2017, BEI telah mengalami dua kali gangguan. Sebelumnya gangguan juga terjadi pada perdagangan Senin (10/07/2017) yang mengakibatkan terjadinya keterlambatan dimulainya perdagangan saham di BEI. Akan tetapi, gangguan tersebut bukan disebabkan oleh adanya kerusakan di jaringan online BEI akibat serangan siber (Cyber Attack), tetapi karena gangguan pada sistim data feed yang terhubung kepada para broker. Sementara itu, kondisi sistem untuk mendukung transaksi perdagangan BEI pada pagi hari tersebut tidak bermasalah dan tetap stabil.

“Gangguan datang dari sistem data feed yang tidak bisa terhubung ke para broker di awal perdagangan tadi pagi. Jika kondisi normal, sistem itu biasanya dapat menghubungkan data feed tersebut kepada para broker yang ingin melakukan transaksi perdagangan pada pagi ini secara serentak,” ujar Tito Sulistiyo, Direktur Utama BEI, dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (10/07/2017).

Tito mengemukakan, karena adanya peraturan perdagangan jika sistem data feed tersebut dalam waktu 15 menit tidak bisa terhubung dengan sedikitnya 30 broker yang akan melakukan transaksi, maka perdagangan harus dihentikan selama 1 jam.

“Karena itu, pihak bursa menghentikan perdagangan di awal pekan ini selama satu jam. Selain demi kepatuhan terhadap peraturan, waktu selama 60 menit itu kami gunakan untuk mengecek kesiapan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan online trading. Kami dari pihak Bursa Efek Indonesia memohon maaf atas kejadian ini dan berjanji akan terus berusaha agar hal-hal semacam ini tidak akan terjadi lagi kedepan,” ungkap Tito.

Ketika ditanyakan mengenai kerugian yang timbul akibat masalah ini, Tito mengatakan,”Kami tidak membicarakan mengenai kerugian karena semua transaksi perdagangan sebelum terjadinya gangguan pada sistem online trading tersebut diakui dan disimpan dalam sistem JATS (Jakarta Automated Trading System-red).”

Tito menjelaskan, transaksi perdagangan yang terjadi sebelum dan sesudah gangguan sistem online pada pagi hari ini akan terus berlanjut dan terus diawasi oleh divisi pengawasan perdagangan Bursa Efek Indonesia.

“Tetapi seluruh penawaran jual dan permintaan beli yang belum match pada open order akan dihapus oleh sistem JATS. Sedangkan acuan harga untuk perdagangan efek yang bersifat ekuitas yang dimulai pada pukul 10.00 wakt JATS tetap menggunakan harga penutupan pada perdagangan Jumat (07/07/2017) pekan lalu,” pungkasnya. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…