Penyaluran Kredit Perbankan ke Koperasi Lewat Linkage Perlu ditingkatkan

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 19 Juli 2017 - 10:09 WIB

Penyaluran Kredit Perbankan ke Koperasi Lewat Linkage Perlu ditingkatkan (Foto Fadli)
Penyaluran Kredit Perbankan ke Koperasi Lewat Linkage Perlu ditingkatkan (Foto Fadli)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Kementerian Koperasi dan UKM menilai program kemitraan perbankan dengan koperasi melalui Linkage Program selama ini berjalan lancar, terbukti dengan rendahnya Non Performing Loan (NPL) atau kredit bermasalah, yang tercatat melalui Linkage Program antara perbankan dengan koperasi. 

Sebagai contoh data terakhir menunjukan NPL Lingkage Program di Bank Jabar Banten (BJB) kredit linkage melalui koperasi hanya 1,07 persen atau jauh dibawah batas maksimum 5,0 persen," kata Sekretaris Kemenkop dan UKM Agus Muharram, dalam Gathering Kemitraan Koperasi 2017 di Jakarta Selasa (18/7/2017).

Agus menjelaskan, Gathering Kemitraan Koperasi dengan perbankan yang digagas Bank BJB ini dimaksudkan untuk mengevaluasi Linkage Program  selama ini, dimana perbankan menyalurkan kredit ke koperasi untuk selanjutnya diteruskan oleh koperasi kepada para anggotanya.

" Linkage Program ini terbukti berjalan baik, koperasi bisa menyalurkan kredit ke anggota, dan anggota koperasi bisa menngembangkan usahanya. Dengan demikian diharapkan terjadi peningkatan kesejahteraan anggota," kata Agus.

Sesmenkop dan UKM menilai suku bunga  yang disalurkan lewat linkage program ini cukup kompetitiif. Namun demikian diharapkan bisa lebih rendah lagi sehingga koperasi dan para anggotanya bisa lebih dapat berdaya saing dalam menyelenggarakan usahanya " Demikian juga  dengan volumenya, saya kira masih bisa ditambah ata u ditingkatkan lagi," ujarnya.

Sementara itu Dirut Bank BJB Ahmad Irfan mengatakan Bank BJB sangat memperhatikan perkembangan Koperasi dan UKM dan menjadikan keduanya sebagai mitra dalam berkembang bersama.

Dalam Harkopnas ke 70 di Makassar minggu lalu,  Bank BJB mengikuti secara aktif dan memperkenalkan produk kredit kepada koperasi, dan meningkatkan portofolio Lingkage Program dengan koperasi.

Dalam peringatan  Harkopnas itu Bank BJB juga melakukan MoU dengan Dekopin Dewan Koperasi Indonesia) dan menandatangani penyaluran kredit kepada Koperasi Sahabat Mitra Sejati dan Koperasi Awak Pesawat Garuda.  (Ahmad Fadli)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…