Seabad Konglomerasi BUMN Menjadi Kekuatan Ekonomi Nomor Empat Sedunia

Oleh : Herry Barus | Rabu, 19 Juli 2017 - 07:20 WIB

Christianto Wibisono dari Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI) dan Analis Bisnis Terkemuka di Indonesia (Foto Ist)
Christianto Wibisono dari Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI) dan Analis Bisnis Terkemuka di Indonesia (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Peta inkorporasi BUMN menyongsong pemberdayaan BUMN pada tahun 2045 yang merupakan pilar andalan ekonomi Indonesia.  BUMN menjadi kekuatan ekonomi nomor empat sedunia dalam kualitas abad 2045 Seabad Indonesia.

Kalkulasi PDBI atas total asset 119 BUMN Indonesia senilai kurang lebih  Rp7,000 Triliun bila direvaluasi dan dikonsolidasi dalam 4 super holding BUMN masing-masing berkelas  Rp2,000 Triliun, dapat menjalankan misi khusus kompetitif yaitu: “Pemindahan ibukota Jakarta dalam 5 tahun tanpa APBN, melainkan dengan leverage ilmu ruilslag gedung-gedung di Jakarta dengan pembangunan ibukota baru”.

Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI) menyelenggarakan seminar dengan tema Seabad Konglomerasi Indonesia, pada Rabu (19/7/2017) bertempat di President Executive Lounge Menara Batavia Jakarta.

Tampil sebagai pembicara diantaranya Christianto Wibisono (PDBI),  Mohammad Yudayat (Dirut PT Perkebunan Nusantara V), Dr, Aloysius K. Ro, MBA, AK (Kementerian BUMN), Iman Rachman (Direktur Keuangan Pelindo II),  Drs. Bob Tyasika Ananta, MBA (Direktur Perencanaan dan Operasional PT BNI)

Rekomendasi pembentukan BUMN Generasi V yaitu konsolidasi multi-sektoral 119 BUMN menjadi 4 konsortium setara yang masing-masing memiliki bank, asuransi, kontraktor, perkebunan, industri dan jasa.

Usulan ini merupakan alternatif dari pendekatan pemerintah saat ini yang menempuh jalur merger secara sektoral seperti merger 15 PTP menjadi 1, serta semen, pupuk, dan kertas. Bila Indonesia sukses memiliki dan mengelola 4 “super-Temasek” sejajar dengan China Inc. yang memiliki 4 bank raksasa Tiongkok kelas global, atau “sogo-sosha” Japan Inc. & Korea Inc., maka potensi percepatan pembangunan kekuatan ekonomi Indonesia Inc. terlihat cerah.

Seperti telah diberitakan sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berkunjung ke Bursa Efek Indonesia belum lama ini mendorong dilakukannya penjualan saham umum perdana (initial public offering) atau IPO) oleh anak-anak perusahaan BUMN.

“Kita mendorong terutama anak-anak perusahaan BUMN agar juga bisa segera listing (pencatatan saham) karena kita butuh pembiayaan yang besar untuk membangun infrasktruktur, tidak mungkin semuanya dilakukan dengan peminjaman,” jelas Presiden.

Sebelumnya, Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN Aloysius K Ro mengatakan bahwa sejumlah anak usaha BUMN sedang menunggu hasil audit laporan keuangannya dalam rangka pelaksanaan IPO di BEI.

"Sebagian besar yang IPO adalah anak usaha BUMN yang sahamnya sudah tercatat di BEI (Tbk.). Kita tunggu saja, nanti diumumkan emiten itu sendiri selaku pemegang saham," katanya.

Sepanjang 2017, terdapat tujuh perusahaan yang sahamnya telah resmi dicatatkan di BEI, yakni PT Pelayaran Tamarin Samudra Tbk., PT Cahayasakti Investindo Sukses Tbk., PT Sariguna Primatirta Tbk.

Selain itu, PT Sanurhasta Mitra Tbk., PT Forza Land Indonesia Tbk., PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma Tbk., dan PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…