Modernisasi Koperasi Mutlak Diperlukan

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 13 Juli 2017 - 21:07 WIB

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram
Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram

INDUSTRY.co.id, Makassar- Pengembangan wajah koperasi ke depan diarahkan kepada koperasi yang berkualitas dan dikelola secara modern.

" Setelah melalui tahap rehabilitasi dan reorientasi, maka pengembangan koperasi ke depan diarahkan menuju koperasi berkualitas yang dikelola secara modern, atau modernisasi koperasi, sehingga koperasi bisa setara dengan swasta maupun BUMN," kata Sekretaris Kemenkop dan UKM Agus Muharram, mewakili Menkop Puspayoga dalam Kongres Koperasi ke -3 di Makassar, Kamis (13/7).

Agus menjelaskan langkah-langkah modèrnisasi koperasi dan kesetaraan itu sudah dimulai dan akan terus dilakukan mengantisipaai dinamika ekonomi yang berjalan cepat.

" Saat ini untuk pendirian dan pengesahan koperasi bisa dengan sistem online dimana dalam dua hari selesai. Lalu RAT ( Rapat Anggota Tahunan) juga bisa dilakkukan secara elektronik," katanya.

Langkah menuju kesetaraan, juga dilakukan antara lain dengan langkah Kemenkop UKM menjalin kerjasama dengan Kementerian terkait, menyiapkan koperasi untuk dapat mengelola lahan obyek reformasi agraria. Dalam hal ini Kemenkop UKM telah menyiapkan 42 koperasi di 9 propinsi untuk bisa memanfaatkan lahan reformasi agraria. 

Di bidang regulasi, Kemenkop UKM juga melakukan kajian peraturan peraturan apa yang menghambat perkembangan koperasi.

" Misalnya dalam keuangan, dimana koperasi dalam UU koperasi yang baru, dimungkinkan membuat lembaga penjaminan simpanan seperti yang ada di perbankan," ujarnya.

Kenapa perbankan bisa maju pesat? karena  simpanan nasabahh di bank dijamin LPS dengan maksimum pinjamman Rp 2 miliar. Sementara dana simpanan anggota koperasi di KSP/USP, jaminannya  hanya berupa trust ( kepercayaan) pada pengurus. "Itu yang antara lain membuat KSP kalah saing dengan perbankan," tambahnya.

Terkait Kongres Koperasi, Agus berharap agar Kongres tak perlu banyak menghasilkan rekomendasi,  maksimal 10 saja, namun lengkap dengan rencana aksi atau. MTAP ( medium term action plan).

Dengan rekomendasi tersebut, nantinya akan dijadikan bahan masukkan bagi pemerintah dalam pengembangan dan pemberdayaan koperasi.

Menurut Agus, Kongres Koperasi ke - 3 ini sangat penting karena dihadiri oleh seluruh anggota Dewan Koperasi Indonesia dari daerah [Dekopinda], Dekopinwil [tingkat provinsi], maupun induk-induk koperasi, Perguruan Tinggi dan asosiasi pengusaha.

Momentum Kongres yang dihadiri 1.000 peserta ini harus bisa dimanfaatkan dengan baik dalam merumuskan arah kebijakan koperasi ke depan. 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Jumat, 26 April 2024 - 06:47 WIB

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Grup RS Siloam, National University of Singapore (NUS) Yong Loo Lin School of Medicine, dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN) menjalin kerjasama strategis untuk memajukan penelitian…

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Jumat, 26 April 2024 - 06:39 WIB

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri agenda halalbihalal Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) di Jakarta, Kamis (25/4). Hadir mendampingi Menteri…

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.