Ini Perbedaan Sambutan Kunjungan Raja Salman dan Barack Obama di Bali

Oleh : Ahmad Fadli | Sabtu, 24 Juni 2017 - 12:28 WIB

Barack dan Michelle Obama (Foto Ist)
Barack dan Michelle Obama (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id, Bali - Presiden Amerika Serikat (AS) ke-44, Barack Obama, beserta istri dan kedua anaknya telah tiba di Bandara Ngurah Rai Bali dengan menggunakan pesawat jet jenis Gulsftream, sekitar pukul 18.52 WITa, Jumat (23/6). Patroli yang berjaga langsung mengantarkan Obama dan rombongan menuju Four Seasons Resort di Ubud, Gianyar.

Meski berstatus salah nama besar yang paling dikenal dunia, penyambutan Obama terlihat biasa saja. Obama sendiri memang menginginkan kedatangannya tidak disambut dengan upacara maupun prosesi yang meriah.

Liburan di Bali 6 Hari, Selanjutnya Obama ke Yogyakarta

Bali memang dikenal sebagai destinasi wisata pilihan banyak wisatawan dunia, baik pejabat maupun selebritas. Beberapa waktu yang lalu, Raja Arab Saudi, Salman Abdulaziz al-Saud, juga menyempatkan diri berlibur di pulau yang berjuluk Pulau Dewata tersebut.

Danlanud Kolonel Penerbang Wayan Superman mengatakan bahwa ada sedikit perbedaan antara kedatangan Obama dan Raja Salman, meski keduanya sama-sama menyandang status tamu VVIP.

Perbedaan yang paling terlihat mata adalah jumlah rombongan yang dibawa. Jika Raja Salman membawa rombongan yang begitu banyak, Obama hanya datang bersama belasan orang termasuk keluarganya.

"Waktu Raja Salman datang dengan jumlah rombongan yang besar," kata Superman, Jumat (24/6).

Selain itu, kedatangan pesawat Raja Salman di Bandara Ngurah Rai sempat mengakibatkan terhentinya sejumlah kegiatan penerbangan komersial. Ketika Obama datang, penerbangan komersial berjalan seperti biasa.

Kedatangan Raja Salman sebagai Kepala Negara disambut dengan atraksi dan tarian adat setempat. Sementara itu, Obama yang datang sebagai mantan presiden AS tidak disambut dengan atraksi-atraksi serupa.

Rencananya, Obama akan berada di Bali hingga 28 Juni dan akan bertolak menuju Yogyakarta. Akan tetapi, kunjungan Obama ke Kota Gudeg tersebut masih menunggu konfirmasi lebih lanjut. Obama juga akan menjadi pembicara di Konvensi Diaspora Indonesia pada tanggal 1 Juli 2017 mendatang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panasonic memperagakan cara penggunaan Lampu Solar Panel yang menggunakan tenaga cahaya Matahari di Cianjur

Jumat, 26 April 2024 - 12:39 WIB

Panasonic Serahkan Lampu Surya Panel ke Terdampak Gempa Cianjur

PT Panasonic Gobel Indonesia memberikan bantuan Lampu Surya Panel atau lampu berbahan bakar sinar matahari ke masyarakat terdampak gempa di Desa Sarampad, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Direktur Industri Kimia Hulu (Direktur IKHU), Wiwik Pudjiastuti

Jumat, 26 April 2024 - 11:32 WIB

Masih Banyak Sentimen Negatif, Kemenperin Tegaskan Impor PE dan PP Tak Perlu Pertimbangan Teknis

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

SIAM 2024 Maroko

Jumat, 26 April 2024 - 11:20 WIB

Kemenperin Perkenalkan Produk Mesin Pertanian Indonesia Kepada Pelaku Bisnis Maroko di SIAM Menkes 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat, Maroko menggelar The Indonesia – Morocco Business Forum on Strengthening Industrial Cooperation dalam…

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…

Kerjasama di Hanover Messe

Jumat, 26 April 2024 - 10:14 WIB

Kemenperin: Indonesia Raih 13 Perjanjian Kerja Sama Industri Senilai Lebih dari Rp5 Triliun di Hannover Messe 2024

Keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2024 bertujuan untuk mewujudkan kerja sama industri dan penanaman modal asing. Pada penyelenggaraan ajang pameran industri terkemuka dan berpengaruh…