Djarot Bakal Terapkan Sistem Ganjil-genap untuk Motor

Oleh : Irvan AF | Rabu, 21 Juni 2017 - 20:26 WIB

Ilustrasi angkutan motor saat Lebaran. (Ulet Ifansasti/Getty Images)
Ilustrasi angkutan motor saat Lebaran. (Ulet Ifansasti/Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana memberlakukan kebijakan plat nomor ganjil genap untuk kendaraan sepeda motor yang melintas di wilayah ibu kota.

"Mengenai aturan ganjil genap untuk sepeda motor, sekarang harus kami kaji dulu. Kami harus pertimbangkan kemungkinan-kemungkinannya," kata Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu.

Menurut mantan Wali Kota Blitar itu, kajian tersebut dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya. Sebelum benar-benar diterapkan, semua aspeknya harus dipertimbangkan terlebih dahulu.

Saat ini, dia mengatakan jumlah sepeda motor yang lalu-lalang di wilayah DKI Jakarta sudah terlalu banyak, sehingga penggunaannya harus segera dikendalikan sebelum jumlahnya terus bertambah banyak.

"Jumlah sepeda motor di Jakarta sekarang ini sudah terlalu banyak. Jadi, harus dikendalikan penggunaannya. Aturan ganjil genap itu kan sudah lebih dulu diterapkan untuk mobil. Selanjutnya tinggal diterapkan untuk sepeda motor," ujar Djarot.

Lebih lanjut, dia menuturkan keberadaan sepeda motor saat ini sudah menjadi salah satu penyebab terjadinya kemacetan arus lalu lintas di Kota Jakarta. Oleh karena itu, jumlah sepeda motor harus mulai dibatasi.

Selain mengurangi kemacetan arus lalu lintas, dia mengungkapkan tujuan pemberlakuan aturan ganjil genap untuk sepeda motor adalah mengurangi penggunaan kendaraan pribadi di wilayah ibukota.

"Sebetulnya tujuan penerapan ganjil genap untuk motor itu sudah jelas. Sama halnya seperti mobil, yaitu untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Namun yang penting sekarang harus dikaji dulu mengenai rencana penerapannya," ungkap Djarot.(ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:40 WIB

OTT di Lapas Sukamiskin Hanya Puncak Gunung Es

Pengamat hukum Margarito Kamis menilai terjadinya OTT KPK terhadap kalapas Sukamiskin menunjukkan sistem yang bekerja di Kementerian Hukum dan HAM berjalan tidak baik.

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:20 WIB

Kasus Suap di Lapas Sangat Logis Atasannya Mengetahui

Pakar hukum pidana Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar menyatakan berulang kali kasus suap di dalam lembaga pemasyarakatan terbongkar hingga sangat logis pejabat atasannya sebenarnya sudah…

Film Aquaman (Foto: Warner Bros)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:00 WIB

Segera Tayang, Ini Penampakan Superhero DC Aquaman

Warner Bros telah merilis poster film superhero terbaru Aquaman. film ini akan dirilis akhir tahun mendatang yang akan menyuguhkan film superhero terbaru dari DC.

Wahid Husein Kapalaps Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:00 WIB

Wahid Husein Kalapas Sukamiskin Diduga Minta Mobil Secara Gamblang

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menyatakan permintaan, mobil, uang, dan sejenisnya oleh Kepala Lapas Sukamiskin Bandung Wahid Husein diduga secara gamblang.

 Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (kmps)

Minggu, 22 Juli 2018 - 19:18 WIB

Penerapan Mata Uang Digital Masih Perlu Kajian

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menjelaskan perubahan gaya hidup masyarakat dan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, telah membuat menjamurnya bisnis berbasis digital yaitu…