Menperin : Pemerintah Terus Dorong Realisasi Investasi Industri di Luar Jawa

Oleh : Ridwan | Selasa, 20 Juni 2017 - 04:22 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah terus dorong pertumbuhan industri, tidak hanya di Pulau Jawa. Sudah saatnya pemerintah mendorong realisasi investasi industri ke luar Pulau Jawa.

Pemerintah mendorong pemerataan pembangunan industri, terutama di luar Pulau Jawa dalam upaya mewujudkan Indonesia sentris. Apalagi, sektor industri memiliki multiplier effect yang strategis dalam perekonomian nasional.

"Inisiasi pemerintah itu dijalankan dengan meningkatkan penciptaan inovasi di lembaga penelitian dan pengembangan yang tersebar di berbagai daerah," ungkap Airlangga Hartarto di Jakarta (19/6/2017).

Ia menambahkan, saat ini industri memegang peranan penting dalam perekonomian nasional. Pada kuartal I tahun 2017, sektor industri pengolahan memberikan kontribusi sebesar 20,48 persen terhadap total produk domestik bruto (PDB) nasional. "Sedangkan, 18,08 persen PDB disumbang dari kinerja industri pengolahan nonmigas," terangnya.

Sektor industri pengolahan nonmigas pada tahun lalu tumbuh dibawah pertumbuhan ekonomi nasional, yaitu sebesar 4,42 persen. Tetapi, tren pertumbuhan manufaktur terus membaik dengan realisasi pertumbuhan sebesar 4,71 persen pada kuartal I tahun 2017.

"Perbaikan kinerja manufaktur itu berjalan pararel dengan kinerja ekspor hasil manufaktur yang naik 19,93 persen pada kuartal I tahun 2017," ucap Menperin.

Menurut Airlangga, pertumbuhan industri pada kuartal I ditopang oleh melesatnya pertumbuhan sejumlah sektor industri seperti, sektor industri kimia dan farmasi yang tumbuh 8,34 persen, industri makanan dan minuman tumbuh 8,15 persen, serta industri karet dan plastik sebesar 7,52 persen.

"Ini adalah momentum yang baik dan perlu ditingkatkan agar target pertumbuhan industri sebesar 5,4 persen di tahun 2017 dapat tercapai," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi dalam sambutannya saat Rembuk Nasional 2017 (Foto Ist)

Selasa, 24 Oktober 2017 - 03:51 WIB

Kebanyakan Regulai Menumpuk Hambat Kecepatan Pembangunan

Presiden Joko Widodo menjelaskan kebanyakan regulasi yang bertumpuk memiliki potensi tumpang tindih sehingga rentan menghambat kecepatan pembangunan Indonesia.

Ilustrasi Anggota Polri/ Brimob (Foto Ist)

Selasa, 24 Oktober 2017 - 03:41 WIB

Upaya Pemberantasan Korupsi Bisa Dimulai dari Internal Polri Secara Menyeluruh

Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Busyro Muqoddas meragukan kesiapan Polri terkait dengan rencana membentuk Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi.

Miryam S. Haryani. (Foto: IST)

Selasa, 24 Oktober 2017 - 03:34 WIB

Anggota DPR Miryam S Haryani Dituntut 5 Tahun Penjara

Mantan anggota Komisi II DPR dari Fraksi Partai Hanura Miryam S Haryani dituntut 8 tahun penjara ditambah denda Rp300 juta subsider 6 bulan kurungan karena dinilai terbukti melakukan tindak…

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian

Selasa, 24 Oktober 2017 - 03:28 WIB

Kapolri Tito Klarifikasi Pemberitaan Soal Korban Pemerkosaan

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengadakan pertemuan dengan 18 organisasi aktivis pemerhati perempuan, didampingi oleh sejumlah pejabat Mabes Polri untuk melakukan klarifikasi atas sebuah…

Workshop Pengendalian dan Pengawasan Koperasi Bagi Aparatur Kabupaten/Kota di Jawa Timur, di Kota Batu, Malang, Senin (23/10).

Senin, 23 Oktober 2017 - 22:24 WIB

Pemerintah Awasi 12 Koperasi Bermasalah Ini

Saat ini, Kementerian Koperasi dan UKM tengah mengawasi dan mewaspadai keberadaan 12 koperasi bermasalah dan melakukan praktik menyimpang.