Menperin : Pemerintah Terus Dorong Realisasi Investasi Industri di Luar Jawa

Oleh : Ridwan | Selasa, 20 Juni 2017 - 04:22 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah terus dorong pertumbuhan industri, tidak hanya di Pulau Jawa. Sudah saatnya pemerintah mendorong realisasi investasi industri ke luar Pulau Jawa.

Pemerintah mendorong pemerataan pembangunan industri, terutama di luar Pulau Jawa dalam upaya mewujudkan Indonesia sentris. Apalagi, sektor industri memiliki multiplier effect yang strategis dalam perekonomian nasional.

"Inisiasi pemerintah itu dijalankan dengan meningkatkan penciptaan inovasi di lembaga penelitian dan pengembangan yang tersebar di berbagai daerah," ungkap Airlangga Hartarto di Jakarta (19/6/2017).

Ia menambahkan, saat ini industri memegang peranan penting dalam perekonomian nasional. Pada kuartal I tahun 2017, sektor industri pengolahan memberikan kontribusi sebesar 20,48 persen terhadap total produk domestik bruto (PDB) nasional. "Sedangkan, 18,08 persen PDB disumbang dari kinerja industri pengolahan nonmigas," terangnya.

Sektor industri pengolahan nonmigas pada tahun lalu tumbuh dibawah pertumbuhan ekonomi nasional, yaitu sebesar 4,42 persen. Tetapi, tren pertumbuhan manufaktur terus membaik dengan realisasi pertumbuhan sebesar 4,71 persen pada kuartal I tahun 2017.

"Perbaikan kinerja manufaktur itu berjalan pararel dengan kinerja ekspor hasil manufaktur yang naik 19,93 persen pada kuartal I tahun 2017," ucap Menperin.

Menurut Airlangga, pertumbuhan industri pada kuartal I ditopang oleh melesatnya pertumbuhan sejumlah sektor industri seperti, sektor industri kimia dan farmasi yang tumbuh 8,34 persen, industri makanan dan minuman tumbuh 8,15 persen, serta industri karet dan plastik sebesar 7,52 persen.

"Ini adalah momentum yang baik dan perlu ditingkatkan agar target pertumbuhan industri sebesar 5,4 persen di tahun 2017 dapat tercapai," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: Istimewa)

Senin, 21 Agustus 2017 - 07:30 WIB

Sektor Investasi Membaik, China Development Bank Segera Buka Kantor di Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyebut China Development Bank (CDB) akan membuka kantor perwakilan di Indonesia.

Menteri BUMN Rini Soemarno didamping Dirut PT Telkom Alex J Sinaga (Foto Humas)

Senin, 21 Agustus 2017 - 07:24 WIB

Menteri Rini: Balkondes Dielola PT Telkom Masih Terbaik

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) yang dikembangkan PT Telkom Indonesia Tbk di Desa Tuksongo masih yang terbaik dibanding Balkondes yang dibangun sejumlah…

Menteri BUMN Rini Soemarno bersama sejumlah Dirut BUMN (Foto Humas)

Senin, 21 Agustus 2017 - 07:10 WIB

Menteri Rini Pastikan 18 Balkondes Beroperasi Akhir Tahun Ini

Menteri BUMN Rini Soemarno menargetkan 18 Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di kawasan wisata Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yang dikelola perusahaan milik negara itu, bisa beroperasi…

Ilustrasi Bandara

Senin, 21 Agustus 2017 - 06:50 WIB

Menhub Targetkan Bandara Notohadinegoro Jember Tambah 360.000 Penumpang

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan Bandara Notohadinegoro dapat menambah kedatangan penumpang hingga 360.000 orang per tahun pada 2019 setelah bandara tersebut selesai dikembangkan.

Menhub Budi Karya Sumadi tinjau kesiapan bandara Jember (Foto Humas)

Senin, 21 Agustus 2017 - 06:41 WIB

Menhub Dukung Bandara Notohadinegoro Jember Jadi Embarkasi Haji

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mendukung Bandara Notohadinegoro Jember menjadi embarkasi haji antara sesuai dengan keinginan Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur.