Menperin : Pemerintah Terus Dorong Realisasi Investasi Industri di Luar Jawa

Oleh : Ridwan | Selasa, 20 Juni 2017 - 04:22 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah terus dorong pertumbuhan industri, tidak hanya di Pulau Jawa. Sudah saatnya pemerintah mendorong realisasi investasi industri ke luar Pulau Jawa.

Pemerintah mendorong pemerataan pembangunan industri, terutama di luar Pulau Jawa dalam upaya mewujudkan Indonesia sentris. Apalagi, sektor industri memiliki multiplier effect yang strategis dalam perekonomian nasional.

"Inisiasi pemerintah itu dijalankan dengan meningkatkan penciptaan inovasi di lembaga penelitian dan pengembangan yang tersebar di berbagai daerah," ungkap Airlangga Hartarto di Jakarta (19/6/2017).

Ia menambahkan, saat ini industri memegang peranan penting dalam perekonomian nasional. Pada kuartal I tahun 2017, sektor industri pengolahan memberikan kontribusi sebesar 20,48 persen terhadap total produk domestik bruto (PDB) nasional. "Sedangkan, 18,08 persen PDB disumbang dari kinerja industri pengolahan nonmigas," terangnya.

Sektor industri pengolahan nonmigas pada tahun lalu tumbuh dibawah pertumbuhan ekonomi nasional, yaitu sebesar 4,42 persen. Tetapi, tren pertumbuhan manufaktur terus membaik dengan realisasi pertumbuhan sebesar 4,71 persen pada kuartal I tahun 2017.

"Perbaikan kinerja manufaktur itu berjalan pararel dengan kinerja ekspor hasil manufaktur yang naik 19,93 persen pada kuartal I tahun 2017," ucap Menperin.

Menurut Airlangga, pertumbuhan industri pada kuartal I ditopang oleh melesatnya pertumbuhan sejumlah sektor industri seperti, sektor industri kimia dan farmasi yang tumbuh 8,34 persen, industri makanan dan minuman tumbuh 8,15 persen, serta industri karet dan plastik sebesar 7,52 persen.

"Ini adalah momentum yang baik dan perlu ditingkatkan agar target pertumbuhan industri sebesar 5,4 persen di tahun 2017 dapat tercapai," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mendag Enggartiasto Lukita (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 20 April 2018 - 17:48 WIB

Mendag Enggar Jamin Harga Pangan Terkendali Jelang Ramadhan

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menjamin bahwa menjelang masuknya bulan Ramadhan, harga dan stok pangan pokok dalam kondisi yang terkendali dan tidak perlu ada yang dikhawatirkan oleh…

Mantan Direktur Utama Pertamina,Elia Massa Manik (ist)

Jumat, 20 April 2018 - 17:41 WIB

Lima Alasan Kementerian BUMN Copot Dirut Pertamina

- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berdasarkan hasil rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPS LB) PT Pertamina (Persero) di Jakarta, Jumat, mencopot Direktur Utama PT Pertamina…

Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita

Jumat, 20 April 2018 - 17:00 WIB

TEI 2018 Incar Pasar Negara-Negara Afrika

Pameran dagang berskala internasional Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 mengincar peluang pasar yang ada di negara-negara Afrika dengan berupaya mendatangkan banyak pelaku usaha dari negara-negara…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Jumat, 20 April 2018 - 16:57 WIB

Dihadapan Mahasisawa Tandulako, Menperin Dorong Generasi Milenial Jadi Enterpreneur

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto terus mendorong generasi milenial khususnya di Provinsi Palu, Sulawesi Tengah untuk menjadi enterpreneur atau start-up muda.

Mendag Enggartiasto Lukita (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 20 April 2018 - 16:30 WIB

TEI 2018 Targetkan Transaksi 1,5 Miliar Dolar

Ajang pameran dagang terbesar Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 menargetkan total transaksi sebesar 1,5 mliar dolar Amerika Serikat (AS), dan diharapkan mampu meningkatkan kinerja ekspor Indonesia…