Odicoff, Cara Agresif Tingkatkan Ekspor Produk Pertanian

Oleh : Wiyanto | Minggu, 19 Desember 2021 - 16:03 WIB

Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)
Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id-Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mendorong jajaran Kementan untuk melakukan langkah agresif dalam memacu ekspor produk pertanian Indonesia selama tiga tahun ke depan. Salah satunya dengan melakukan akselerasi pada program One Day With Indonesian Coffee Fruits Floricultures (Odicoff).

Program tersebut menurut Mentan diyakini dapat menarik pasar dunia terhadap produk-produk pertanian Indonesia.

"Odicoff itu bisnis forum yang tidak ribet, tidak terlalu formal dan tidak terlalu membutuhkan apapun. Tapi disana ada tasting food dan producti display. Jadi seperti itu ada talkshow dan ada video singkat yang diputarkan tentang produk pertanian indonesia," ujar Mentan, Minggu, 19 Desember 2021.

Odicoff, menurut Mentan digelar di negara-negara besar yang memiliki potensi pembelian produk pertanian Indonesia dalam skala besar. Terakhir, Kementan menghadiri Odicoff di negara-negara Eropa seperti di Denmark dan Belanda.

"Melalui odicoff strategi kita harus lebih agresif. Kita harus menggunakan kekuatan kita sendiri. Alhamdulillah SDM kita di luar negeri juga mau melakukan connecting. Tentu yang saya bilang odicoff itu bukan pameran, odicoff itu lebih banyak kita duduk-duduk minum kopi dan tes rasa kopinya. Kemudian kamu mau bicara apa karena disini ada kementan. Seperti perintah bapak presiden bahwa kementan harus agresif melakukan ekspor," katanya.

Sejauh ini, kata Mentan, ada 10 negara yang yang sudah mengikuti rangkaian Odicoff Indonesia dengan target dan hasil yang sangat memuaskan. Ke depan, Mentan berjanji kegiatan tersebut akan ditambah di lebih dari 30 negara.

"Kita akan kembangkannya menjadi tiga kali lipatlah dan berikutnya akan berkembang lagi di 90 negara, kira-kira begitu lah. Odicoff ini cuma transaksi yang sudah siap, dimana para eksportirnya akan dibawa dan didampingi para dirjen. Kemudian sesudah itu melakukan pertemukan dengan private sektor dan supermarket. Seperti itulah gambaran umumnya," katanya.

Mentan menambahkan, hasil pertemuan pada program Odicoff tersebut sangatlah luar biasa. Tercatat ada banyak negara yang memiliki komitmen kuat untuk berinvestasi di Indonesia.

"Setelah pulang dari kegiatan Odicoff, para dirjen menyampaikan ke saya mereka telah menerima komitmen baru tentang investasi dalam negeri. Jadi orang-orang kaya disana, industriawan disana suka dengan produk Indonesia. Ini kan sejalan dengan program kita (Gratieks)," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…