DPR Imbau Hutan Lindung Dikelola Sesuai 'Agroforestry'

Oleh : Kormen Barus | Senin, 13 Desember 2021 - 22:45 WIB

Hutan
Hutan

INDUSTRY.co.id, Aggota komisi IV DPR RI Endang Setyawati Thohari mengatakan tanah subur yang dimiliki bangsa Indonesia ini harus dikelola sesuai dengan agroforestry. Dengan begitu, pemanfaatan hutan lindung bisa dilestarikan dengan baik, terlebih alih fungsi hutan yang dilakukan memiliki visi untuk kedaulatan pangan.

Demikian dikatakan Endang usai pertemuan Tim Kunspek Komisi IV DPR RI di Desa Cintamanik Karangtengah, Garut, Jawa Barat Sabtu (11/12/2021). Endang menyarankan agar kelestarian hutan dijaga dengan penanaman kembali, bukan hanya di Desa Cintamanik tetapi juga di seluruh Kabupaten Garut.

"Kita harus melihat dan mengetahui tanaman-tanaman yang memiliki akarnya kuat agar penyerapan air dan pendistribusian air harus sesuai dengan lingkungan hidup. Alhamdulillah agroforestry dari Kementerian LHK sudah mulai dan harus ada koordinasi dengan Kementerian Pertanian untuk tanaman hortikultura selain bisa mengembangkan ekspor tetapi juga melestarikan hutan lindung," tutur Endang

Endang juga menekankan bahwa harus ada evaluasi dan komitmen tata ruang dari pemerintah daerah agar jangan mudah terpicu dengan investor asing yang ingin menggali kekayaan alam dengan tidak melalui koridor hukum yang kuat. "Dari kementerian LHK harus ada peraturan-peraturan hukum yang kuat, harus kita ubah brand image kita. Jadi jika ada investor yang tidak melaksanakan peraturan daerah harus ditindak," tegas Endang.

Politisi Fraksi Partai Gerindra ini juga mengimbau agar masyarakat yang tinggal berdampingan dengan hutan lindung harus diajak berunding dan diajak mengerti tentang peraturan daerah serta mengenai pemanfaatan pengelolaan tanah memiliki potensi andalan.

"Sosialisasi itu perlu, semua peraturan saat ini ada di pemda tetapi tidak disosialisasikan makanya kita mendorong ada yang namanya bimbingan teknologi, kita mengundang para kelompok-kelompok tani untuk mengerti bagaimana peraturan daerah yang ada," Pungkas wakil rakyat dapil Jawa Barat III.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.