Ketahui 4 Fakta Unik Wina, Ibukota dari Austria

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 10 Desember 2021 - 11:30 WIB

Wina, Austria (Ist)
Wina, Austria (Ist)

INDUSTRY.co.id - Sebagai ibukota federal Republik Austria, Wina juga merupakan salah satu dari sembilan negara bagian Austria. Selama berabad-abad, kota ini sudah memegang peranan sebagai ibukota dari Kekaisaran Habsburg dan saat itu sempat menjadi pusat ekonomi di Eropa Tengah bagian selatan. 

Tentu saja, kota yang menarik dan indah untuk dikunjungi ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin berlibur. Bahkan, baru-baru ini Ketua DPR RI Puan Maharani mengunjungi kota tersebut untuk menghadiri '13th Summit of Women Speakers of Parliament'.

Pada Agustus 2018 lalu, tercatat jika Wina menggeser posisi Melbourne, Australia dari peringkat pertama daftar kota terbaik untuk ditinggali. Padahal sebelumnya Melbourne telah mempertahankan predikat terbaik selama tujuh tahun berturut-turut.

Melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id, berikut ini beberapa fakta menarik seputar Wina :

Pertokoan Tutup Pada Hari Minggu 

Kota yang memiliki ketenangan, pada hari Minggu di Wina mayoritas pertokoan di kota ini akan tutup, kecuali rumah makan. Jika ada wisatawan yang baru berkunjung ke Wina, mungkin akan kaget dengan hal yang satu ini. Sebab biasanya pada akhir pekan pusat keramaian akan diburu oleh banyak orang. 

Sebaliknya, jika hari Minggu di Wina merupakan waktu yang biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk bersosialisasi dengan teman dan keluarga mereka di lokasi-lokasi non-pertokoan. Oleh karena itu, tutupnya pertokoan bisa menjadi kesempatan mereka untuk melakukan quality time. 

Redaktur Bidang Komunikasi Internasional Pemerintah Kota Wina pernah mengatakan jika Wina ingin menjadi lokasi bisnis yang ramah bagi semua pihak. Berdasarkan survei Komisi Eropa tentang kualitas hidup di kota-kota Eropa (2015), Kota Wina menempati posisi keempat setelah Graz, Zurich, dan Reykjavik. Sebanyak  79 persen responden menyatakan puas dengan kondisi kerja. 

Tempat Wisata Tidak Memungut Biaya 

Pada hari Minggu, beberapa tempat wisata umum seperti museum biasanya sengaja tidak memungut biaya. Hal ini dilakukan untuk memanjakan masyarakat sekitar di kota ini. 

Untuk mendukung hal tersebut, Pemerintah Kota Wina menyediakan jalur yang layak digunakan oleh pejalan kaki dan pesepeda. Jalur-jalur tersebut sengaja dibuat cukup besar. Selain itu, pihak pemerintah kota ini juga tidak pernah mengesampingkan ruang terbuka hijau. Justru mereka menjadikan ruang terbuka hijau sebagai pendukung kualitas hidup yang tinggi. 

Tersedia Ratusan Taman 

Sementara itu, bagi masyarakat yang gemar berolahraga, Pemerintah Kota Wina juga menyediakan 953 taman milik pemerintah dan 981 taman bermain untuk digunakan sebagaimana mestinya. 

Sediakan Kartu Transportasi Murah 

Tak hanya itu saja, Pemerintah Kota Wina juga juga cukup memperhatikan terkait urusan  transportasi publik. Oleh karena itu, semua  transportasi publik di Wina sangat mudah diakses, dijangkau, dan harganya murah. 

Penduduk setempat dapat membeli kartu transportasi tahunan dengan harga 365 Euro, atau cukup membayar 1 Euro saja per harinya. Kartu tersebut berlaku untuk semua jenis transportasi publik, mulai dari kereta bawah tanah, bus, kereta cepat, hingga tram.

Kemudahan yang diberikan pemerintah setempat ini diharapkan bisa mendorong keinginan masyarakat agar mau menggunakan  transportasi umum, sehingga penggunaan kendaraan pribadi yang terkadang menjadi penyebab macet bisa berkurang.

Berdasarkan data statistik Pemerintah Kota Wina pada 2016, tercatat tingkat kepemilikan mobil di kota ini merupakan yang terendah dibandingkan kota lain di Austria. Sebanyak 39 persen penduduk di Wina menggunakan transportasi umum, sebanyak 27 persen menggunakan kendaraan pribadi, sekitar 27 persen  berjalan kaki, dan sisanya memilih untuk bersepeda.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

kelapa sawit (ilustrasi)

Selasa, 24 Mei 2022 - 16:49 WIB

Terbitkan Ketentuan Ekspor CPO, Mendag: Pemenuhan Kebutuhan Dalam Negeri Jadi Prioritas

Jakarta- Kementerian Perdagangan (Kemendag) menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 30 Tahun 2022 tentang Ketentuan Ekspor Crude Palm Oil, Refined, Bleached and Deodorized…

Pers Conference Indonesia Content Creator Conference 2022

Selasa, 24 Mei 2022 - 16:48 WIB

Dukung Pengembangan Kreativitas Anak Muda, President University Siap Gelar Indonesia Content Creator Conference 2022

Sensus penduduk tahun 2020 menyebutkan, jumlah populasi Indonesia mencapai 274 juta jiwa, sementara berdasarkan laporan We Are Social, jumlah pengguna aktif sosial media di Indonesia sebanyak…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Selasa, 24 Mei 2022 - 16:45 WIB

Menperin Agus Ajak Qualcomm Investasi Industri Chip di Indonesia

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan pertemuan dengan perusahaan semikonduktor, software, dan penyedia teknologi wireless asal Amerika Serikat, Qualcomm.

Sika Indonesia

Selasa, 24 Mei 2022 - 16:34 WIB

Sika Indonesia Hadirkan Loyalty Program dengan Total Hadiah Ratusan Juta Rupiah

Selama pandemi Covid-19, kinerja penjualan perusahaan bahan kimia untuk konstruksi dan industri asal Swiss, Sika Indonesia tetap stabil bahkan meningkat. Hal ini terlihat dari pertumbuhan bisnis…

Peresmian kerja sama Jet Commerce Indonesia dengan UPFOS (Foto:Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 24 Mei 2022 - 16:30 WIB

Dongkrak Bisnis E-commerce di Indonesia, Jet Commerce Jalin Kerja Sama dengan UPFOS

Perusahaan e-commerce enabler, Jet Commerce Indonesia secara resmi mengumumkan kerja sama dengan perusahaan layanan e-commerce, UPFOS.