Cegah Penyebaran Omicron, Jepang Lakukan Kebijakan Karantina Ketat

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 07 Desember 2021 - 14:00 WIB

Kota Tokyo, Jepang. (Foto Ist)
Kota Tokyo, Jepang. (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jepang telah mengumumkan bahwa wisatawan yang tiba dari India, Rumania, Yunani, dan empat negara bagian Amerika Selatanlainnya harus menjalani karantina yang ketat. Ini telah mengambil langkah seperti itu untuk mengekang penyebaran varian Covid-19 terbaru, Omicron.

Sesuai laporan terbaru, semua orang yang bepergian dari negara-negara tersebut mengatakan sekarang harus menjalani langkah-langkah karantina yang ketat pada saat kedatangan ke
Jepang. 

Selanjutnya, warga negara Jepang serta penduduk asing yang bepergian dari Colorado, Hawaii, Minnesota dan New York ke Jepang, akan diminta untuk secara wajib menghabiskan tiga hari karantina dari dua minggu mereka dan mendapat fasilitas yang ditunjuk pemerintah.

Mengacu pada hal ini, dilansir dari laman Times of India, Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno menyatakan bahwa dengan munculnya kasus Omicron di negara itu dan untuk mengekang penyebaran lebih lanjut, gugus tugas pemerintah mengambil keputusan tersebut untuk mengendalikan meningkatnya jumlah kasus varian baru di Jepang.

Berikut ini daftar negara-negara dari mana wisatawan akan diminta untuk menjalani karantina wajib tiga hari di fasilitas yang ditunjuk pemerintah, termasuk Austria, Ekuador dan Perancis.

Sedangkan mereka yang berasal dari daftar negara baru-baru ini, termasuk India, Yunani, Romanic, dan empat negara bagian AS lainnya akan dikenakan persyaratan karantina yang ketat, seperti tinggal di fasilitas yang ditunjuk pemerintah selama lebih dari 10 hari.

Laporan mengatakan bahwa kasus Omicron pertama dilaporkan pada hari Selasa di Jepang. Hal ini menyebabkan negara itu menolak masuknya kembali semua orang asing, termasuk mereka yang memiliki visa jangka panjang, yang baru-baru ini berada di salah satu dari 10 negara Afrika. Juga, negara ini sekarang telah melarang masuk bagi orang asing dari seluruh dunia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

MenKopUKM Teten Masduki saat membuka gelaran Kebumen International Expo (KIE) 2022

Senin, 27 Juni 2022 - 09:00 WIB

Gairahkan Ekonomi Daerah, MenKopUKM Buka Gelaran Kebumen International Expo 2022

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki mengapresiasi terselanggaranya Kebumen International Expo 2022 (KIE 2022) yang diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Kebumen dan diyakini bisa…

PT PLN Batam Raih Peringkat 1 Wajib Pajak Taat Pajak Kategori PPJU

Senin, 27 Juni 2022 - 09:00 WIB

PT PLN Batam Raih Peringkat 1 Wajib Pajak Taat Pajak Kategori PPJU

Pemerintah Kota Batam menyelenggarakan Malam Apresiasi Wajib Pajak Taat Pajak Kota Batam, yang memberikan penghargaan bagi wajib pajak taat pajak terbaik tahun 2022, Jumat (24/6/2022) malam…

Hewan Sapi disuntikkan vaksin oleh petugas

Senin, 27 Juni 2022 - 08:26 WIB

Dalam Dua Hari, Vaksinasi PMK Tembus 58 Ribu Dosis

Pemerintah terus melakukan percepatan vaksinasi terhadap hewan ternak untuk mencegah peningkatan jumlah hewan sakit PMK atau Penyakit Mulut dan Kuku.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Dody Widodo

Senin, 27 Juni 2022 - 08:15 WIB

Keren! Sekolah Vokasi Kemenperin Olah Limbah Darah Sapi Jadi Pupuk Organik Cair

SMK Sekolah Menengah Analis Kimia Padang (SMK-SMAK Padang), salah satu sekolah vokasi yang dimiliki oleh Kemenperin berhasil mengolah limbah darah sapi menjadi pupuk cair. Inovasi yang dinamai…

Dokter hewan menyuntikkan ke Sapi

Senin, 27 Juni 2022 - 08:03 WIB

Vaksinasi PMK di Lampung dimulai, Wagub Apresiasi Kinerja Kementan

Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Lampung, Chusnunia Chalim menyambut baik pelaksanaan vaksinasi perdana untuk mencegah penyebarluasan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Provinsi Lampung.