Kinerja KIOS Tetap Positif Terus Tambah Gudang

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 04 Desember 2021 - 11:20 WIB

PT Kioson Komersial Indonesia Tbk
PT Kioson Komersial Indonesia Tbk

INDUJakarta – PT Kioson Komersial Indonesia Tbk (IDX ticker code: KIOS.IJ), emiten berbasis teknologi Online to Offline (O2O) yang fokus mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia, berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp2,2 miliar pada 9M-2021 atau tumbuh 113,4% dari catatan kerugian Rp 12,6 miliar pada periode yang sama tahun lalu (YoY).

Andrew, Presiden Direktur KIOS mengatakan “KIOS berhasil mencatatkan laba bersih positif pada tahun 2021. Pencapaian ini dicapai melalui strategi Perusahaan dalam meningkatkan efisiensi operasional, restrukturisasi, dan pengembangan bisnis dengan melihat peluang di pasar. Pada kuartal ketiga tahun ini, untuk menangkap peluang dan pertumbuhan bisnis, KIOS menjalin kemitraan strategis dengan YELO untuk meletakkan dasar bagi teknologi Metaverse, yang setelah dikembangkan, penerapan teknologi ini akan sangat dibutuhkan oleh populasi demografis muda Indonesia.”

Sampai September 2021, selain berhasil mempertahankan pertumbuhan laba bersih, laba kotor Perusahaan turut mengalami peningkatan sebesar 87,2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu menjadi Rp 10 miliar. Sementara dari sisi penjualan, Perusahan mencatatkan Rp 274 miliar. Kontribusi pendapatan terbesar Perusahaan berasal dari Iklan dan E-commerce yang melesat tumbuh sepanjang tahun ini.

Untuk menangkap peluang dan pertumbuhan bisnis, pada periode ini KIOS menjalin kemitraan strategis dengan YELO untuk meletakkan dasar bagi teknologi Metaverse, yang setelah dikembangkan, penerapan teknologi ini akan sangat dibutuhkan oleh populasi demografis muda Indonesia. Sebelumnya, KIOS juga telah berkolaborasi dengan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan PT Solusi Sinergi Digital Tbk (Surge) dalam meluncurkan layanan iklan digital guna melengkapi ekosistem digital yang lebih terintegrasi.

Direktur KIOS, Ornela Bartin, menambahkan “Sepanjang tahun 2021, KIOS menargetkan laba bersih Rp6 miliar dengan bertransformasi menjadi platform ekosistem berbasis gudang yang terintegrasi, dengan pembentukan dua anak perusahaan sebagai platform berbasis Gudang, yaitu Gudang Pintar dan Retail Kita. Untuk menjadi platform ekosistem gudang terintegrasi terbesar, KIOS melalui kemitraan dengan Koperasi dan UMKM memiliki lebih dari 13.000 gudang yang tersebar di seluruh Indonesia. Hingga November 2021, KIOS telah membangun lebih dari 96 gudang untuk mendukung layanan Gudang Pintar dan Retail Kita. KIOS KIOS bertujuan untuk membangun 1.000 gudang pada akhir 2022.”

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pendidikan Nadiem Makarim

Rabu, 19 Januari 2022 - 19:38 WIB

Lapor Pak Nadiem! Ternyata Guru Honorer PPPK Tidak Semuanya Senang

Jakarta-Para guru honorer yang sudah resmi diterima sebagai Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK), terutama yang berasal dari sekolah swasta masih menghadapi masalah.

PT Pegadaian menyalurkan bantuan kepada masyarakat korban bencana gempa Banten di Kecamatan Sumur, Pandeglang.

Rabu, 19 Januari 2022 - 19:23 WIB

Peduli Gempa Banten, Pegadaian Serahkan Bantuan untuk Warga Pandeglang

Pandeglang- PT Pegadaian menyalurkan bantuan kepada masyarakat korban bencana gempa Banten di Kecamatan Sumur, Pandeglang.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di JIS

Rabu, 19 Januari 2022 - 18:17 WIB

Usai Nidji, Gubernur Anies Pamer Potret Afgan 'Check Sound' di JIS, Netizen: Luar Biasa Pak...

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru-baru ini kembali mengunggah sebuah penampilan dari musisi Indonesia yakni Afgan yang melakukan check sound dan check venue di lapangan Jakarta International…

Kawasan industri terpadu (KIT) Batang

Rabu, 19 Januari 2022 - 18:10 WIB

Dahsyat! Bawa Duit Berkoper-koper, Wavin BV Segera Bangun Pabrik di KIT Batang

Perusahaan asal Belanda, Wavin BV bakal segera membangun pabrik di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah. Nilai investasi produsen pipa global Wavin BV dari Belanda pun cukup besar…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Rabu, 19 Januari 2022 - 17:55 WIB

Menteri Basuki Targetkan Penghijauan Sejumlah Infrastruktur di Bali Rampung Akhir Februari 2022

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan peningkatan infrastruktur di Bali dalam rangka mendukung pelaksanaan Konferensi Tingkat tinggi (KTT) G20 yang diselenggarakan…