Dirut PIS Raih Penghargaan Sosok Pelopor Pengembangan Kinerja Bisnis Berstandar Global

Oleh : Hariyanto | Jumat, 03 Desember 2021 - 17:55 WIB

Dirut PIS Erry Widiastono
Dirut PIS Erry Widiastono

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Pertamina International Shipping (PIS) kembali berhasil mendapatkan penghargaan di ajang Gatra Awards 2021 Kategori Ekonomi “Sosok Pelopor Pengembangan Kinerja Bisnis dan Reorganisasi Korporasi Berstandar Global” yang diterima langsung oleh Direktur Utama PIS.

Ajang yang bertajuk “Ikon Apresiasi Prestasi Anak Negeri di Masa Pandemi” di gelar secara hybrid pada Rabu (1/12/2021).

Ajang penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada lembaga pemerintahan, baik tingkat pusat dan daerah, korporasi, hingga personal dari berbagai bidang atas kiprahnya melakukan berbagai terobosan dalam membantu pemerintah dan masyarakat sehingga tetap tegar dan kuat menghadapi hantaman "badai" pandemi Covid-19.
 
“Penghargaan ini dijadikan momentum positif utk SH IML siap melangkah di tahun 2022, kita secara bersama-sama dapat terus mengedepankan pola kerja yang efektif dan efisien serta mencapai target-target yang telah ditetapkan oleh Pemegang Saham” ungkap Direktur Utama PIS, Erry Widiastono yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (3/12/2021).

PIS sejak berdiri hingga di tengah situasi pandemi saat ini telah berhasil menorehkan beberapa prestasi baik dari sisi korporasi maupun armada. Di tahun 2021, PIS telah berhasil membawa teknologi green shipping ke industri maritim nasional, go digitalisasi dalam pelaksanaan kegiatan bisnis perusahaan, penambahan rute pelayaran serta tercapainya pemenuhan komponen Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebagai bentuk dukungan pemulihan ekonomi nasional.
 
PIS pada Q3 tahun 2021 telah berhasil mencapai EBITDA YTD per Agustus 2021 sebesar 340.17 Million USD. Selain itu, PIS berhasil menggarap market external sebesar 5,3% dari total revenue sehingga PIS mengalami peningkatan revenue sebesar 116% dibandingkan dengan tahun 2020. Saat ini PIS berhasil memperluas market international melalui charter out sebesar USD20 juta. 

Lalu, dari sisi armada PIS menghadirkan beberapa teknologi kapal yang ramah lingkungan (Green Shipping) seperti Stern Tube Air Seal Type untuk menghindari kebocoran bahan bakar kapal, lalu ada juga teknologi Oily Water Separator(OWS) yang berfungsi untuk memisahkan air dengan minyak mencegah pencemaran. Hal ini merupakan bentuk kontribusi PIS dalam mewujudkan Green Shipping Company.
 
“Kinerja kita bersama pada Tahun 2021 yang diapresiasi oleh pihak eksternal ini harus lebih bisa memacu kita untuk terus tumbuh berkembang secara bisnis dan memberikan dampak terhadap pemulihan ekonomi nasional saat ini” tambah Erry..

Beberapa prestasi lainnya yang berhasil ditorehkan yakni melalui inovasi dengan hadirnya program aplikasi yang sudah diterapkan seperti Fleet Management Dashboard dan Fleet Digital Control Room yang dapat memantau pengelolaan kapal secara fleksibel sehingga mengefektifkan dan mengefisienkan operasi bisnis Perusahaan khususnya pada Direktorat Armada PIS.

Selain itu, sepanjang tahun 2021 ini PIS berhasil mencatatkan sebesar 32,4 % penggunaan komponen dalam negeri, di mana hal ini telah melebihi nilai minimum yang harus dipenuhi yaitu 30%. Hal tersebut menjadi motivasi bagi perusahaan untuk terus konsisten dalam upaya meningkatkan nilai TKDN sebagai bentuk dukungan terhadap percepatan pemulihan ekonomi nasional.
 
Erry berharap PIS semakin menunjukkan kinerja yang baik untuk menghadapi tantangan pada tahun 2022 hingga mendatang yang akan semakin menantang, harus tetap mempertahankan kerjasama yang solid dari seluruh jajaran Perwira PIS agar kita dapat menjadi lokomotif terdepan untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional serta memberikan bukti nyata dalam mewujudkan aspirasi Pertamina pada Tahun 2024 menjadi perusahaan energi global terdepan dengan nilai  pasar USD 100 miliar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Pertamina Trans Kontinental Raih Sertifikat ISO 37001:2016

Rabu, 19 Januari 2022 - 20:09 WIB

PT Pertamina Trans Kontinental Raih Sertifikat ISO 37001:2016

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK), anak usaha dari PT Pertamina International Shipping (PIS) Subholding Integrated Marine and Logistics (IML), memperoleh Sertifikat ISO 37001:2016 dengan…

SUN Energy Teken Nota Kesepahaman Dengan Sojitz Indonesia

Rabu, 19 Januari 2022 - 19:59 WIB

Wujudkan Energi Hijau, SUN Energy dan Sojitz Indonesia Kembangkan Proyek PLTS di Kawasan Industri GIIC

Dalam mewujudkan target bauran Energi Baru dan Terbarukan (EBT) sebesar 23% di tahun 2025, kawasan industri mempunyai peran yang sangat penting. Mengingat kegiatan operasional di kawasan industri…

Menteri Pendidikan Nadiem Makarim

Rabu, 19 Januari 2022 - 19:38 WIB

Lapor Pak Nadiem, Ternyata Guru Honorer PPPK Tidak Semuanya Senang Lho!

Jakarta-Para guru honorer yang sudah resmi diterima sebagai Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK), terutama yang berasal dari sekolah swasta masih menghadapi masalah.

PT Pegadaian menyalurkan bantuan kepada masyarakat korban bencana gempa Banten di Kecamatan Sumur, Pandeglang.

Rabu, 19 Januari 2022 - 19:23 WIB

Peduli Gempa Banten, Pegadaian Serahkan Bantuan untuk Warga Pandeglang

Pandeglang- PT Pegadaian menyalurkan bantuan kepada masyarakat korban bencana gempa Banten di Kecamatan Sumur, Pandeglang.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di JIS

Rabu, 19 Januari 2022 - 18:17 WIB

Usai Nidji, Gubernur Anies Pamer Potret Afgan 'Check Sound' di JIS, Netizen: Luar Biasa Pak...

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru-baru ini kembali mengunggah sebuah penampilan dari musisi Indonesia yakni Afgan yang melakukan check sound dan check venue di lapangan Jakarta International…