Usai Safeguard Resmi Diperpanjang, Asaki Tengah Godok Pengajuan Antidumping Keramik Asal China dan India

Oleh : Ridwan | Selasa, 30 November 2021 - 20:30 WIB

Ilustrasi keramik impor
Ilustrasi keramik impor

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah secara resmi telah memperpanjang bea masuk tindakan pengamanan (BMTP) atau safeguard ubin keramik yang mulai berlaku awal November 2021.

"Asaki mengapresiasi perhatian dan dukungan Pemerintah khususnya Kemenperin, Kemendag, KemenKeu serta KSP yang telah memperpanjang Kebijakan Safeguard Keramik yg mulai berlaku sejak awal November 2021," Ketua Umum Asaki Edy Suyanto kepada Industry.co.id di Jakarta, Selasa (30/11/2021).

Menurut Edy, langkah pemerintah tersebut sangat tepat dalam rangka penguatan industri keramik nasional yang sejak beberapa tahun terakhir diguncang serangan produk impor dari China, India, dan Vietnam.

Asaki mencatat, impor produk keramik periode Januari - September 2021 melonjak 34%, dimana produk China mendominasi dan bertumbuh 63% dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya.

Sebaliknya, angka ekspor periode Januari - September 2021, menurun 14%, dimana faktor utama masih seputaran kesulitan mendapatkan space dan mahalnya kontainer untuk ekspor.

Lebih lanjut, Edy mengungkapkan bahwa, Asaki tengah mempertimbangkan langkah-langkah pengamanan selanjutnya yang sesuai dengan koridor WTO yakni pengajuan Antidumping untuk produk asal China dan India.

Dijelaskan Edy, negara Eropa, USA dan Timur Tengah sudah melakukan tindakan pengamanan tersebut pada pertengahan tahun 2020.

"Langkah tersebut perlu diambil oleh Asaki untuk mengantisipasi dampak dari penurunan besaran BMTP periode kedua ini yang turun ke 17% (tahun pertama), 15% (tahun kedua), dan 13% (tahun ketiga)," tutup Edy.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751 VJS Beri Bantuan Sembako

Senin, 24 Januari 2022 - 04:30 WIB

Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751 VJS Beri Bantuan Sembako, Pakaian Layak Pakai dan Tas Sekolah

Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751/VJS tak henti-hentinya menunjukkan wujud kepedulian terhadap warga binaan yang ada diwilayah penugasan masing-masing dengan memberikan bantuan, salah satunya…

Satgas Yonif 126 KC Bantu Prosesi Pemakaman Warga Perbatasan RI-PNG

Senin, 24 Januari 2022 - 04:00 WIB

Satgas Yonif 126 KC Bantu Prosesi Pemakaman Warga Perbatasan RI-PNG

Prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC membantu proses pemakaman salah satu warga meninggal dunia karena sakit di Kampung Sach, Distrik Waris, Kab. Keerom.

Foto pembangunan proyek Apartemen Antasari 45 yang berlokasi di Jalan Pangeran Antasari No. 45, Cilandak, Jakarta Selatan, yang diambil dari atas. (Foto: Apartemen Antasari 45)

Minggu, 23 Januari 2022 - 23:57 WIB

Pengembangan Apartemen 45 Antasari Berlanjut Jadi Antasari Place

AH Bimo Suryono, Direktur Utama PT Prospek Duta Sukses (PDS), menanggapi keluhan yang disampaikan Paguyuban Konsumen Apartemen 45 Antasari yang terdiri dari sekitar 210 pembeli 45 Antasari.

PT Food Station Tjipinang Jaya Raih Penghargaan Top Quality Product & Company 2022

Minggu, 23 Januari 2022 - 18:08 WIB

BUMD Food Station Tjipinang Jaya Raih Penghargaan Top Quality Product & Company 2022

Jakarta - Mengawali tahun 2022, PT Food Station Tjipinang Jaya sebagai BUMD Pangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, menerima penganugerahan penghargaan dari Bintang Record Indonesia dengan kategori…

Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri menangkap salah satu aktor utama tersangka kasus dugaan investasi penjualan aplikasi robot trading dengan skema ponzi atau piramida ilegal.

Minggu, 23 Januari 2022 - 18:03 WIB

Bareskrim Polri Berhasil Tangkap Pemilik Aplikasi Robot Trading Ilegal Sistem Ponzi

Jakarta-Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri menangkap salah satu aktor utama tersangka kasus dugaan investasi penjualan aplikasi robot trading dengan skema…