Asaki 'Acungi Jempol' Langkah Pemerintah Perpanjang Safeguard Keramik

Oleh : Ridwan | Selasa, 30 November 2021 - 20:00 WIB

Ketua Umum Asosiasi Aneka Keramik Indonesia (Asaki) Edy Suyanto
Ketua Umum Asosiasi Aneka Keramik Indonesia (Asaki) Edy Suyanto

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mengapresiasi perhatian dan dukungan pemerintah yang telah memperpanjang kebijakan Safeguard untuk produk keramik yang mulai berlaku sejak awal November 2021.

"Kami sangat mengapresiasi perhatian pemerintah khususnya Kemenperin, Kemendag, Kemenkeu dan KSP yang telah memperpanjang safeguard keramik," kata Ketua Umum Asaki Edy Suyanto kepada Industry.co.id di Jakarta, Selasa (30/11/2021).

Menurut Edy, langkah pemerintah tersebut sangat tepat dalam rangka penguatan industri keramik nasional yang sejak beberapa tahun terakhir dibombardir produk impor dari China, India, dan Vietnam.

Berdasarkan data yang dihimpun Asaki, impor produk keramik periode Januari - September 2021 melonjak 34%, dimana produk China mendominasi dan bertumbuh 63% dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya.

Sebaliknya, angka ekspor periode Januari - September 2021, menurun 14%, dimana faktor utama masih seputaran kesulitan mendapatkan space dan mahalnya kontainer untuk ekspor.

Lebih lanjut, Edy mengungkapkan bahwa, Asaki tengah mempertimbangkan langkah-langkah pengamanan selanjutnya yang sesuai dengan koridor WTO yakni pengajuan Antidumping untuk produk asal China dan India, seperti yang dilakukan oleh negara Eropa, USA dan Timur Tengah pada pertengahan tahun 2020.

"Langkah tersebut perlu diambil oleh Asaki untuk mengantisipasi dampak dari penurunan besaran BMTP periode kedua ini yang turun ke 17% (tahun pertama), 15% (tahun kedua), dan 13% (tahun ketiga)," paparnya.

Disisi lain, terang Edy, industri keramik nasional terus menunjukkan kinerja gemilang dari waktu ke waktu terutama pasca pelonggaran PPKM. Hal tersebut terlihat dari angka utilisasi produksi nasional di bulan November 2021 yang berada di level 80%.

"Kami optimis dapat mencapai target utilisasi produksi nasional tahun ini di angka 75% dan bertumbuh cukup baik dibandingkan tahun 2020 yang hanya sebesar 56%," terang Edy.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…