Bos Arwana Citramulia 'Percaya Diri' Kinerja Perseroan Mampu Lampaui Target Tahun 2021

Oleh : Ridwan | Selasa, 30 November 2021 - 10:40 WIB

CEO PT Arwana Citramulia Tbk Tandean Rustandy (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
CEO PT Arwana Citramulia Tbk Tandean Rustandy (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) optimis laju bisnisnya di sisa akhir tahun 2021 dan 2022 akan mencatatkan pertumbuhan yang sangat menggembirakan. 

Hal tersebut disampaikan CEO sekaligus Founder PT Arwana Citramulia, Tandean Rustandy saat ngobrol-ngobrol santai bersama awak media di Kantonya, Jakarta (29/11/2021)

"Kami sangat optimis kinerja perseroan sampai akhir tahun mampu melampaui target yang telah ditetapkan," katanya.

Menurut Tandean, optimisme perseroan pada 2021 dan 2022 antara lain terlihat pada tingginya serapan produksi di hampir semua pabrik milik perseroan.

Saat ini, terang Tandean, perseroan telah memiliki lima pabrik yang tersebar di Tangerang, Gresik (Jawa Timur), Serang (Banten), Ogan Ilir (Sumatera Selatan), dan Mojokerto (Jawa Timur). 

Diantara kelima pabrik tersebut, terangnya, serapan produk di pabrik Sumatera Selatan merupakan yang paling signifikan angkanya. Adapun salah satu pemicunya yaitu Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang mampu mempercepat proses distribusi dan meningkatkan efisiensi.

"Dengan Presiden dan pemerintah membuka infrastruktur secara tidak langsung akan meringankan biaya transportasi. Lalu point of sales juga lebih tajam. Jadi biaya transportasi itu di bahan baku dan biaya pengiriman," ungkap Tandean.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Industry.co.id, manajemen ARNA telah merevisi target laba bersih tahun 2021, dari semula Rp 422 miliar menjadi Rp 460 miliar atau naik 40% dari realisasi tahun sebelumnya. 

Sedangkan dari sisi top line, ARNA memproyeksikan volume penjualan dan penjualan bersih akan tumbuh masing-masing 10% dan 15% dari capaian tahun sebelumnya.

Adapun, sepanjang sembilan bulan pertama 2021, ARNA mencatatkan penjualan bersih sebesar Rp 1,88 triliun, atau naik 16,91% jika dibandingkan dengan penjualan pada periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 1,61 triliun.

Membaiknya pendapatan ARNA tersebut juga turut mendongkrak laba bersihnya yang terkerak naik 56,85% dari sebelumnya Rp 221,50 miliar menjadi Rp 347,44 miliar sampai akhir September 2021.

Tandean menyebut, pertumbuhan signifikan dari sisi laba bersih didorong oleh peningkatan produktivitas dan juga efisiensi produksi serta kekuatan kerja tim di lapangan.

"Produktivitas tahun ini dibandingkan tahun lalau naik 15%. Jadi, hampir segala lini bisa efisien. Ditambah lagi point of salesnya meningkat," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

MenKopUKM Teten Masduki saat membuka gelaran Kebumen International Expo (KIE) 2022

Senin, 27 Juni 2022 - 09:00 WIB

Gairahkan Ekonomi Daerah, MenKopUKM Buka Gelaran Kebumen International Expo 2022

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki mengapresiasi terselanggaranya Kebumen International Expo 2022 (KIE 2022) yang diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Kebumen dan diyakini bisa…

PT PLN Batam Raih Peringkat 1 Wajib Pajak Taat Pajak Kategori PPJU

Senin, 27 Juni 2022 - 09:00 WIB

PT PLN Batam Raih Peringkat 1 Wajib Pajak Taat Pajak Kategori PPJU

Pemerintah Kota Batam menyelenggarakan Malam Apresiasi Wajib Pajak Taat Pajak Kota Batam, yang memberikan penghargaan bagi wajib pajak taat pajak terbaik tahun 2022, Jumat (24/6/2022) malam…

Hewan Sapi disuntikkan vaksin oleh petugas

Senin, 27 Juni 2022 - 08:26 WIB

Dalam Dua Hari, Vaksinasi PMK Tembus 58 Ribu Dosis

Pemerintah terus melakukan percepatan vaksinasi terhadap hewan ternak untuk mencegah peningkatan jumlah hewan sakit PMK atau Penyakit Mulut dan Kuku.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Dody Widodo

Senin, 27 Juni 2022 - 08:15 WIB

Keren! Sekolah Vokasi Kemenperin Olah Limbah Darah Sapi Jadi Pupuk Organik Cair

SMK Sekolah Menengah Analis Kimia Padang (SMK-SMAK Padang), salah satu sekolah vokasi yang dimiliki oleh Kemenperin berhasil mengolah limbah darah sapi menjadi pupuk cair. Inovasi yang dinamai…

Menparekraf: Desa Wisata Pecinan Glodok Miliki Storynomics Tourism yang Kuat

Senin, 27 Juni 2022 - 08:11 WIB

Menparekraf Sandi Sebut: Desa Wisata Pecinan Glodok Miliki Storynomics Tourism yang Kuat

Jakarta- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan Desa Wisata Pecinan Glodok, Jakarta…