Bos Arwana Citramulia 'Percaya Diri' Kinerja Perseroan Mampu Lampaui Target Tahun 2021

Oleh : Ridwan | Selasa, 30 November 2021 - 10:40 WIB

CEO PT Arwana Citramulia Tbk Tandean Rustandy (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
CEO PT Arwana Citramulia Tbk Tandean Rustandy (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) optimis laju bisnisnya di sisa akhir tahun 2021 dan 2022 akan mencatatkan pertumbuhan yang sangat menggembirakan. 

Hal tersebut disampaikan CEO sekaligus Founder PT Arwana Citramulia, Tandean Rustandy saat ngobrol-ngobrol santai bersama awak media di Kantonya, Jakarta (29/11/2021)

"Kami sangat optimis kinerja perseroan sampai akhir tahun mampu melampaui target yang telah ditetapkan," katanya.

Menurut Tandean, optimisme perseroan pada 2021 dan 2022 antara lain terlihat pada tingginya serapan produksi di hampir semua pabrik milik perseroan.

Saat ini, terang Tandean, perseroan telah memiliki lima pabrik yang tersebar di Tangerang, Gresik (Jawa Timur), Serang (Banten), Ogan Ilir (Sumatera Selatan), dan Mojokerto (Jawa Timur). 

Diantara kelima pabrik tersebut, terangnya, serapan produk di pabrik Sumatera Selatan merupakan yang paling signifikan angkanya. Adapun salah satu pemicunya yaitu Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang mampu mempercepat proses distribusi dan meningkatkan efisiensi.

"Dengan Presiden dan pemerintah membuka infrastruktur secara tidak langsung akan meringankan biaya transportasi. Lalu point of sales juga lebih tajam. Jadi biaya transportasi itu di bahan baku dan biaya pengiriman," ungkap Tandean.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Industry.co.id, manajemen ARNA telah merevisi target laba bersih tahun 2021, dari semula Rp 422 miliar menjadi Rp 460 miliar atau naik 40% dari realisasi tahun sebelumnya. 

Sedangkan dari sisi top line, ARNA memproyeksikan volume penjualan dan penjualan bersih akan tumbuh masing-masing 10% dan 15% dari capaian tahun sebelumnya.

Adapun, sepanjang sembilan bulan pertama 2021, ARNA mencatatkan penjualan bersih sebesar Rp 1,88 triliun, atau naik 16,91% jika dibandingkan dengan penjualan pada periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 1,61 triliun.

Membaiknya pendapatan ARNA tersebut juga turut mendongkrak laba bersihnya yang terkerak naik 56,85% dari sebelumnya Rp 221,50 miliar menjadi Rp 347,44 miliar sampai akhir September 2021.

Tandean menyebut, pertumbuhan signifikan dari sisi laba bersih didorong oleh peningkatan produktivitas dan juga efisiensi produksi serta kekuatan kerja tim di lapangan.

"Produktivitas tahun ini dibandingkan tahun lalau naik 15%. Jadi, hampir segala lini bisa efisien. Ditambah lagi point of salesnya meningkat," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…