Toyota Bakal Segera Bangun Pabrik Perakitan Baterai di Indonesia

Oleh : Ridwan | Jumat, 26 November 2021 - 12:50 WIB

Toyota
Toyota

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Toyota berencana akan membangun pabrik perakitan baterai di Indonesia. Mulai tahun depan, mereka akan memanfaatkan fasilitas perusahaan yang ada di kawasan Karawang, Jawa Barat.

Pembangunan perakitan betari, seiring dengan rencana produksi untuk kendaraan Hybrid Electric Vehicle (HEV), juga mendukung program elektrifikasi yang mulai dijalankan pemerintah.

Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono saat pameran IEMS, di Serpong, Tangerang Selatan mengatakan, komponen dan ekosistem kendaraan listrik adalah bagian yang paling penting.

"Mengikuti strategi, pada saat kita memproduksi HEV tahun depan, kita juga akan mulai merakit baterainya," terang Warih, kemarin.

Toyota berharap assembly process baterai ini akan terus dikembangkan ke supply chain-nya nanti. Termasuk juga bagaimana motor listrik dan komponen lainnya. Warih menambahkan, awalnya komponen baterai tersebut akan diimpor dari Jepang.

Namun nantinya, ia mengatakan akan meningkatkan Tingkat Komponen Dalam negeri (TKDN). Dan TKDN seluruh mobil listrik yang dijual di Indonesia bisa menyamai mobil konvensional, di angka 80 sampai 85 persen.

"Sekarang TKDN kita sudah mencapai 80-85 persen. In several years, HEV kita diharapkan juga bisa mencapai TKDN seperti itu," jelasnya. 

Meski demikian, Warih belum bisa menjelaskan secara rinci terkait nilai investasi. "Membutuhkan penenaman modal ulang atau memanfaatkan yang sudah ada," tutup Warih.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bencana Gunung Semeru Lumajang Jawa Timur

Kamis, 09 Desember 2021 - 10:02 WIB

3697 Warga Mengungsi Akibat Letusan Gunung Semeru Lumajang

Penanganan darurat paska awan panas guguran Gunung Semeru masih berlangsung pada hari keempat. Bencana letusan tidak hanya berdampak pada jatuhnya korban jiwa dan kerusakan, tetapi juga warga…

Webinar AAJI

Kamis, 09 Desember 2021 - 10:02 WIB

Kinerja Kuartal III 2021 AAJI: Kesadaran Perlindungan Asuransi Jiwa saat Pandemi Perkuat Tren Stabil-Positif

Makin baiknya kesadaran masyarakat atas perlindungan diri saat Pandemi Covid-19 menjadi katalis positif bagi pertumbuhan positif industri asuransi jiwa di kuartal III tahun ini. Tren industri…

Puan Maharani

Kamis, 09 Desember 2021 - 09:55 WIB

Peduli Banyak Masalah Negara, Puan Maharani Disebut Memiliki Potensi Jadi Pemimpin Nasional

Segala konsolidasi dan koordinasi lintas fraksi yang dilakukan oleh Puan selama memimpin DPR RI diakui cukup efektif untuk menciptakan stabilitas politik di lingkup DPR RI.

Bahana TCW

Kamis, 09 Desember 2021 - 09:50 WIB

Bahana TCW: Bahana Likuid Plus Sudah dapat Dibeli Kembali

PT Bahana TCW Investment Management (Bahana TCW), perusahaan manajemen investasi terkemuka, anak usaha dari Holding BUMN Asuransi dan Penjaminan (Indonesia Financial Group - IFG) memastikan…

Fujitsu PRIMERGYRX2450 M1

Kamis, 09 Desember 2021 - 09:46 WIB

Tawarkan Optimalisasi Bisnis Proses, Fujitsu Luncurkan Server Berprosesor AMD 64 Core

Seiring berkembangnya teknologi seperti Internet of Things (IoT), kecerdasan buatan (AI), dan pencitraan 3-D, ukuran dan jumlah data yang harus dikerjakan oleh organisasi tumbuh secara eksponensial.…