Digital Marketing di Era Media Sosial yang didominasi Para Milenial

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 05 November 2021 - 19:15 WIB

Ilustrasi Digital Marketing (Ist)
Ilustrasi Digital Marketing (Ist)

INDUSTRY.co.id - Generasi milenial yang merupakan kelahiran 1980 hingga 1995 bakal mendominasi jumlah penduduk Indonesia dengan cakupan 34 persen. Bahkan mereka adalah calon pemimpin dan pembuat keputusan di masa mendatang. Milenial menjadi sasaran tepat untuk strategi marketing melalui konten yang menarik. 

Maria Ivana Simon, Graphic Desainer dari JCO mengungkapkan dengan mengenali generasi milenial maka usaha dalam digital marketing akan memenuhi sasaran. Generasi milenial sendiri merupakan kelompok yang kecanduan internet di mana waktu yang rata-rata dipakai sebanyak 7 jam untuk bekerja dan hiburan. Generasi milenial juga memiliki tingkat loyalitas renda dan juga mudah bosan, cenderung bekerja secara cerdas dan cepat, lebih senang bertransaksi secara non tunai. 

“Mereka ini juga cenderung cuek dengan politik, lebih suka film, olahraga, IT, serta beberapa kebiasaan lainnya,” kata Maria saat menjadi nara sumber saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Setelah mengetahui karakteristik generasi milenial yang mendominasi sasaran komunikasi, dia pun memberikan trik membuat konten yang tepat. Untuk membangun brand kenali tujuan dan kelebihan brand, lalu tentukan lebih detail dan spesifik area pasar yang hendak dituju, serta bangun kepercayaan. 

“Menyimak segala tren saat ini menjadi keharusan di sosial media, sambil melihat bagaimana kompetitor mengemas kontennya menjadi menarik. Konten yang dibuat harus konsisten, sesuai dengan kesan yang ingin dibangun oleh brand,” tukasnya.

Kemudian pilih media, setiap sosial media memiliki karakteristik dan kegunaan yang berbeda dengan audience yang berbeda pula. Dari sisi visual konten sangatlah penting untuk dapat menarik perhatian audience yang melihatnya. Sebabnya perhatikan visual konten dengan penentuan warna, penentuan konten apa yang ingin dibagikan, dan style apa yang sesuai untuk target.

Webinar Literasi Digital di Kabupaten Bogor,  Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Hadir pula nara sumber seperti Sopan Guniadi, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sukajaya, Tuti Alawiyah, Instruktur VCT, Herlina Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Nanggung, dan Ayu Imada, seorang Blogger. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kendaraan Listrik

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:30 WIB

RI Siap Akselerasi Bangun Ekosistem Industri Kendaraan Listrik

Indonesia tengah bersiap memasuki era kendaraan listrik, sesuai dengan tren global saat ini. Butuh sinergi berbagai pihak agar mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu, pemerintah dan stakeholders…

Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda bersama Menperin Agus

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:11 WIB

Menperin Agus Bagikan Potret Bersama Sahabat Lamanya Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengunggah sebuah momen duduk santai bersama anak mantan Perdana Menteri (Jepang) yaitu Tatsuo Fukuda.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Firman Shantyabudi

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:08 WIB

Tolong Disimak! Korlantas Polri Mulai Terapkan ETLE Kamera Handphone di Tiga Provinsi

Jakarta-kepolisian daerah (Polda) di Indonesia sudah menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile. Sebanyak tiga kepolisian daerah (Polda) telah menerapkan penindakan hukum berbasis…

Bandara Internasional Batam (Foto Dok Tribunnews)n

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:07 WIB

Bandara Internasional Batam DiharapkanSebagai Cargo Hub dan E-commerce

etua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi penandatangan MoU antara PT. BS Kargo Indonesia dengan PT. Bandara Internasional Batam dalam bidang e-commerce dan logistik. PT. BS Kargo Indonesia…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:05 WIB

Rasio Kepemilikan Mobil di RI Masih Rendah, Menperin Agus: Ini Potensi Luar Biasa

Japan Autoparts Business Forum yang digelar di Nagoya, Jepang, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan rasio kepemilikan kendaraan roda empat di Indonesia masih…