Sandiaga: Inovasi, Adaptasi dan Kolaborasi Kunci Hadapi Pandemi Covid-19

Oleh : Kormen Barus | Senin, 01 November 2021 - 14:15 WIB

dalam acara Indonesia Corporate in Pandemic Era Award 2021 yang digagas Warta Ekonomi secara virtual di Jakarta, Kamis (28/10/2021).
dalam acara Indonesia Corporate in Pandemic Era Award 2021 yang digagas Warta Ekonomi secara virtual di Jakarta, Kamis (28/10/2021).

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir dua tahun ini telah memberikan dampak signifikan hampir di semua sektor usaha.

Bukan cuma itu, pandemi Covid-19 juga diprediksi menyebabkan pergeseran industri atau yang dikenal industry megashift.

"Tahun ini diprediksi adanya pergesaran industri atau industry megashift. Hal ini mencakup perubahan besar di bidang teknologi, politik, regulasi, sosial, ekonomi hingga lingkungan yang menghasilkan peta kompetisi baru di era pandemi," ujar Sandiaga saat menjadi pembicara kunci dalam acara Indonesia Corporate in Pandemic Era Award 2021 yang digagas Warta Ekonomi secara virtual di Jakarta, Kamis (28/10/2021).

Perubahan ini lanjut dia, menghasilkan landscape industri baru yang ditandai dengan empat karakteristik baru yakni hygiene, low touch economy, Less Crowd dan Low Mobility.

Menurutnya, pandemi juga telah mengubah tren pariwisata ke arah quality dan sustainable tourism. makanya segmentasi pariwisata ke depan akan lbh personalize, customize, localize and smaller insize.

"Untuk itu inovasi, adaptasi dan kolaborasi mutlak diperlukan sebagai kunci utama dalam menghadapi dinamika yang terus terjadi. Kemenparekraf saat ini terus bergerak dengan semangat Geber, Gercep dan Gaspol untuk mempersiapkan destinasi wisata melalui pola perjalanan yang lebih aman dan nyaman," ucap Sandiaga.

Sementara itu, Founder dan Presiden Komisaris Warta Ekonomi Fadel Muhammad menuturkan, penghargaan ini diselenggarakan melalui studi dan riset yang panjang untuk mengetahui perusahaan-perusahaan yang mampu bertahan dan bangkit serta membangun kembali kapasitas normal mereka.

"Warta Ekonomi ingin memberikan pengharagaan kepada perusahaan yang berhasil keluar dari tekanan pandemi dan malah tumbuh lebih baik," cetusnya.

"Saya pada kesempatan berbahagia ini mengucapkan selamat kepada perusahaan-perusahaan yang telah melewati fase ini dengan baik dan mmbangun kembali the next normal capacities. Selamat kepada penerima award, semoga ini menjadi batu loncatan untuk menjadi lebih baik lagi," tambah Fadel dalam acara yang bertajuk Building the Next Normal Capacities ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Kementerian Perindustrian Tahun 2021

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:55 WIB

Luar Biasa! Kemenperin Sukses Raih Opini WTP 14 Kali Berturut, Ini Respon Menperin Agus

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-14 kalinya pada Laporan Keuangan tahun 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Opini…

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah dan Direktur Lelang (DJKN) Joko Prihanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:34 WIB

Pegadaian dan DJKN Tingkatkan Kerjasama Akurasi Data Bea Lelang

PT Pegadaian bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melakukan Penandatangan Perpanjangan Perjanjian Kerjasama Penatausahaan dan Pelaporan Bea Lelang Pegadaian.

Peresmian Pasar Banyumas

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:28 WIB

Bangkitkan Perekonomian Masyarakat Jawa Tengah, Pasar Banyumas Diresmikan

Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti meresmikan Pasar Banyumas di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah yang telah selesai…

Presiden Jokowi Tinjau Proyek Peningkatan Struktur Jalan di Pulau Nias

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:23 WIB

Tinjau Konektivitas Jalan di Pulau Nias, Presiden Jokowi: InsyaAllah Tahun Depan Sudah Rampung Semuanya

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi…

Aksi Cepat Tanggap (ACT)

Rabu, 06 Juli 2022 - 15:55 WIB

Diduga Gelapkan Dana Umat, DPR Minta Polri Usut Tuntas ACT

Jakarta-Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menanggapi tentang kasus dugaan penyelewengan dana donasi yang dilakukan lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT).