Terapkan Etika, Begini Caranya Berinteraksi di Media Sosial

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 28 Oktober 2021 - 17:45 WIB

Ilustrasi Menggunakan Medsos (Ist)
Ilustrasi Menggunakan Medsos (Ist)

INDUSTRY.co.id - Peningkatan pengguna internet di Indonesia tidak diiringi oleh sikap santun dan beretika ketika bermedia sosial oleh para penggunanya. Ekowati, Kepala SMAN 1 Bekasi mengatakan, dalam menggunakan media sosial itu harus tetap beretika seperti di dunia nyata.

Di samping itu, dalam media sosial terdapat banyak konten yang kurang mendidik. Pertama, hoax yakni informasi yang direkayasa untuk menutupi informasi sebenarnya. 

Hoax sering terjadi dan tersebar di media sosial. Kedua, cyberbullying atau perundungan dunia maya menggunakan teknologi digital, tujuannya untuk menakuti dan membuat marah, hingga mempermalukan korban. Ketiga, hate speech yang merupakan ungkapan bersifat ajakan untuk mendiskreditkan, menyakiti seseorang atau kelompok tertentu dengan tujuan membangkitkan permusuhan.

“Apabila kita dalam berinternet tidak memakai etika. Maka dampak negatif yang merugikannya banyak, seperti rasa cemas, takut bersosialisasi, dan kehilangan kepercayaan diri,” tutur Ekowati dalam Webinar Literasi Digital wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Beretika di internet harus menggunakan kata-kata yang sopan dan layak, menggunakan kaidah kebahasaan yang baik, menghindari penyebaran SARA dan konten negatif, menghargai pendapat orang lain, mengedepankan norma agama sebagai pengendali. 

Sebaiknya sebarkan informasi yang inspiratif dan edukatif, memanfaatkan media sosial untuk membangun jaringan dan relasi, menghargai hasil karya orang lain dengan mencantumkan asal sumbernya. 

“Para pengguna digital harus mengedepankan etika-etika dan rasa peduli kepada sesama, menghargai perbedaan dan situasi kondisi di media sosial. Pada saat marah dan emosi hindari penggunaan media sosial,” jelasnya.

Menerapkan etika di dunia maya berarti kita juga harus memahami aturan-aturan, seperti yang ada pada Undang-undang ITE. 

"Dengan memahami hal tersebut, kita bisa lebih selektif dan berpikir sebelum memposting dan membagikan sesuatu di internet. Bermedia sosial harus punya etika dan sopan santun agar tidak menimbulkan dampak negatif dari perkembangan teknologi dan penggunaan intenet," tuturnya.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. 

Webinar wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin (25/10/2021) juga menghadirkan pembicara, Ahmad Muslih (Wakil Kepala Bidang Kurikulum Sekolah SMAN 1 Bekasi), Irma Nawangwulan (Dosen International University Liason Indonesia), Asyraf Ilmansyah (Data Scientist & Analyst BRI), dan Vivian Wijaya.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono

Sabtu, 25 Juni 2022 - 05:00 WIB

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono Pastikan Tak Ada Hari Tanpa Pembangunan Fasilitas Prajurit

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono sangat memperhatikan fasilitas sarana dan prasarana pendidikan bagi Prajurit Siswa Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan…

Kepala Bakamla RI, Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia

Sabtu, 25 Juni 2022 - 04:00 WIB

Bakamla RI Resmikan Maritime Facility Training Center

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia melakukan pengguntingan pita dan meresmikan VBSS Maritime Facility Training Center di Kantor Pangkalan Armada Batam, Jumat (24/6/2022).

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Sabtu, 25 Juni 2022 - 03:07 WIB

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman Mmainkan Peralatan Drumband Genderang Suling Canka

Gelar Apel Komandan Satuan (AKS) TNI AD Tahun 2022 di Akademi Militer, Magelang tanggal 23-24 Juni 2022, memberikan kenangan terindah bagi ratusan peserta dan tamu undangan dalam kegiatan tersebut.

Iggi H Achsien ditunjuk sebagai komisaris utama Bank Muamalat menggantikan Ilham Akbar Habibie yang mengundurkan diri.

Jumat, 24 Juni 2022 - 20:26 WIB

Iggi Haruman Achsien Diangkat Sebagai Komisaris Utama Bank Muamalat

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk mengangkat Iggi Haruman Achsien diangkat sebagai komisaris utama.

Corporate Secretary PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Gunawan Arif Hartoyo (kiri) bersama perwakilan industri jasa keuangan (IJK) serentak menanam 20.000 Pohon Bakau yang di inisiasi Oleh Otoritas Jasa Keuangan dan seluruh Industri Jasa Keuangan dalam rangka Pembangunan Keuangan Berkelanjutan di Bali.

Jumat, 24 Juni 2022 - 19:55 WIB

BSI Bersama Industri Jasa Keuangan dan OJK Tanam 20.000 Pohon Bakau di Pesisir Pantai Bali

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus mendorong pembangunan keuangan berkelanjutan sebagai salah satu komitmen perseroan dalam mengimplementasikan tanggung jawab sosial dan lingkungan di…