9 Digital Skills yang dibutuhkan di Dunia Industri Digital

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 28 Oktober 2021 - 17:00 WIB

Ilustrasi Digital Skills (Ist)
Ilustrasi Digital Skills (Ist)

INDUSTRY.co.id - Keahlian digital merupakan suatu kemampuan dalam memahami, mengoperasikan, menggunakan, dan memanfaatkan teknologi untuk mengakses dan mengelola informasi. Kita perlu menguasai digital skills karena tanpa disadari saat ini hampir seluruh aktivitas kita dilakukan secara digital.

Lendy Yustena, Co-Founder GMC Group menyampaikan bahwa saat ini di antaranya terdapat 9 skill digital yang sangat dibutuhkan di dunia industri, yaitu coding, web development, UI/UX design, project management, app development, SEO, excel, copywriitng, dan social media marketing. Ia mengatakan, minimal kita memiliki lebih dari satu keahlian digital tersebut.

“Skill tersebut dibutuhkan di industri saat ini. Kita harus melihat kesempatan perubahan yang ada. Misalnya saat pandemi kita jadi enggak bisa kemana-mana dan solusinya ada di menguasai digital skills karena bisa menembus ruang dan waktu,” ujar Lendy saat menjadi pembicara dalam Webinar Literasi Digital wilayahKabupaten Bekasi, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Kita harus kreatif agar bisa beradaptasi di era ini. Menurutnya, menjadi kreatif dimulai dengan sistem ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi). Namun, kita juga perlu memperhatikan bahwa ATM ini tidak boleh meniru. Kita harus mengembangkan hal baru dari sesuatu yang telah ada sebelumnya.

“Kita harus menanamkan mindset digital. Mau enggak mau, suka enggak suka digital menjadi satu-satunya jalan supaya bisa sukses atau berhasil,” tuturnya.

Untuk menciptakan midset digital tersebut, kita bisa memperluas networking atau relasi kita dalam dunia digital. Perbanyak ikut komunitas, forum, atau organisasi yang positif di ruang digital. Kemudian, terus belajar hal-hal baru agar bisa meningkatkan nilai atau value diri. Di era ini telah banyak tersedia platform-platform belajar. Tanamkan juga mindset bahwa apa yang dipelajari hari ini mungkin tidak akan relevan dengan kondisi 3-5 tahun mendatang. Oleh karena itu kita harus mempelajari hal-hal baru.

"Di era ini juga, kompetisi bukan menjadi hal utama untuk bersaing. Ia menuturkan bahwa era ini merupakan era kolaborasi di mana orang-orang menggabungkan idenya untuk mendapatkan ide terbaik," jelasnya.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. 

Webinar wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (26/10/2021) juga menghadirkan pembicara,  Cyntia Jasmin (Founder GIFU), Loka Hendra (Head of Food & Beverages Cinepolis Indonesia), Ana Agustin (Managing Partner di Indonesia Global Lawfirm), dan Louiss Regi Aude (Key Opinion Leader).

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Selasa, 05 Maret 2024 - 12:30 WIB

Kemendag Bebaskan Bahan Baku Plastik dan MEG dari Pembatasan Impor

Kementerian Perdagangan (Kemendag) akhirnya membebaskan bahan baku plastik dan komoditas Mono-Ethylene Glycol (MEG), dari pelarangan impor yang diatur dalam Permendag 36 Tahun 2023. Permen tentang…

Sekretaris Jenderal Kemenperin Eko S.A. Cahyanto

Selasa, 05 Maret 2024 - 11:59 WIB

Business Matching Kemenperin Pamerkan Produk Bersertifikat TKDN untuk Mendukung Pembangunan IKN

Di antara 156 booth produk dalam negeri yang dipamerkan pada pameran produk dalam negeri yang berlokasi di The Meru Sanur, Bali, terdapat satu area khusus untuk memamerkan produk-produk bersertifikat…

Maskapai Penerbangan Pemerintah dan APP Group Sepakat Memperkuat Misi Pemerbangan Hijau

Selasa, 05 Maret 2024 - 11:34 WIB

Maskapai Penerbangan Pemerintah dan APP Group Sepakat Memperkuat Misi Pemerbangan Hijau

Dalam langkah maju menuju keberlanjutan lingkungan dan dukungan terhadap inisiatif Pemerintah untuk pembangunan rendah karbon, APP Group bersama Garuda Indonesia menginisiasi kolaborasi strategis…

Laporan Terbaru Glints & MHV Ungkap Meningkatnya Permintaan Terhadap Talenta AI dan Perkembangan Gaji Startup di Indonesia pada Tahun 2023

Selasa, 05 Maret 2024 - 11:23 WIB

Laporan Terbaru Glints & MHV Ungkap Meningkatnya Permintaan Terhadap Talenta AI dan Perkembangan Gaji Startup di Indonesia pada Tahun 2023

Glints dan Monk’s Hill Ventures (‘MHV’) pada hari ini meluncurkan laporan terbarunya yang bertajuk Southeast Asia Startup Talent Trends Report 2024. Tercatat bahwa posisi Business Development…

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Eko SA Cahyanto

Selasa, 05 Maret 2024 - 11:16 WIB

Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Kemenperin Kembali Gelar Business Matching

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali menggelar kegiatan Business Matching untuk mempertemukan pelaku industri selaku produsen dengan pengguna produk dalam negeri khususnya yang menggunakan…