Menilai Keuntungan dan Kerugian Media Sosial bagi Para Generasi Muda

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 27 Oktober 2021 - 14:30 WIB

Generasi Milenial (Ist)
Generasi Milenial (Ist)

INDUSTRY.co.id - Pengguna aktif media sosial di Indonesia sudah mencapai 170 juta, di antara 202,6 juta pemakai internet dari total 275 juta penduduk. Setidaknya terdapat 3 media sosial yang paling banyak diakses pengguna di Indonesia, yaitu YouTube (43 persen), Facebook (41 persen), dan Whats’App (40 persen).

“Dalam berbagai bidang, media sosial memiliki keuntungan dan kerugian terutama untuk para anak muda,” kata Neneng Hendriyani, Staff Pengajar SMA Negeri 4 Cibinong saat Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Dalam bidang pendidikan, jelas media sosial berupa aplikasi percakapan digunakan untuk mengakses, menyeleksi, memahami, memverifikasi, memproduksi, mendistribusikan serta kolaborasi online secara realtime. Garda terdepan selama Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) aplikasi percakapan seperti What’sApp, Telegram dan Zoom sangat membantu. Namun tentunya segala manfaat tergantung pada ketersediaan akses internet. Kelebihan aplikasi percakapan tersebut pun mempermudah karena bentuknya teks, video, dan bisa berupa voice note.

“Keuntungan media sosial di bidang pendidikan sebagai saluran komunikasi antara guru dengan murid, serta orangtua dengan guru,” katanya lagi.

Sebagai jaringan pembelajaran online, media sosial tersebut bisa melibatkan banyak penyedia sumber belajar karena kini sumber belajar bukan hanya dari guru dan sekolah saja. Kemudian media sosial digunakan siswa dan generasi muda untuk menyalurkan kreativitas, untuk blog, video, vlog, berbagai konten positif yang produktif lainnya.

Di bidang sosial budaya, penggunaan media sosial memiliki keuntungan untuk mempromosikan budaya. Serta menjadi cara untuk mengenalkan keragaman budaya di setiap daerah yang kaya dengan klik saja. Sementara untuk bidang bisnis, media sosial sangat bermanfaat sebagai sarana berjualan. Misalnya platform marketplace TokoPedia, Shopee, Bukalapak, Carousell, yang bila dimanfaatkan akan memberi nilai ekonomi.

"Dengan segala perubahan ke arah digital, media sosial seperti platform fintech seperti GoJek, Linkaja, Ovo, termasuk Jenius maka pembayaran menjadi sangat mudah dilakukan. Tentunya segala penggunaannya harus memerhatikan faktor keamanan seperti menjaga PIN, kode OTP, dan menggunakan fitur keamanan lainnya yang disediakan penyedia layanan," tuturnya.

Webinar Literasi Digital di Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Hadir pula narasumber seperti Sahrir Romdon, dari Edukasi4ID, Tuti Alawiyah, Instruktur VCT, Ana Agustin, Managing Partner di Indonesia Global Lawfirm, dan Inge Indriani, Bakrie Founder Bumbukatjanhkoe. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Direktur (Presdir) JNE, Mohamad Feriadi saat menerima plakat Ramadhan Bahagia oleh Bendahara Jurnalis Filantropi Indonesia (Jufi) Ahmad Zuhdi

Jumat, 01 Juli 2022 - 22:54 WIB

Kunci Sukses PT JNE, Berbisnis Melibatkan Tuhan

PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) menjadi salah satu perusahaan logistik ternama di Tanah Air.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati

Jumat, 01 Juli 2022 - 18:52 WIB

Menkeu: Anggaran Perlinsos Naik Seiring Guncangan yang Dirasakan Masyarakat

Jakarta, Kemenkeu – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, anggaran perlindungan sosial (perlinsos) mengalami kenaikan seiring dengan guncangan yang dirasakan oleh masyarakat.

Menkeu Sri Mulyani (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 01 Juli 2022 - 18:41 WIB

Tegas! Sri Mulyani: Kami Tak Akan Lagi Berikan Program Pengampunan Pajak!

Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022), menegaskan pihaknya tidak akan lagi memberikan program pengampunan pajak.

Ikan Gurame Asam Manis (Foto: Instagram: dcost.seafood)

Jumat, 01 Juli 2022 - 18:30 WIB

3 Rekomendasi Tempat Makan Seafood Nikmat, dijamin Bikin Ketagihan

Bagi kamu pecinta hidangan laut, ada satu rekomendasi restoran yang wajib kamu coba nih! Ya, namanya D'Cost, ini merupakan jaringan restoran seafood terbesar di Indonesia.

Direktur SDM dan Hukum PT ASABRI (Persero) Sri Ainin Muktirizka beserta jajaran menghadiri langsung Penanaman Pohon di Polda Kepulauan Riau

Jumat, 01 Juli 2022 - 18:16 WIB

ASABRI Tanam Pohon di Sejumlah Kesatuan Kepolisian

Dalam memperingati Hari Ulang Tahun Ke-76 Bhayangkara yang jatuh pada 1 Juli 2022, PT ASABRI (Persero) melaksanakan Program Pelestarian Alam melalui Penanaman Pohon di sejumlah kesatuan Kepolisian.