Penggunaan Data sebagai Kunci untuk Navigasi Transisi Energi

Oleh : Steve Parvin, Head Of Information Engineering, AVEVA | Selasa, 26 Oktober 2021 - 08:28 WIB

Steve Parvin, Head of Information Engineering, AVEVA
Steve Parvin, Head of Information Engineering, AVEVA

INDUSTRY.co.id, Pelaku industri menyadari bahwa proses membangun dan mengoperasikan pabrik perlu lebih efisien dan berkelanjutan. Kabar baiknya adalah bahwa teknologi yang dibutuhkan untuk memecahkan tantangan kompleks rekayasa pabrik modern, efisien dan berkelanjutan di masa depan sudah ada di sini.

Organisasi secara aktif menerapkan strategi digital twin dengan informasi rekayasa cerdas untuk mengubah kinerja pabrik di seluruh proyek brownfield (area yang sudah ada fasilitasnya) dan greenfield (area baru yang akan dibangun fasilitasnya), serta operasional mereka.

Transisi ke proyek dan operasi yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan telah dipercepat selama setahun terakhir. Dan berlawanan dengan tren ini, transformasi digital harus mengikuti percepatan ini. Inisiatif digitalisasi, efisiensi, dan keberlanjutan sedang bergerak namun jalan masih panjang. Proyek masih memproduksi jumlah karbon, dan program operasional bergantung pada wawasan digital dan pergeseran budaya dan strategis skala besar sebelum hasil keberlanjutan dapat direalisasikan sepenuhnya.

Tidak peduli apakah Anda memulai dalam fase operasional atau fase proyek pabrik, jawaban untuk praktik yang lebih berkelanjutan sudah tersedia dalam data. Menciptakan budaya yang berpusat pada data yang menyusun dan memverifikasi data teknik ke dalam satu hub tepercaya langsung dari fase awal proyek adalah landasan dari digital twin yang andal. Penelitian oleh Deloitte menemukan bahwa transformasi digital memberikan peluang untuk mendapatkan keamanan, efisiensi, dan manfaat finansial yang signifikan, termasuk pengurangan biaya pembangunan sebesar 5-10% dan pengurangan biaya operasional sebesar 10-20%.

Dengan menghubungkan tim, peralatan teknik, dan data di setiap fase proyek, kinerja dapat diubah dan efisiensi teknik meningkat sebesar 30 persen. Dengan tim yang selaras di sekitar data, silo dapat dipecah, meningkatkan transparansi, kolaborasi, dan pengambilan keputusan. Seiring dengan peningkatan kinerja dan efisiensi, biaya dan risiko proyek berkurang—menghabiskan waktu bagi kontraktor engineering, procurement, construction (EPC) dan pemilik-operator untuk menghabiskan lebih banyak waktu pada inovasi guna memberikan solusi yang lebih baik untuk masalah kompleks.

Terbuka untuk Perubahan

Sektor industri kini merangkul teknologi dan cara kerja baru untuk membangun pabrik masa depan yang berkelanjutan, berbasis digital, dan terhubung. Untuk mencapainya, tim proyek dan operasi akan bergantung pada inovasi, fleksibilitas, dan kolaborasi untuk mereformasi industri yang siap menghadapi perubahan.

Solusi visualisasi, teknik, dan simulasi cloud dan 3D interaktif memungkinkan EPC dan pemilik-operator menjadi lebih siap menghadapi apa yang ada di depan. Mereka mengintegrasikan alat teknik dan merampingkan proses untuk memenuhi kebutuhan bisnis utama: efisiensi teknik, keberlanjutan, dan pengiriman proyek modal anggaran, dan pembuatan dan pemeliharaan data teknik tepercaya yang membentuk kembaran digital.

Tantangan unik, satu solusi

Digital Twins berguna dalam mentransformasikan baik proyek-proyek baru maupun brownfield, dan bahkan pabrik operasional untuk memberikan hasil yang berkelanjutan dan mengoptimalkan kinerja jauh ke masa depan.

Proyek greenfield baru yang bersih: Baik untuk net-zer maupun untuk penangkapan dan penyimpanan karbon, produksi hidrogen atau untuk pembangkit listrik terbarukan, informasi teknik yang terhubung dapat digunakan untuk membangun digital twin agar tim dapat berinovasi dan merancang secara efisien untuk keberlanjutan, mengurangi emisi dan limbah melalui operasional yang lancer.

 

• Proyek perombakan Brownfield: Bukan hanya perkembangan baru di mana teknologi digital tiwn dapat memberikan hasil. Pabrik yang ada juga dapat diubah menjadi fasilitas digital yang terhubung, bisa memberdayakan perencanaan dan pelaksanaan proyek, atau untuk menciptakan wawasan operasional dalam meningkatkan kinerja. Ke depannya, rangkaian digital ini juga dapat digunakan untuk memodernisasi operasi, memperpanjang masa pakai pabrik, dan memastikan kepatuhan berkelanjutan terhadap peraturan keberlanjutan dan keselamatan yang muncul seiring waktu.

Mengapa manajemen informasi rekayasa penting?

Mengintegrasikan data teknik berkualitas dalam proyek besar berjangka panjang dapat memberikan manfaat segera dan lama di masa depan. Setelah pendekatan data-sentris diterapkan, pemilik-operator dan EPC dapat menggunakan kembali struktur data yang sama pada proyek masa depan, dan memungkinkan mereka untuk mempercepat proses dan terus mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan kinerja dan desain.

Menempatkan informasi teknik tepercaya sebagai inti proyek Anda dan memanfaatkan digital twin dapat menghasilkan keunggulan dalam jangka pendek, menengah, dan panjang seperti:

• Keunggulan jangka pendek: Menghubungkan orang, data, dan pengambilan keputusan sehingga bisa menurunkan biaya, mengurangi pemborosan, dan meningkatkan efisiensi proyek.

• Keunggulan jangka menengah: Dengan mengembangkan digital twin yang kaya data langsung dari fase konseptual proyek rekayasa, dalam hal serah terima, operator pemilik dapat menerima digital twin akurat yang akan mendukung pelatihan operator, menghilangkan risiko startup, mengoptimalkan kinerja operasi dan menyediakan replika digital sebagaimana adanya untuk program pemeliharaan di masa mendatang.

• Keunggulan jangka panjang: Jika dikembangkan dari konsep awal dan dipertahankan selama fase operasional, akan  memberikan wawasan kinerja yang dapat ditindaklanjuti dan memungkinkan indikator kinerja utama keberlanjutan untuk dilacak .

Pabrik masa depan akan menjadi cerdas, otomatis, efisien, dan terhubung dengan baik, terlepas dari apakah dibangun baru-baru ini atau bertahun-tahun yang lalu. Pemangku kepentingan proyek operasi, pemeliharaan, dan modal akan terhubung ke satu pusat data tepercaya—digital twin—untuk memecah silo, memungkinkan kolaborasi, dan memfasilitasi keputusan yang lebih cerdas yang dibuat lebih cepat.

Solusi untuk mencapai ini sudah ada di sini. Proses dalam industri pabrik proses memiliki keharusan dan peluang untuk bertransformasi hari ini dan mencapai pabrik yang berkelanjutan dan berkinerja tinggi untuk masa depan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…