Ini Dia 9 UKM Local Heroes Labuan Bajo yang Bakal Unjuk Gigi di Festival Kreatif Lokal 2021 Besutan Adira Finance

Oleh : Ridwan | Jumat, 22 Oktober 2021 - 20:35 WIB

Festival Kreatif Lokal (FKL) 2021
Festival Kreatif Lokal (FKL) 2021

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Festival Kreatif Lokal 2021 #TumbuhBersamaSahabat berhasil memilih sembilan local heroes di Destinasi Super Prioritas Labuan Bajo.

Sembilan local heroes tersebut nantinya akan masuk ke babak final untuk meraih Kreatif Lokal Award. Mereka terpilih setelah diseleksi dari 33 UKM bidang usaha Fesyen, Kuliner, dan Kriya.

Proses seleksi dilakukan berdasarkan proses pelatihan dan penjurian awal, setelah masa pendaftaran peserta ditutup pada 22 September 2021.

Selanjutnya, sembilan local heroes yang terpilih ini akan mendapatkan pelatihan lebih intensif dari Prasetya Mulya Executive Learning Insitute (ELI) dan Entrepreneur Camp, untuk memberikan memotivasi agar memiliki mental dan semangat mengembangkan usaha, sehingga dalam menjalankan bisnis dapat selalu menghadirkan inovasi demi keberlanjutan usaha agar terus tumbuh. 

Pelatihan yang diberikan akan menggunakan metode praktik, sehingga dapat langsung diterapkan para UKM dalam menumbuhkan usaha kreatif mereka

”Inovasi harus disadari pelaku UKM sebagai kunci dalam mengelola bisnis, karena membuka peluang untuk mengikuti perubahan dan perkembangan zaman, sehingga usaha dapat bertahan menghadapi berbagai tantangan,” terang Kepala Wilayah Bali dan Nusa Tenggara Adira Finance Surya Almada Syahlani saat konferensi pers secara virtual, Jumat (22/10).

Melalui Festival Kreatif Lokal 2021, Adira Finance mendukung upaya pemerintah dalam memajukan UKM sektor ekonomi kreatif di Destinasi Super Prioritas agar bersama-sama tumbuh membangun perekonomian Indonesia. Program ini diselenggarakan sejalan dengan visi perusahaan dalam ‘Menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan’.

Di samping itu, ajang tahunan kolaborasi Adira Finance dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI ini turut menumbuhkan semangat terus maju bagi pelaku UKM dalam mengelola bisnis dan menghadapi masa penuh tantangan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Manggarai Barat, Ferdinandus Ben, S. sependapat mengenai peran penting inovasi dalam upaya UKM untuk menumbuhkan bisnisnya. Untuk itu, pihaknya mengapresiasi Adira Finance yang terus mendukung pelaku UKM di sektor pariwisata melalui Festival Kreatif Lokal 2021.

“Festival Kreatif Lokal 2021 bukti kepedulian Adira Finance terhadap pelaku UKM di sektor pariwisata. Kegiatan ini akan menjadi modal bagi pelaku usaha kreatif di Destinasi Super Prioritas untuk tumbuh dan menunjukkan semangat terus maju di tengah tantangan,” ujar Ferdinandus.

Selain pembekalan dan pelatihan, sembilan UKM local heroes dari Labuan Bajo akan dinilai Dewan Juri, yang terdiri dari para tokoh dengan kepakaran dan pengalaman dalam bidang bisnis serta ekonomi kreatif. 

Dewan Juri ini terdiri dari pendiri M Bloc Space, Handoko Hendroyono, sebagai Ketua Dewan Juri; serta sebagai Anggota Dewan Juri adalah Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli; Deputi Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI, Nia Niscaya; Direktur SDM & Marketing Adira Finance, Swandajani Gunadi; Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Yuana Rochma Astuti; serta Direktur Adira Insurance, Wayan Pariama.

Dewan Juri akan menilai berdasarkan inovasi dan orisinalitas produk, visi-misi, model bisnis, serta strategi bisnis yang dikembangkan para UKM. 

UKM local hero terbaik pilihan juri berhak mendapatkan penghargaan yang akan diserahkan saat acara Gebyar Adira Kreasi pada 13 November 2021, bertepatan dengan perayaan HUT ke-31 Adira Finance di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Sebagai tambahan motivasi, UKM local hero terbaik juga akan mendapatkan hadiah senilai total ratusan juta rupiah berupa tambahan modal usaha, dan eksposur di berbagai media nasional, baik cetak maupun online

Demi menyukseskan Festival Kreatif Lokal 2021, Adira Finance menggandeng beberapa pihak untuk mendukung penyelenggaraannya, baik dari pemerintah maupun swasta, seperti MUFG, Zurich, Adira Finance Syariah, serta Baba Rafi Enterprise dan Prasetiya Mulya Executive Learning Institute (ELI).

Melalui Festival Kreatif Lokal 2021, Adira Finance mewujudkan dukungan terhadap kampanye nasional #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia. Kegiatan ini diselenggarakan sejalan dengan komitmen perusahaan untuk memberikan kontribusi terbaik kepada bangsa, demi meningkatkan kesejahteraan.

Adapun sembilan UKM local hero yang akan mewakili Labuan Bajo ke babak final antara lain;

Kuliner:
Timor Moringa
New Eden Moringa
CV Beumopu Elba Jaya (Mama Ana)

Kriya:
Tinung Rambu
Rempe Sikka
Lipa Tenung

Fashion:
Wualime Waesano
Komodo Gift Shop
Padu Padan

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Kementerian PUPR Uji Coba 3D Concrete Printing

Senin, 06 Desember 2021 - 09:34 WIB

Optimalkan Teknologi Revolusi Industri 4.0, Kementerian PUPR Uji Coba 3D Concrete Printing Karya Anak Bangsa

Bertepatan dengan Hari Bakti ke-76 PU, Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerjasama dengan PT. PP (Persero) Tbk. dan Autoconz melakukan…

ASUS ROG Phone 5s Series

Senin, 06 Desember 2021 - 09:26 WIB

ASUS Republic of Gamers Hadirkan ROG Phone 5s Series untuk Gamers Indonesia, Ini Harganya...

ASUS Republic of Gamers menghadirkan perangkat terbarunya pada lini ROG Phone 5. Dengan kehadiran processor terbaru dan tercepat dari Qualcomm® Snapdragon™ membawa ROG Phone 5s Series sebagai…

Jalan Rusak di Karo, Sumatera Utara

Senin, 06 Desember 2021 - 09:03 WIB

Kementerian PUPR Siapkan Rencana Penanganan Jalan Rusak di Karo, Sumatera Utara

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Utara (Sumut), Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga melakukan pengecekan…

Bakrie Amanah, Kaltim Prima Coal & Lanal Sangatta Gelar Aksi Tanam 7000 Pohon

Senin, 06 Desember 2021 - 08:00 WIB

Bakrie Amanah, Kaltim Prima Coal & Lanal Sangatta Gelar Aksi Tanam 7000 Pohon

Berkolaborasi dengan PT Kaltim Prima Coal (KPC) dan Lanal Sangatta, Bakrie Amanah menggelar aksi penanaman 7000 pohon untuk memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia yang diperingati setiap…

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia

Senin, 06 Desember 2021 - 07:10 WIB

Realisasi Capai 73%, Menteri Bahlil Percaya Diri Target Investasi Tembus Rp900 Triliun di Akhir 2021

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahl Lahadalia optimis target investasi Rp900 triliun bakal tercapai pada akhir tahun 2021.